Disebut Salah Desain, Begini Penampakan Jembatan Lengkung LRT Jabodebek

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 03 Agu 2023, 17:32 WIB
Diterbitkan 03 Agu 2023 17:25 WIB
Jembatan Lengkung LRT Jabodebek
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyebutkan konstruksi jembatan lengkung dari Gatot Subroto menuju ke Kuningan salah desain sehingga menyebabkan rangkaian kereta Lintas Raya Terpadu atau Light Rail Transit (LRT) yang melintas harus berjalan melambat.
Foto 1 dari 8
Jembatan Lengkung LRT Jabodebek
Kereta Lintas Raya Terpadu atau Light Rail Transit (LRT) melintas di jembatan lengkung (longspan) LRT Kuningan, Jakarta, Kamis (3/8/2023). Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyebutkan konstruksi jembatan lengkung dari Gatot Subroto menuju ke Kuningan salah desain sehingga menyebabkan rangkaian kereta LRT yang melintas harus berjalan melambat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Foto 2 dari 8
Jembatan Lengkung LRT Jabodebek
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membantah rel lengkung jembatan panjang atau longspan LRT Jabodebek salah desain. Menurutnya, yang telah dibangun di proyek LRT Jabodebek saat ini adalah solusi dari hambatan yang ada. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Foto 3 dari 8
Jembatan Lengkung LRT Jabodebek
Hanya saja, menurut Menhub Budi dari sisi kecepatan rangkaian LRT tidak langsung turun signifikan ketika melewati titik tersebut. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Foto 4 dari 8
Jembatan Lengkung LRT Jabodebek
Sebelumnya, karena diduga salah desain, rangkaian LRT Jabodebek disebut hanya bisa melaju dengan kecepatan 20 km/jam di longspan Gatot Subroto - Kuningan. Menhub Budi bilang, meski ada penurunan, kecepatan dari LRT Jabodebek masih bisa terkendali. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Foto 5 dari 8
Jembatan Lengkung LRT Jabodebek
Presiden Joko Widodo atau ikut buka suara mengenai adanya dugaan desain rel jembatan panjang (longspan) tak sesuai. Dia menyebut kalau kesalahan dalam proyek garapan pertama kali wajar terjadi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Foto 6 dari 8
Jembatan Lengkung LRT Jabodebek
Dugaan salah desain longspan merujuk pada longspan Gatot Subroto - Kuningan. Dugaan kesalahannya disebut ada pada lebar lintasan yang membuat laju LRT Jabodebek mengurangi kecepatannya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Foto 7 dari 8
Jembatan Lengkung LRT Jabodebek
Jokowi mengatakan, proyek LRT Jabodebek adalah proyek yang pertama kali digarap oleh Indonesia, sama halnya dengan MRT dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Foto 8 dari 8
Jembatan Lengkung LRT Jabodebek
"Tadi kan sudah saya sampaikan, ini LRT yang pertama kali dikerjakan sehingga kalau ada koreksi akan kami perbaiki, tetapi jangan senang mencari-cari kesalahan karena kesalahan pasti ada karena baru pertama kali," ujar Jokowi usai menjajal LRT Jabodebek di Jakarta, Kamis (3/8/2023). (Liputan6.com/Herman Zakharia)