Suasana Pantai Yotsukura Jepang Setelah Pembuangan Air Limbah Radioaktif Fukushima

oleh Johan Fatzry, diperbarui 27 Agu 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2023 18:00 WIB
Pantai Yotsukura
Pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi mulai melepaskan air limbah radioaktif yang telah diolah dan diencerkan ke Samudra Pasifik pada Kamis lalu. Pelepasan air limbah radioaktif menuai protes di dalam negeri dan di negara-negara terdekat yang menambah tekanan politik dan diplomatik terhadap kekhawatiran ekonomi.
Foto 1 dari 7
Pantai Yotsukura
Orang-orang berjalan di pantai untuk berselancar di pantai Yotsukura, sekitar 30 kilometer (sekitar 18 mil) selatan pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi, yang rusak akibat gempa bumi dan tsunami besar 11 Maret 2011, di Iwaki, timur laut Jepang, Sabtu, 26 Agustus 2023. (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Foto 2 dari 7
Pantai Yotsukura
Pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi mulai melepaskan air limbah radioaktif yang telah diolah dan diencerkan ke Samudra Pasifik pada Kamis lalu. (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Foto 3 dari 7
Pantai Yotsukura
Pelepasan air limbah radioaktif menuai protes di dalam negeri dan di negara-negara terdekat yang menambah tekanan politik dan diplomatik terhadap kekhawatiran ekonomi. (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Foto 4 dari 7
Pantai Yotsukura
Pelepasan yang telah berlangsung selama beberapa dekade ini mendapat tentangan keras dari kelompok nelayan dan dikritik oleh negara-negara tetangga. (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Foto 5 dari 7
Pantai Yotsukura
Tiongkok segera melarang impor makanan laut dari Jepang sebagai tanggapannya, sehingga menambah kekhawatiran di komunitas perikanan dan bisnis terkait. (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Foto 6 dari 7
Pantai Yotsukura
Kelompok nelayan Jepang khawatir pelepasan ini akan berdampak lebih buruk terhadap reputasi makanan laut dari kawasan Fukushima. Mereka masih berupaya memperbaiki kerusakan usahanya akibat krisis pembangkit listrik pasca gempa dan tsunami. (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Foto 7 dari 7
Pantai Yotsukura
Pemerintah Jepang dan operator pembangkit listrik, Tokyo Electric Power Company Holdings, mengatakan air tersebut harus dibuang agar fasilitas tersebut dapat dinonaktifkan dan untuk mencegah kebocoran air yang tidak diolah secara tidak sengaja. (AP Photo/Eugene Hoshiko)