Geser Singapura dan Belanda, Indonesia Jadi Eksportir Ikan Hias Terbesar Kedua di Dunia

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 12 Nov 2023, 18:23 WIB
Diterbitkan 12 Nov 2023 18:15 WIB
Ekspor Ikan Hias Indonesia
Kementerian Kelautan dan Perikanan mencatat nilai ekspor ikan hias Indonesia pada semester I 2023 sebesar USD 20,5 juta atau meningkat 16,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dan menjadikan Indonesia menjadi eksportir ikan hias terbesar kedua di dunia.
Foto 1 dari 8
Ekspor Ikan Hias Indonesia
Suasana penjualan ikan hias dan tanaman laut di Pasar Ikan Hias Sumenep, Jakarta, Minggu (12/11/2023). Kementerian Kelautan dan Perikanan mencatat nilai ekspor ikan hias Indonesia pada semester I 2023 sebesar USD 20,5 juta atau meningkat 16,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dan menjadikan Indonesia menjadi eksportir ikan hias terbesar kedua di dunia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 2 dari 8
Ekspor Ikan Hias Indonesia
Dalam rangka menyalip Jepang agar Indonesia menjadi negara raja ikan hias dunia, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan sejumlah upaya, di antaranya dengan melakukan pembinaan untuk para pelaku usaha ikan hias, promosi, hingga menggelar pameran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 3 dari 8
Ekspor Ikan Hias Indonesia
Kegiatan tersebut akan dilakukan secara serentak dengan menggelar forum-forum ikan hias. Hal ini supaya nantinya ada satu identifikasi ikan hias endemik apa yang akan diangkat menjadi produk komoditas internasional. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 4 dari 8
Ekspor Ikan Hias Indonesia
Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan (MenKP) Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan bahwa nilai ekspor ikan hias Indonesia telah berhasil menggeser Singapura dan Belanda. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 5 dari 8
Ekspor Ikan Hias Indonesia
Saat ini nilai ekspor ikan hias Indonesia menjadi yang kedua terbesar di dunia setelah Jepang, diikuti Singapura dan Belanda. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 6 dari 8
Ekspor Ikan Hias Indonesia
Sakti mengutip data International Trade Statistics, nilai ekspor ikan hias Indonesia Tahun 2022 mencapai USD 36,4 juta atau 11,3 persen dari total ekspor ikan hias dunia yang mencapai USD 321 juta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 7 dari 8
Ekspor Ikan Hias Indonesia
Adapun total nilai pasar ikan hias dunia, lanjutnya, yang meliputi pasar domestik masing-masing negara dan antarnegara diperkirakan mencapai USD 6,27 miliar pada tahun 2022 dan akan tumbuh dengan Compounded annual growth rate (CAGR) sebesar 10,25 persen pada tahun 2022-2023, sehingga menjadi USD 16,63 miliar pada tahun 2032. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Foto 8 dari 8
Ekspor Ikan Hias Indonesia
Capaian nilai ekspor ikan hias tersebut, kata Sakti, telah mendudukkan Indonesia menjadi eksportir ikan hias terbesar kedua di dunia, menggeser posisi Singapura dan Belanda. (Liputan6.com/Faizal Fanani)