Kisah Gadis Asal Yogya Jawara Kompetisi Drummer Internasional

Drummer perempuan yang satu ini mengharumkan nama Indonesia. Ia pun berkesempatan bermain dengan drummer dunia idolanya.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 22 Jun 2018, 07:29 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2018, 07:29 WIB
Calsey Tory
Calsey Tory, perempuan drummer dari Yogyakarta, menjuarai kompetisi internasional.

Liputan6.com, Yogyakarta - Calsey Tory membawa nama Indonesia ke kancah internasional. Gadis berusia 18 tahun itu berhasil menyisihkan ribuan peserta dari seluruh dunia dan menjuarai kompetisi drummer internasional Hit Like A Girl.

Hit Like A Girl merupakan kompetisi khusus perempuan drummer seluruh dunia. Para juri melakukan penilaian terhadap video peserta yang diunggah melalui kanal YouTube masing-masing.

Casey meraih juara kategori drummer 18 tahun plus setelah meng-cover instrumen Kaz Rodriguez berjudul "Gaia".

"Sampai sekarang masih tidak percaya, rasanya senang sekali," ucap Casey, beberapa waktu lalu.

Melihat kanal video YouTube pribadinya, Calsey memiliki groove, sound, teknik, serta interpretasi yang luar biasa. Pukulan Calsey dalam mengisi instrumen Gaia, ad lib atau pengisian bebas dalam bar tertentu sangat orisinal.

Dia mengaku mengulik ketukan drum sekitar dua bulan dengan mencari referensi dari drummer profesional yang sudah meng-cover lagu itu.

"Bukan menyontek, hanya untuk referensi saja," kata Casey.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tawaran Bermain Bersama Drummer Dunia

Calsey Tory
Calsey Tory, perempuan drummer dari Yogyakarta, menjuarai kompetisi drum internasional.

Calsey mendapat undangan menuju Percussive Arts Society International Convention (PASIC) yang bakal digelar pada November mendatang. Rencananya, Calsey bermain di pertemuan drummer seluruh dunia yang diadakan di Indiana.

Ia akan bermain bersama drummer dunia, seperti Mike Portnoy (Avenged Sevenfold, Transatlantic), Mike Mangini (Dream Theater), Pat Torpey (Mr.Big, The David Lee Roth Band), dan dan lain-lain.

Ia mengatakan, akomodasi acara itu ditanggung oleh panitia. Calsey tak sabar menunggu kesempatan itu karena bisa bermain dengan drummer idola.

"Sekarang persiapan sembari latihan dan deg-degan menunggu November," ucapnya.

Calsey menggemari dunia musik sejak usia 10 tahun. Ia ikut drum band dan tertarik dengan alat musik pukul itu.

Ia pertama kali belajar drum di Gilang Ramadan Studio. Bakatnya sudah terlihat, bahkan Calsey pernah mengiringi band punk asal Yogyakarta, Something Wrong. Ia pun sering jadi pilihan band Captain Jack saat drummer utama berhalangan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya