Cegah Penyebaran Corona Covid-19, KAI Cirebon Semprot Disinfektan di 7 Stasiun

Selain mendeteksi suhu tubuh di bagian boarding pass stasiun, PT KAI Daops 3 Cirebon juga melakukan penyemprotan disinfektan di stasiun dan kereta api.

oleh Panji Prayitno diperbarui 18 Mar 2020, 22:00 WIB
Diterbitkan 18 Mar 2020, 22:00 WIB
Daops 3 Semprot Disinfektan ke Tujuh Stasiun Cegah Penyebaran Covid-19
Aktivitas penyemprotan disinfektan di stasiun Cirebon oleh Petugas PT KAI guna mencegah penyebaran virus corona covid-19. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Liputan6.com, Cirebon - Upaya mencegah meluasnya penyebaran virus corona covid-19 di Cirebon terus dilakukan baik oleh pemerintah maupun sektor jasa transportasi.

Seperti yang dilakukan PT KAI Daops 3 Cirebon. Petugas sejak pagi melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh stasiun wilayah kerjanya.

Penyemprotan tersebut dilakukan di sejumlah titik terutama yang sering tersentuh tangan manusia, seperti di tempat duduk, mesin tiket, sampai pintu pegangan penumpang.

"Upaya ini akan kami lakukan terus setiap pagi kereta keberangkatan pertama sebelumnya disemprot dulu," kata Humas Daops 3 Cirebon Luqman Arif, Selasa (17/3/2020).

Dia menyebutkan, penyemprotan dilakukan satu hari sekali, yakni pada pagi hari sebelum kereta api pertama berangkat.

Pantauan di lokasi, sejumlah petugas tengah sibuk melakukan penyemprotan disinfektan, mulai dari kawasan depan, hingga lorong bawah tanah yang menjadi tempat keluar masuknya penumpang menuju kereta api.

"Termasuk besi tempat pegangan tangan penumpang kami semprot semua," ujar Luqman.

Luqman mengatakan, penyemprotan dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Selama belum ada kata aman dan bebas dari virus corona covid-19 maka penyemprotan terus dilakukan termasuk di wilayah Daops 3 Cirebon.


Tujuh Stasiun

Daops 3 Semprot Disinfektan ke Tujuh Stasiun Cegah Penyebaran Covid-19
Aktivitas penyemprotan disinfektan di stasiun Cirebon oleh Petugas PT KAI guna mencegah penyebaran virus corona covid-19. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Stasiun yang disemprot disinfektan di wilayah Daops 3 Cirebon yakni Stasiun Kejaksan Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Arjawinangun, Brebes, Pegadenbaru, dan Haurgeulis.

"Sebenarnya penyemprotan fumigasi dan pest control telah dilakukan secara reguler oleh kami namun dengan adanya pandemik Virus Corona Covid-19 maka kami melakukan penyemprotan desinfektan lebih intensif lagi," ujar dia.

Terkait dengan alat pengukur suhu tubuh, Luqman menyebutkan terus dilakukan di setiap stasiun wilayah Daops 3 Cirebon. Hingga saat ini, kata dia, belum ada satu penumpang yang tidak bisa melakukan perjalanan imbas dari pengecekan suhu tubuh.

"Belum ada penumpang yang kami cek suhu tubuhnya lebih dari 38 derajat Celsius ya. Semoga tidak ada," ujar dia.

Luqman menyampaikan hingga saat ini belum ada penumpang yang membatalkan perjalanan mereka khususnya dari Cirebon. Termasuk, kata dia, permintaan refund atau pengembalian tiket dari penumpang.

Dia berharap menyebarnya virus corona covid-19 tidak berdampak pada perjalanan kereta api. "Alhamdulillah masih aman tidak ada perjalanan yang ditunda atau pengembalian tiket. Semoga tidak berdampak," harap Luqman.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya