Aquascaper Indonesia Galang Gerakan Sosial Pinjamkan Tabung Oksigen Gratis

Aquascaper Indonesia meminjamkan tabung oksigen dengan biaya 0 rupiah alias gratis untuk masyarakat yang positif Covid-19 tapi tidak mampu membeli tabung oksigen.

oleh Liputan6.com diperbarui 15 Jul 2021, 11:06 WIB
Diterbitkan 15 Jul 2021, 10:38 WIB
Aquascaper Indonesia Galang Gerakan Sosial Pinjamkan Tabung Oksigen Gratis
Aquascaper Indonesia meminjamkan tabung oksigen dengan biaya 0 rupiah alias gratis untuk masyarakat yang positif Covid-19 tapi tidak mampu membeli tabung oksigen. (Istimewa)

Liputan6.com, Bandung - Penularan Covid-19 selama pandemi di Indonesia terus mengkhawatirkan. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan angka penularan pada 13 Juli 2021 mencapai 47.899 Kasus Baru. Angka tersebut menjadi rekor terbaru dalam penularan Covid-19.

Bahkan, belakangan ini, kondisi tersebut, disertai dengan krisis oksigen yang menghantui fasilitas kesehatan yang merawat pasien Covid-19. Saat ini, makin banyak daerah yang melaporkan rumah sakit di wilayahnya kekurangan oksigen.

Begitu juga yang terjadi di Kota Bandung. Dampak dari krisis tersebut, warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) akibat keterbatasan ruang perawatan dan fasilitas kesulitan mendapatkan tabung oksigen lantaran tingginya permintaan.

"Kebutuhan oksigen di Kota Bandung sudah cukup mengkhawatirkan," kata Wali Kota Bandung, Oded M Danial.

Pemerintah Kota Bandung sendiri, kata Oded, terus berikhtiar agar pasokan oksigen untuk pasien Covid-19 tetap tersedia.

Didasari empati dan didorong rasa kemanusiaan yang tinggi, Komunitas Pedagang Ikan/Aquascape atau Aquascaper Indonesia secara masif menggelar aksi sosial peminjaman tabung oksigen gratis bagi warga yang membutuhkan.

"Kami benar-benar ikhlas meminjamkan bagi siapa saja yang memerlukannya," kata Rohmansyah, pemilik galeri Aquascape di Jalan Suka Asih Raya No 7 Bandung ini.

 

Simak video pilihan berikut ini:


Gerakan Sosial

FOTO: Aksi Solidaritas Pinjam Tabung Oksigen Gratis untuk Pasien COVID-19
Relawan memeriksa tabung oksigen di Gudang Oksigen Untuk Warga, Utan Kayu, Jakarta, Kamis (8/7/2021). Saat ini, tersedia 275 tabung oksigen ukuran 1 meter kubik. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Kelompok pengusaha ini merasa terpanggil untuk membantu sesama, karena selama ini usaha mereka juga menggunakan tabung oksigen untuk pengiriman ikan ke luar daerah. Namun, menurut Nko-panggilan akrab Rohmansyah-oksigen yang diperlukan saat ini adalah yang memiliki kandungan hampir 100 persen murni.

"Sedangkan untuk merawat ikan oksigen yang dipakai berasal dari mesin aerator," ujar Nko, yang juga pemilik dua toko art aquascape di kawasan Cicadas dan Gegerkalong, Bandung ini.

 


Gratis

FOTO: Aksi Solidaritas Pinjam Tabung Oksigen Gratis untuk Pasien COVID-19
Relawan membawa tabung oksigen di Gudang Oksigen Untuk Warga, Utan Kayu, Jakarta, Kamis (8/7/2021). Saat ini, tersedia 275 tabung oksigen ukuran 1 meter kubik. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Menurut dia, gerakan sosial ini dengan kesadaran sendiri sudah menjalar ke seluruh anggota komunitas yang sudah tersebar di seluruh Indonesia, bahkan di luar negeri. Meski pada awalnya kegiatan ini hanya bersifat imbauan atau ajakan lewat grup di media sosial, mereka spontan dengan rela meminjamkan tabung oksigen berukuran 1m3 kepada warga yang keluarganya atau tetangganya tengah menjalani perawatan Covid-19 tanpa bayar alias gratis.

"Saya sudah meminjamkan 4 tabung oksigen, dan sebetulnya masih kurang, karena banyak peminatnya. Karena itu juga, kami mencoba untuk membeli tabung baru sekemampuannya masing-masing," kata Nko.

 


Kebaikan Bersama

FOTO: Aksi Solidaritas Pinjam Tabung Oksigen Gratis untuk Pasien COVID-19
Relawan menata tabung oksigen di Gudang Oksigen Untuk Warga, Utan Kayu, Jakarta, Kamis (8/7/2021). Oksigen Untuk Warga meminjamkan tabung oksigen secara gratis selama 7 hari kepada pasien COVID-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Penjelasan Nko ini dipertegas salah satu tokoh penggiat Aquascape atau aquascaper Doddy. Menurutnya, pada masa pandemi ini, salah satu kendala yang dialami masyarakat yang terdampak Covid-19 adalah mahal atau langkanya barang yang berhubungan dengan kondisi kesehatan.

Karena itu, sebenarnya Komunitas atau Aquascaper Indonesia selain meminjamkan tabung oksigen juga membagikan vitamin, disinfektan, dan hand sanitizer secara gratis.

"Dan sekarang kami meminjamkan tabung oksigen dengan biaya 0 rupiah untuk masyarakat yang positif Covid-19 tapi tidak mampu membeli. Ikhtiar bersama untuk kebaikan bersama," kata Doddy.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya