Praktis dan Mudah, Ini Tips Merawat Kuku agar Tak Mudah Patah

Saat kuku patah, terjadi pemisahan atau pemecahan lapisan protein dalam kuku tersebut.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 27 Okt 2022, 22:00 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2022, 22:00 WIB
Ilustrasi kuku
Ilustrasi kuku. Sumber foto: pixabay.com/picjumbo_com.

Liputan6.com, Yogyakarta - Memiliki kuku jari yang bersih dan sehat adalah keinginan hampir semua orang. Sayangnya, beberapa aktivitas sehari-hari justru dapat membuat kuku menjadi rusak bahkan rapuh.

Alhasil, kuku pun menjadi kusam dan mudah patah. Selain itu, kuku yang sering diwarnai juga akan mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik.

Kuku jari terbuat dari lapisan protein yang disebut keratin, sedangkan ketebalan dan kekuatan kuku merupakan suatu hal yang diwariskan. Ada sebagian orang yang kukunya memang rapuh dan mudah patah, tetapi ada pula yang memiliki kuku sehat serta kuat.

Saat kuku patah, terjadi pemisahan atau pemecahan lapisan protein dalam kuku tersebut.

Berikut tips merawat kuku agar lebih sehat dan tak mudah patah.

1. Oleskan minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung zat yang bermanfaat untuk menguatkan kuku dan melembutkan kutikula. Caranya, bersihkan dan keringkan tangan terlebih dahulu, kemudian oleskan minyak zaitun di kuku dan area sekitarnya.

Pijat perlahan untuk melancarkan aliran darah. Pemijatan juga dapat membantu nutrisi terserap dengan baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Growth Serum

2. Gunakan growth serum

Tak hanya kulit, ternyata kuku juga membutuhkan serum. Saat ini, serum kuku sudah mudah ditemukan, salah satunya growth serum.

Kamu bisa mengoleskan growth serum pada permukaan kuku dan bagian kutikula setiap pagi. Hal ini dapat membuat kuku menjadi lebih kuat, tidak mudah patah, dan menstimulasi proses pertumbuhan kuku.

3. Jaga Kuku agar Tetap Pendek

Dikutip dari laman Everyday Health, kuku yang pendek, rapi, dan terjaga kebersihannya juga berperan dalam kekuatan kuku itu sendiri. Memotong kuku secara teratur tidak hanya membuat kuku tetap sehat, melainkan juga menghindarkan kuku dari risiko patah.

4. Sementara, hindari mewarnai kuku

Pada laman Healthline menyatakan bahwa cat kuku mengandung unsur-unsur kimia yang keras dan bisa merusak kuku. Oleh karenanya, disarankan untuk tidak terlalu sering mewarnai kuku.

Selain kuteks, penggunaan aseton atau cairan penghapus kuteks juga perlu dihindari. Pasalnya, cairan ini bisa menyebabkan kuku menguning dan kusam.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami lain. Gunakan air lemon dan sari cuka apel untuk menghapus kuteks atau membersihkan kuku.

5. Gunakan Pelembap Kuku

Salah satu penyebab kuku mudah patah adalah keadaan kuku yang kering. Itulah sebabnya, menjaga kelembapan kuku merupakan hal yang cukup penting.

Dikutip dari WebMD, pemilik kuku rapuh disarankan untuk menggunakan pelembap kuku pada permukaan kuku secara rutin. Pelembap kuku bisa membantu melembapkan dan mengurangi timbulnya retak pada ujung dan permukaan kuku.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya