Dirayakan Besok, Simak Sejarah dan Twibbon Hari Ayah Nasional Berikut

Hari Ayah Nasional dirayakan setiap 12 November setiap tahunnya.

oleh Huyogo SimbolonNatasa Kumalasah Putri diperbarui 11 Nov 2022, 18:44 WIB
Diterbitkan 11 Nov 2022, 17:20 WIB
Rekomendasi Hadiah di Hari Ayah Nasional
Ilustrasi Ayah dan Anak Credit: pexels.com/Tatiana

Liputan6.com, Bandung - Hari Ayah Nasional dirayakan pada 12 November setiap tahunnya. Perayaan ini adalah sebuah bentuk apresiasi untuk ayah atas kasih sayang serta perjuangan yang telah ia lakukan untuk keluarga.

Hari ayah biasanya dirayakan oleh anak-anak untuk mengucapkan rasa terima kasih dan rasa kasih sayangnya karena telah menjadi sosok ayah atau kepala keluarga yang besar dalam rumah.

Biasanya, perayaan ini juga sebagai momentum memberikan apresiasi kepada ayah yang seringkali sulit diucapkan karena sosoknya yang tegas.

Meskipun bukan perayaan yang termasuk dalam tanggal merah, perayaan ini menjadi perayaan nasional yang dibuat untuk sosok ayah.

Biasanya, sekolah-sekolah membuat tugas mengenai sosok ayah ataupun beberapa orang juga membuat suatu acara keluarga bersama ayah.

Kemudian, perayaan Hari Ayah Nasional dan Hari Ayah Sedunia mempunyai perbedaan. Tanggal perayaan untuk Hari Ayah Nasional dirayakan setiap 12 November, sedangkan untuk perayaan Hari Ayah Sedunia dirayakan setiap 19 Juni.

Berikut sejarah terciptanya Hari Ayah Nasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sejarah Hari Ayah Nasional

ayah dan anak
Ilustrasi ayah dan anak/copyright freepik.com

Hari Ayah Nasional terbentuk sangat unik. Sebab, perayaan hari ayah ini digagas oleh sekelompok wanita dari organisasi Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Awalnya, kelompok ini membuat sebuah sayembara menulis surat untuk ibu pada Hari Ibu, 22 Desember 2004. Beberapa peserta bertanya mengenai kapan dilaksanakannya sayembara menulis surat untuk ayah.

PPIP pun menggelar diskusi mengenai Hari Ayah Nasional. Hasil dari diskusi tersebut pun akhirnya menjadikan 12 November 2006 menjadi awal Hari Ayah Nasional di Indonesia di Solo, Jawa Tengah.

Adapun deklarasinya dilakukan juga di Maumere, Flores, NTT. Pada saat deklarasi perayaan tersebut, ada juga peluncuran buku ‘Kenangan untuk Ayah’ yang isi merupakan 100 surat karya anak nusantara dari hasil seleksi sayembara menulis surat untuk ayah.

Mereka juga mengirimkan buku tersebut beserta dengan piagam deklarasi kepada presiden yang saat itu menjabat yaitu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan kepada bupati di empat wilayah Indonesia yaitu Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote.   


Link Twibbon Hari Ayah Nasional

Berikut ini daftar link Twibbon yang bisa digunakan secara gratis untuk merayakan Hari Ayah Nasional pada 12 November 2022.

https://twb.nz/twibonhariayah2022

https://twb.nz/tbtahunbaru1443h

https://twb.nz/maulidnabi01234

https://twb.nz/hariayahnasionaltahun2022

https://twb.nz/hariayahsdyb

https://twb.nz/hariayah2022monaschool

https://twb.nz/hariayah2022mtr

https://twb.nz/hariayah2022hmd

https://twb.nz/hariayahnas2022

https://twb.nz/hsnnashrudd

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya