6 Rekomendasi Tempat Liburan di Garut

Garut mempunyai sejumlah tempat wisata menarik yang cocok dikunjungi saat musim liburan. Berikut ini adalah enam rekomendasi tempat liburan di Garut.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 10 Feb 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 10 Feb 2024, 06:00 WIB
Surga tersembunyi Leuwi Tonjong, Cihurip, Garut, Jawa Barat
Surga tersembunyi Leuwi Tonjong, Cihurip, Garut, Jawa Barat (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Liputan6.com, Bandung - Garut merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Barat dan dikenal sebagai kota yang menyimpan pesona alam yang memukau. Garut masih menjadi destinasi wisata bagi sejumlah wisatawan lokal Indonesia.

Berlibur ke Garut identik dengan pengalaman menarik mulai dari berpetualang dan menikmati alam sekitarnya. Suasana di Garut juga kerap memberikan ketenangan dan suhunya yang menyegarkan.

Keindahan alam di Garut masih banyak yang alami dan terjaga dengan pemandangan gunung yang indah dan suasana yang asri. Kota ini juga masih menjaga kearifan lokalnya sehingga kental akan budaya.

Garut populer dengan wisata alamnya mulai dari wisata ke pegunungan atau bersantai menikmati laut. Bagi para pecinta gunung kota ini mempunyai satu spot wisata yang bisa dikunjungi untuk melakukan pendakian.

Gunung tersebut adalah Gunung Papandayan dan masih menjadi lokasi favorit bagi para pendaki. Selain itu, bagi wisatawan yang ingin bersantai bisa menikmati wisata pemandian air panas yang ada di Garut.

Pasalnya, ada sejumlah tempat wisata air panas yang berasal dari air panas alami di lereng gunung di Garut. Tempat tersebut akan memberikan kenyamanan bagi wisatawan untuk bersantai.

Melansir dari beberapa sumber, saat ini Garut memiliki banyak wisata menarik yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Berikut ini adalah rangkuman tempat berlibur di Garut yang bisa dikunjungi saat momen liburan.


6 Rekomendasi Liburan di Garut

Beberapa pengunjung tengah menikmati berwisata di kawasan wisata alam hutan dan danau Talaga Bodas, Wanaraja, Garut, Jawa Barat
Beberapa pengunjung tengah menikmati berwisata di kawasan wisata alam hutan dan danau Talaga Bodas, Wanaraja, Garut, Jawa Barat (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

1. Talaga Bodas

Talaga Bodas merupakan tempat wisata di Garut yang mempunyai pemandangan alam indah mulai dari gunung, bukit, dan danau. Tempat ini merupakan sebuah kawah yang berada di ketinggian 1.512 mdpl di Gunung Talaga Bodas.

Kawah tersebut mempunyai warna biru sedikit keputihan yang menjadikannya sangat cantik untuk dilihat. Tempat wisata ini juga cukup terjangkau dan bisa dikunjungi dengan menyewa ojek yang ada di lokasi.

Lokasi Talaga Bodas ada di Jalan Talaga Bodas No. 5, Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pada tahun lalu harga tiket untuk wisatawan lokal sekitar Rp 7.000 di hari bisa dan Rp 9.500 di hari libur.

2. Situ Bagendit

Situ Bagendit merupakan tempat wisata di Garut yang mempunyai pemandangan alam mempesona. Tempat wisata ini merupakan sebuah danau luas dengan latar belakang pegunungan indah,

Terdapat sejumlah fasilitas menarik di Situ Bagendit yang bisa dinikmati mulai dari sepeda air, kano, memancing, dan lain-lain. Lokasinya sendiri ada di Desa Banyuresmi, Kabupaten garut, Jawa Barat.

Wisatawan bisa masuk ke Situ Bagendit dengan membayar tiket sekitar Rp10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. 


Rekomendasi Liburan di Garut

Forkipimda Garut yang dipimpin Bupati Rudy Gunawan, tengah berfoto di spot Lamping Cirorek Bike (LCB) Land, kawasan wisata alam Cirorek, Garut, Jawa Barat.
Forkipimda Garut yang dipimpin Bupati Rudy Gunawan, tengah berfoto di spot Lamping Cirorek Bike (LCB) Land, kawasan wisata alam Cirorek, Garut, Jawa Barat. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

3. River Camp

Sebelumnya, wisata River Camp cukup populer sebagai wisata yang ada di daerah Pangalengan. Namun, saat ini di Garut tersedia wisata serupa dan berlokasi di tengah hutan dan perbukitan.

Lokasinya sendiri ada di Kampung Cihanyawar, Desa Sukamurni, Kecamatan Cilawu di perbatasan antara Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya. Pengunjung bisa menikmati pengalaman berkemah di tepi sungai dengan pemandangan alam yang masih asri.

4. Lamping Cirorek

Lamping Cirorek merupakan tempat wisata yang berlokasi di Cilawu, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tempat wisata ini mempunyai pemandangan indah karena berada di perbukitan dan dikelilingi oleh pohon pinus.

Para pengunjung bisa menikmati pemandangan dari ketinggian dan memiliki banyak aktivitas menarik. Mulai dari wahana ATV, area berkemah, villa, spot foto Instagramable, kafe dan resto, dan masih banyak lagi.

Lamping Cirorek buka setiap hari mulai dari jam 10.00 hingga 18.00 WIB pada hari biasa dan di akhir pekan pada pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.


Rekomendasi Liburan di Garut

Gunung Papandayan
Kolam air panas di areal Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

5. Orchid Garden

Orchid Garden adalah tempat wisata yang mempunyai pemandangan alam indah seperti di negeri dongeng. Tempat ini memiliki tanaman anggrek hutan yang cukup langka dan bunga jenis lain yang berwarna warni.

Lokasinya ada di Sinarjaya, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat dan buka setiap hari pada pukul 07.00 hingga 18.00 WIB. Untuk memasuki tempat wisata ini harga tiket masuk di tahun 2023 sekitar Rp30.000 per orang.

6. Bukit Ngamplang

Bukti Ngamplang adalah tempat wisata di Garut yang juga sebuah tempat golf dengan hamparan padang rumput hijau yang luas. Meskipun tempat golf wisatawan bisa berkunjung ke bukit ini untuk berpiknik, foto-foto, dan menikmati pemandangan sekitar.

Lokasinya ada di Jl. Raya Tasikmalaya KM 7, Desa Ngamplang, Cilawu, Garut, Jawa Barat. Buka setiap hari pada pukul 09.00 hingga 16.00 WIB dan harga tiketnya gratis namun terdapat tarif parkir kendaraan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya