Pengumuman Hasil SPAN-PTKIN 2024 Keluar Hari Ini, Simak Cara Cek dan Linknya

Pengumuman hasil SPAN-PTKIN 2024 dijadwalkan keluar hari ini, Selasa (2/4/2024). Berikut link dan cara mengecek pengumuman hasilnya.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 02 Apr 2024, 11:58 WIB
Diterbitkan 02 Apr 2024, 11:58 WIB
Pengumuman Hasil SPAN-PTKIN 2024
Pengumuman hasil SPAN-PTKIN 2024. (Liputan6.com/ Dok Ist)

Liputan6.com, Bandung - Kabar bahagia bagi para siswa yang mendaftar Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN). Diketahui pengumuman hasil SPAN PTKIN 2024 akan diumumkan hari ini, Selasa (2/4/2024).

Melansir dari unggahan Instagram resminya pengumuman hasil SPAN PTKIN 2024 bisa dilihat pada pukul 14.00 WIB. Para siswa bisa memeriksa hasilnya di situs resmi SPAN PTKIN atau link https://pengumuman-span.ptkin.ac.id/.

HASIL SPAN-PTKIN AKAN DIUMUMKAN PADA SELASA, 2 APRIL 2024. Pukul 14.00 WIB,” tulis poster yang diunggah @span_umptkin.

Sebagai informasi SPAN PTKIN merupakan seleksi masuk yang dibuka oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Seleksi masuk ini menggunakan sistem seleksi berdasarkan prestasi akademik mulai dari nilai hingga prestasi lainnya.

Diketahui SPAN PTKIN menjadi jalur pertama dalam Penerima Mahasiswa Baru (PMB) PTKIN 2024. Bagi siswa yang tidak lolos seleksi SPAN PTKIN maka bisa mengambil kesempatan lain dengan mendaftar jalur Ujian Mandiri PTKIN 2024.

Pada seleksi tahun ini ada sekitar 59 PTKIN yang terlibat dalam seleksi SPAN PTKIN 2024. Diketahui PTKIN tersebut di antaranya Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), hingga Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Sebelumnya pendaftaran SPAN PTKIN sudah dibuka sejak 12 Februari hingga 15 Maret 2024. Prosesnya dilakukan secara online melalui situs resmi SPAN PTKIN atau span.ptkin.ac.id.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Link dan Cara Cek Hasil SPAN PTKIN 2024

Melansir dari beberapa sumber berikut ini adalah link dan cara cek pengumuman SPAN PTKIN 2024:

1. Pengumuman SPAN PTKIN 2024 dapat diakses melalui situs resmi SPAN PTKIN atau menggunakan link berikut https://pengumuman-span.ptkin.ac.id/.

2. Pengumuman akan bisa diakses sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan panitia seleksi yaitu pada Selasa, 2 April 2024 pukul 14.00 WIB.

3. Jika pengumuman sudah bisa akses siswa bisa memasukan nomor pendaftaran SPAN PTKIN pada kolom yang tersedia.

4. Setelah nomor pendaftaran di masukkan informasi terkait hasil kelulusan siswa akan otomatis muncul pada layar.

5. Bagi siswa yang tidak lolos SPAN PTKIN tidak perlu khawatir karena bisa mengambil kesempatan menggunakan jalur Ujian Mandiri PTKIN.

6. Sementara bagi siswa yang berhasil lolos SPAN PTKIN bisa melanjutkan proses verifikasi dan/atau pendaftaran ulang di PTKIN masing-masing untuk peserta yang lulus seleksi.


Tahapan Setelah Lolos SPAN PTKIN 2024

Peserta yang berhasil lolos SPAN PTKIN 2024 bisa melanjutkan tahapan dengan melakukan proses verifikasi atau pendaftaran ulang di kampus tujuannya. Setiap PTKIN memiliki cara daftar ulang yang berbeda-beda.

Umumnya pendaftaran ulang dilakukan untuk mengumpulkan data calon mahasiswa baru. Mulai dari pengumpulan berkas-berkas bukti kelulusan, nilai, data ekonomi orang tua, dan data-data penting lainnya.

Data tersebut nantinya akan digunakan untuk menentukan uang kuliah tunggal atau UKT siswa. Kemudian di beberapa PTKIN pada tahap daftar ulang siswa juga biasanya melakukan sejumlah tes tambahan seperti tes buta warna, kesehatan, atau tes bebas narkoba.

Tes tersebut bisa dilakukan secara mandiri oleh masing-masing calon mahasiswa baru atau terpusat di kampus tujuan. Setiap PTKIN mempunyai jadwal dan tata cara daftar ulang yang berbeda-beda sehingga siswa perlu mengikuti informasi resmi dari PTKIN terkait.


Cara Daftar Ujian Mandiri PTKIN

Peserta yang gagal dalam SPAN PTKIN tidak perlu khawatir karena bisa mencoba kembali dengan mengikuti seleksi Ujian Mandiri (UM) PTKIN. Berdasarkan informasi dari beberapa sumber jalur UM PTKIN akan dibuka pada 17 April hingga 15 Juni 2024.

Siswa yang ingin menggunakan jalur UM PTKIN bisa mendaftar dengan biaya pendaftaran sekitar Rp 200.000. Selain UM PTKIN para siswa juga bisa mengambil kesempatan mendaftar menggunakan jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Namun jalur SNBT hanya menyediakan sekitar 26 Universitas Islam Negeri (UIN) saja. Sementara untuk pendaftaran ke Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) hanya bisa didaftarkan melalui UM PTKIN.

Melansir dari situs IAIN Palopo berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan pendaftaran Ujian Mandiri PTKIN:

1. Pendaftaran UM PTKIN mempunyai biaya sekitar Rp 200.000.

2. Mendaftar akun UM PTKIN dan pilih “Daftar” untuk peserta yang memiliki NISN dan belum punya akun SPAN PTKIN. Username dan password akan didapat setelah mendaftar dan dikirim melalui email aktif yang dicantumkan ketika mendaftar akun UM PTKIN.

3. Pilih “login” menggunakan username atau NISN serta password.

4. Isi biodata secara online di situs https://um.ptkin.ac.id/ hingga memperoleh invoice dan nomor virtual account, juga informasi nominal yang harus dibayarkan sekaligus cara membayarnya.

5. Peserta membayar melalui Bank mandiri atau lainnya.

6. Jika menggunakan Bank Mandiri peserta bisa membayar melalui teller, ATM atau Livin b Mandiri. Sementara peserta yang membayar selain Bank Mandiri bisa melakukan pembayaran di ATM bank lain dan transfer dengan nomor rekening tujuan ke virtual account.

7. Peserta akan memperoleh bukti pembayaran.

8. Selanjutnya peserta kembali melakukan pendaftaran online di situs https://um.ptkin.ac.id/ dengan login kembali untuk memilih prodi, lokasi ujian, dan cetak kartu peserta.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya