Simak, Cara Mudah Daftar QR Code Pertalite

Pemerintah saat ini tengah gencar menginformasikan terkait pembatasan BBM Subsidi. Adapun berikut ini cara mudah mendaftar QR Code untuk membeli Pertalite atau BBM Subsidi lainnya.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 28 Agu 2024, 11:23 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 11:21 WIB
Pertamina Patra Niaga memperluas wilayah pendataan QR Code Pertalite untuk kendaraan roda 4 secara bertahap di berbagai wilayah di Indonesia (Istimewa)
Pertamina Patra Niaga memperluas wilayah pendataan QR Code Pertalite untuk kendaraan roda 4 secara bertahap di berbagai wilayah di Indonesia (Istimewa)

Liputan6.com, Bandung - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mulai memberlakukan pembatasan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis subsidi. Diketahui pembatasan tersebut akan dimulai pada 1 Oktober 2024.

Sebelumnya, target pembatasannya direncanakan dilakukan pada 1 September 2024. Sementara itu, Menteri ESDM, Bahlil Lahadalia mengungkapkan penerapan pembatasan BBM Subsidi masih menunggu aturan sebagai dasar kebijakannya.

Kemudian pihaknya menjelaskan bahwa saat ini pemerintah masih perlu untuk melakukan sosialisasi pembatasan BBM Subsidi kepada masyarakat sebelum peraturannya benar-benar diterapkan.

“Ada rencana begitu (pembatasan BBM subsidi diberlakukan 1 Oktober 2024). Begitu aturan keluar, Permen keluar, ada waktu sosialisasi,” kata Bahlil kepada awak media di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Pembatasan BBM Subsidi menjadi salah satu upaya pemerintah agar subsidi tersebut diterima oleh orang yang tepat. Seperti diketahui, BBM Subsidi diperuntukkan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah.

Aturan tersebut juga dibuat setelah banyaknya pengguna di kalangan lain terutama menengah ke atas justru masih bisa merasakan BBM Subsidi tersebut. Selain itu, peraturan pembatasan BBM subsidi juga kembali dikaitkan dengan pembuatan barcode untuk membeli BBM.

Sebagai informasi, sejak akhir tahun 2022 lalu, Pertamina sendiri sudah memperkenalkan dan memberlakukan penggunaan QR Code untuk pembelian BBM subsidi. Barcode tersebut bisa dimiliki oleh pengendara dengan cara mendaftar di situs resmi atau aplikasi Pertamina.

Pengendara yang ingin mendaftar penggunaan QR Code tersebut biasanya harus mempersiapkan sejumlah persyaratan. Berikut ini adalah beberapa cara mendaftar QR Code Pertalite dengan mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Mendaftar Melalui Aplikasi MyPertamina

Pertamina Patra Niaga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya pengguna Pertalite agat mendaftarkan kendaraannya dan mendapatkan QR Code (Istimewa)
Pertamina Patra Niaga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya pengguna Pertalite agat mendaftarkan kendaraannya dan mendapatkan QR Code (Istimewa)

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat barcode Pertamina melalui aplikasi MyPertamina:

1. Daftar akun baru dengan memasukan nomor ponsel yang akurat dan aktif.

2. Kemudian buat PIN.

3. Selanjutnya pilih menu “Daftar dan Transaksi”.

4. Jika sudah isi data registrasi dengan lengkap dan benar seperti nama, nomor telepon, tanggal lahir, dan PIN.

5. Berikutnya lengkapi profil dengan menambahkan informasi seperti email, nomor KTP, dan alamat rumah.


Cara Mendaftar Melalui Website Resmi Pertamina

SPBU Pertamina
Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya pengguna Pertalite agar mendaftarkan kendaraannya dan mendapatkan QR Code.

Berikut ini beberapa cara untuk melakukan pendaftaran melalui website resmi Pertamina:

1. Buka situs resmi subsiditepat.mypertamina.id.

2. Kemudian centang pada pernyataan “memahami persyaratan”.

3. Selanjutnya klik tombol “Daftar Sekarang”.

4. Berikutnya isi formulir pendaftaran dengan akurat seperti data diri dan lain-lain.

5. Tunggu proses verifikasi data (maksimal 14 hari kerja).

6. Cek status pendaftaran secara berkala baik melalui email atau website.

7. Selanjutnya jika status terkonfirmasi Anda bisa mengunduh kode QR atau barcode Pertamina.


Cara Daftar Offline di Booth SPBU Terpilih

Program Subsidi Tepat
Pertamina Patra Niaga mencatat hingga 28 Maret 2023, jumlah pendaftar yang sudah memiliki QR Code Subsidi Tepat di Aceh sebanyak 236.977 kendaraan. Jumlah itu terdiri dari 147.305 kendaraan konsumen Pertalite dan 89.672 kendaraan konsumen Biosolar. (Dok. Pertamina Patra Niaga)

Pendaftaran barcode Pertamina juga bisa dilakukan secara online pda Booth SPBU terpilih dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan.

2. Berikutnya kunjungi SPBU Pertamina yang menyediakan layanan pendaftaran BBM bersubsidi.

3. Kemudian ikuti arahan yang diberikan petugas untuk memproses pendaftaran.

Biasanya dalam proses pendaftaran offline terdapat persyaratan yang harus diperhatikan seperti berikut:

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP).

2. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

3. Foto kendaraan (tampak depan dan samping).

4. Foto plat nomor kendaraan.

5. Pas foto yang jelas.

6. Foto KIR (untuk kendaraan non-pribadi).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya