5 Fakta Jake ENHYPEN, Penyanyi Rap Korea yang Baru Berulang Tahun ke-20 Kemarin

Berikut fakta sosok Jake ENHYPEN dari kehidupan awal hingga kiprah dan kariernya di bidang musik K-Pop.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 16 Nov 2022, 08:30 WIB
Diterbitkan 16 Nov 2022, 08:30 WIB
Jake Enhypen. (Belift Lab via Soompi)
Jake Enhypen. (Belift Lab via Soompi)

Liputan6.com, Jakarta Jake ENHYPEN, penyanyi rap sekaligus vokalis asal Korea Selatan, sempat membuat para pencinta K-Pop sedunia, termasuk di Indonesia heboh pada Selasa (15/11/2022). Pasalnya, pada hari itu ia berulang tahun yang ke-20.

Pemilik nama asli Shim Jae Yun yang juga kerap disapa Jake Sim ini anggota boy band ENHYPEN yang memiliki paras sangat rupawan. Tak heran bila para penggemar terutama dari kalangan wanita, langsung mencari namanya di dunia maya.

Banyak juga pengalaman yang dilalui seorang Jake sebelum ia sukses menjadi idola dunia. Selain itu, karya-karyanya yang sudah ditorehkan saat berkiprah dengan ENHYPEN pun membuatnya dikenal luas.

Lantas seperti apa sosok Jake ENHYPEN, kehidupan awal serta kiprah dan kariernya di bidang musik K-Pop? Berikut deretan fakta yang beredar, mengutip dari berbagai sumber.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Besar di Australia

Jake ENHYPEN padu padan
Jake Enhypen. (Dok: Instagram Jake ENHYPEN)

Lahir di Korea Selatan, 15 November 2002, Jake ENHYPEN rupanya besar di Australia. Sejak kecil, Jake gemar memamerkan bakatnya di depan banyak orang. Jake pun bergabung dalam orkestra sekolah.

Diketahui, Jake ENHYPEN menempuh pendidikan di Dwight School Seoul. Ia melanjutkan studinya di St Peters Lutheran College.

 


2. Kagum dengan BTS

[Bintang] Ini yang Dilakukan John Cena Saat Lagu DNA Milik BTS Capai 350 Juta View
Ia pun mengunggah foto screenshoot pencapaian video musik DNA ke akun Instagram pribadinya. Saat berita ini dibuat, foto tersebut sudah mendapat 294 ribu tanda like. (Foto: instagram.com/johncena)

Pada 2017, Jake terkagum dengan penampilan BTS saat membawakan "DNA" di American Music Awards. Dari situlah ia mulai berpikir untuk menjadi seorang idola. Jake memutuskan pindah ke Korea Selatan untuk mengikuti audisi BigHit Entertainment, seperti dikutip dari gluwee.com.

Berkat kerja kerasnya, Jake berhasil lulus audisi untuk agensi tersebut. Selama di BigHit Entertainment, Jake terlebih dahulu menjadi trainee sekitar 9 bulan.

 


3. Menonjol di Kompetisi

Gaya Keren Jake ENHYPEN Pakai Outfit Denim
Masih dengan jaket denimnya, personel boy group asal Korea Selatan ini memadukannya dengan turtle neck berwarna gelap. Penyanyi kelahiran 2002 ini memiliki background bermusik sebelum debut menjadi idol. (Instagram/@enhypen)

Setelah melalui pelatihan, Jake didorong untuk menjadi peserta kompetisi survival I-Land 2020. Dari situlah Jake memiliki kesempatan debut dalam sebuah grup. Penampilan Jake selama kompetisi terbilang menonjol.

Saat ujian akhir audisi, Jake membantu kontestan lain berlatih koreografi serta menambah percaya diri. Jake akhirnya berhasil mendapat suara ketiga terbanyak hingga ia terpilih menjadi bagian dari grup ENHYPEN.

 


4. Debut Langsung Masuk Chart

Gaya Keren Jake ENHYPEN Pakai Outfit Denim
Potret (dari kiri ke kanan) Sunghoon, Jake, dan Jay saat berpose dalam sesi pemotretan. Dalam gambar tersebut Jake terlihat mengenakan jaket denim oversize. (Instagram/@enhypen)

Jake debut bersama ENHYPEN pada November 2020 dengan EP berjudul Border: Day One dan serta single berjudul "Given-Taken".

Hebatnya, EP tersebut menduduki peringkat kedua di Gaon Album Chart dan Oricon Albums Chart Jepang. Jake dan ENHYPEN pun merilis EP berjudul Border:Carnoval setahun setelahnya.

 


5. Sukses di Jepang

Gaya Keren Jake ENHYPEN Pakai Outfit Denim
Penampilan Jake saat mengenakan hoodie yang dipasangkan dengan rompi berbahan denim. Sebelum debut dengan ENHYPEN, diumur 17 tahun Jake terbang dari Australia ke Seoul untuk mengejar mimpinya menjadi idol. (Instagram/@enhypen)

Setelah Border:Carnoval dirilis pada Maret 2021, Jake bersama ENHYPEN memulai debutnya di Jepang dengan merilis EP Border: Hakanai pada Juli 2021.

Tampaknya kesuksesan Jake dan ENHYPEN ditakdirkan di Jepang. Pasalnya, salah satu single mereka dalam EP tersebut, "Forget Me Not", dijadikan lagu pembuka anime Re-Main.

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya