Sinopsis Queen Cleopatra, Serial Dokumenter yang Jadi Kontroversi karena Sang Ratu Mesir Ditampilkan sebagai Wanita Kulit Hitam

Docuseries bertajuk Queen Cleopatra ini memiliki empat episode.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 17 Apr 2023, 15:20 WIB
Diterbitkan 17 Apr 2023, 15:20 WIB
Queen Cleopatra. (Foto: Netflix)
Queen Cleopatra. (Foto: Netflix)

Liputan6.com, Jakarta Sebuah dokumenter dengan dramatisasi yang mengangkat kehidupan Cleopatra bakal tayang di Netflix pada 10 Mei 2023. Platform siaran streaming ini juga telah merilis poster film dan teaser-nya.

Docuseries bertajuk Queen Cleopatra ini memiliki empat episode. Dalam sinopsisnya, Netflix menyebutkan bahwa serial dokumenter bagian dari proyek yang mengeksplorasi kehidupan sejumlah ratu Afrika.

Musim kali ini akan menampilkan Ratu Cleopatra, wanita paling kondang, kuat, dan salah dimengerti—seorang ratu pemberani yang kecantikan dan kisah cintanya menutupi asetnya yang paling nyata: intelektualitasnya,” begitu petikan sinopsis serial dokumenter ini.

Ditambahkan, “Warisan Cleopatra telah menjadi perdebatan akademis, yang biasanya diabaikan Hollywood. Namun serial kami akan membuka kembali bagian mengagumkan dari cerita dirinya.”

Hanya saja, proyek dengan produser eksekutif Jada Pinkett Smith ini menuai pro kontra, bahkan sebelum penayangannya. Pasalnya dalam dokumenter ini ditampilkan bahwa sang Ratu Mesir tersebut berkulit hitam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Protes di Media Sosial

Queen Cleopatra. (Foto: Netflix)
Queen Cleopatra. (Foto: Netflix)

Pro kontra soal ini memenuhi media sosial. “Aku enggak peduli mermaid dimainkan orang kulit hitam, putih, atau Asia (kan itu putri duyung). Tapi Cleopatra??? Dia adalah keturunan dari orang YUNANI di Mesir. Pemilihan pemain ini tidak adil bagi orang kulit hitam,” @ lapc*** yang disukai seribu lebih pengguna Twitter.

“Cleopatra BUKAN orang Kulit hitam, dia adalah Ratu Mesir dari Yunani, dan merupakan relasi indah antara peradaban Yunani dan Mesir,” cuit pemilik akun @oul*** yang juga disukai lebih dari seribu warganet.   


Cleopatra Diperankan Adele James

Queen Cleopatra. (Foto: Netflix)
Queen Cleopatra. (Foto: Netflix)

Dalam salah satu penggalan wawancara di dokumenter ini yang jadi viral, salah satu narasumbernya mengatakan, “Aku ingat nenekku berkata kepadaku, ‘Aku tak peduli apa yang mereka katakan kepadamu di sekolah, Cleopatra adalah seorang Kulit Hitam’.”

Pemeran Cleopatra dalam dokumenter ini adalah aktris Adele James, yang sebelumnya tampil dalam serial TV Casualty. Di situs resmi Netflix, disebutkan pula wacana mengenai ras Cleopatra.

“Ras Cleopatra kemungkinan besar tidak didokumentasikan, dan identitas ibu serta kakek-nenek dari pihak ayahnya tidak diketahui. Ada spekulasi bahwa dia adalah seorang wanita Mesir asli, sementara yang lain mengatakan dia orang Yunani,” begitu pernyataan yang tertuang di situs Tudum dari Netflix.


Berangkat dari Keresahan Jada Pinkett Smith

Dalam wawancara dengan Tudum, Jada Pinkett Smith bicara bahwa proyek ini jawaban atas keresahannya mengenai kurangnya material yang bisa diakses mengenai sejarah ratu-ratu Kulit Hitam.

“Aku sangat ingin merepresentasikan wanita kulit hitam. Kami jarang mendengar kisah mengenai ratu-ratu Kulit Hitam. Begitu penting bagiku, juga untuk anak perempuan dan komunitasku untuk mengetahui soal mereka, karena jumlah mereka sangat banyak!” kata dia.

infografis journal
infografis journal 10 Film Indonesia dengan Penonton Terbanyak di Tahun 2022. (Liputan6.com/Trie Yasni)  
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya