Miss Universe Organization Minta Maaf Atas Skandal Pelecehan Seksual Yang Terjadi Saat Body Checking Miss Universe Indonesia

Organisasi Miss Universe secara terbuka meminta maaf atas apa yang terjadi saat body checking Miss Universe Indonesia 2023

oleh Hernowo Anggie diperbarui 13 Agu 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2023, 14:00 WIB
Miss Universe Indonesia 2023
Miss Universe Organization akhirnya menyampaikan klarifikasi terkait dugaan pelecehan seksual dalam penyelenggaraan Miss Universe Indonesia 2023. (Foto: Dok. Instagram @missuniverse_id)

Liputan6.com, Jakarta - Skandal pelecehan seksual yang dialami finalis Miss Universe Indonesia 2023 sampai ke telinga si empunya kontes kecantikan dunia, Miss Universe Organization.

Organisasi Miss Universe secara terbuka meminta maaf atas apa yang terjadi saat body checking Miss Universe Indonesia 2023 yang lisensinya dipegang oleh PT Capella Swastika Karya milik Poppy Capella.

Permintaan maaf itu dilayangkan Miss Universe Organization melalui akun Instagram resminya, 12 Agustus 2023, malam. Pihak Miss Universe Organization juga salut dengan keberanian para finalis membuka masalah pelecehan yang dialaminya.

"Kami mohon maaf karena ini adalah pengalaman Anda dengan organisasi kami. Kami hargai keberanian Anda untuk berbicara dan berjanji untuk melakukan yang lebih baik di masa mendatang," tulis Miss Universe Organization melalui unggahan Instagram Stories di akun Instagram terverifikasinya.


Sediakan Tempat Aman Untuk Perempuan

Lisensi Miss Universe Indonesia dan Malaysia Resmi Dicabut dari Tangan Poppy Capella, Ini Nasib Para Finalis dan Pemenang
Organisasi Miss Universe resmi mencabut lisensi Miss Universe Indonesia dan Malaysia dari tangan Poppy Capella (@missuniverse)

Kasus pelecehan yang diduga dilakukan Miss Universe Indonesia menyedot perhatian Miss Universe Organization. Mereka mengklaim menyediakan tempat aman bagi perempuan di setiap penyelenggaraan Miss Universe.

"Apa yang terjadi di kontes khusus ini (Miss Universe Indonesia) sangat bertentangan dengan semua yang kami perjuangkan sebagai sebuah organisasi," Miss Universe Organization menuliskan.


Penghentian Kerjasama

Poppy Capella
Poppy Capella pamer foto bareng Miss Universe 2023 Fabienne Nicole di tengah desakan klarifikasi kasus dugaan pelecehan seksual. (dok. Instagram @poppycapella_/https://www.instagram.com/p/Cvt7_9vRuRv/)

Dalam unggahannya itu, Miss Universe Organization juga mengumumkan penghentian kerjasama dengan Poppy Capella.

Akun Instagram resmi Miss Universe Organization mengunggah pengumuman kerjasama dengan Poppy Capella melalui fitur Instagram Stories. Ada empat unggahan yang menyatakan kerjasama Miss Universe Organization dan Poppy Capella berakhir.


Tidak Menenuhi Standar

Pihak Miss Universe Putuskan Kontrak dengan Poppy Capella Disebut karena Dugaan Pelecehan Seksual
Pihak Miss Universe Putuskan Kontrak dengan Poppy Capella Disebut karena Dugaan Pelecehan Seksual.  foto: Instagram @missuniverse

"The Miss Universe Organization telah memutuskan untuk mengakhiri hubungan dengan pemegang lisensi saat ini di Indonesia, PT Capella Swastika Karya, dan direktur nasionalnya, Poppy Capella," tulis pernyataan Miss Universe Organization. 

"Melihat apa yang kami pelajari di Miss Universe Indonesia, sangat jelas waralaba ini tidak memenuhi standar merk, etika, atau harapan kami sebagaimana diuraikan dalam buku panduan franchise dan kode etik kami," Miss Universe Organization menuliskan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya