Pemerintah Targetkan Perbaikan Jalan Selesai Akhir Juni

Kementerian Pekerjaan Umum fokus memperbaiki jalan raya dan melakukan normalisasi beberapa sungai untuk menghadapi Lebaran.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 19 Mei 2014, 17:33 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2014, 17:33 WIB
Pantura Macet Liburan
(Liputan6 TV)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menargetkan perbaikan jalan jelang lebaran akan usai pada akhir Juni 2014. Perbaikan jalan itu terutama jalur Pantura dan jalan nasional.

Wakil Menteri PU, Hermanto Dardak menjelaskan, saat ini pihaknya sudah bergerak untuk memperbaiki jalan termasuk jalur-jalur inti para pemudik.

"Kami harapkan akhir Juni sudah selesai, yang utama yang sudah selesai, Pantura terutama, tentunya juga lintas selatan, jalan-jalan nasional lah yang kami sedang tangani," kata Hermanto saat ditemui di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Senin (19/5/2014).

Hermanto menambahkan, Kementerian PU mengaku memiliki fokus perbaikan dalam dua objek untuk menghadapi musim Lebaran 2014. Selain jalan raya, Kementerian PU juga sekaligus melakukan normalisasi beberapa sungai yang melintasi jalur inti pemudik.

"Kami akan menangani jalan sekaligus menangani sungai, tempat yang memang genanganya tinggi, kita koordinasikan dulu dinormalisasi, ada beberapa sunga tadi yang terletak di pantura dan beberapa jalan inti lainnya," tegas dia.

Menanggapi komentar masyarakat yang selalu mengeluh terhadap beberapa perbaikan jalan selalu menjelang lebaran, Hermanto mengaku itu hal yang wajar.

Kementerian PU saat ini setelah melakukan normalisasi beberapa sungai kemudian akan melakukan pembangunan permanen jalan raya  dengan kualitas yang lebih terjamin.

"Ya kan kami lihat seperti yang kemarin ada banjir, kami harus tangani supaya fungsional dulu, setelah itu sekarang  sudah mulai penangan yang permanen tapi permanen pada saat lebaran dan sblumnya kita harapkan jangan ada gangguan-gangguan lagi," kata Hermanto.

Apabila nantinya masih ada beberapa jalan yang belum selesai saat lebaran, Kementerian PU bakal melanjutkan pembangunan jalan eprmanen tersebut setelah lebaran. (Yas/Ahm)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya