Penguatan Jejaring Dapat Optimalkan Jumlah Tenaga Kerja

Penguatan jejaring dinilai juga dapat meningkatkan kualitas tenaga kerja.

oleh Achmad Dwi Afriyadi diperbarui 15 Jun 2015, 12:27 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2015, 12:27 WIB
Andrinof Chaniago
Andrinof Chaniago (Liputan6.com/Andrian Martinus Tunay)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Andrinof Chaniago menegaskan, penciptaan lapangan kerja mesti mengoptimalkan jejaring antar pemangku kepentingan.

"Kata kunci yang penting kita ambil dari tema ini jejaring. Ini adalah modal sebuah negara yang penduduknya besar dan kompleks, karena setiap persoalan besar seperti penyedia lapangan kerja tidak bisa ditangani satu atau dua pihak," kata Andrinof dalam acara seminar bertajuk Penguatan Kemitraan Pemberdayaan Tenaga Kerja Muda, di Jakarta, Senin (15/6/2015).

Dia menuturkan, penguatan jejaring juga penting untuk meningkatkan kualitas para tenaga kerja. "Termasuk lapangan kerja berkualitas, termasuk membangun masyarakat wirausaha," ujar Andrinof.

Karena itu, Andrinof bilang penguatan jejaring merupakan salah satu pekerjaan rumah pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja, khususnya penguatan sistem informasi.Dia berkata, hal tersebut juga untuk mengatasi tantangan global seperti penguatan dolar Amerika Serikat (AS) yang menghantam banyak negara.

"Tantangan global penguatan dolar. Itu sangat memukul negara lain termasuk kita, pertumbuhan harus kita kejar, tapi ingin pertumbuhan menyediakan sebanyak lapangan kerja, menggerakkan sektor ekonomi. Ini perlu direspons jejaring seperti ini," tandas dia. (Amd/Ahm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya