Sempat Turun, Harga Cabai di Pasar Tradisional Kembali Naik

Selain cabai, pedagang juga mengeluhkan masih tingginya hanya bawang putih dan bawang merah.

oleh Septian Deny diperbarui 09 Apr 2018, 13:34 WIB
Diterbitkan 09 Apr 2018, 13:34 WIB
Cabai
Seorang bocah bermain dengan cabai di sebuah pasar di Jakarta, Kamis (11/1). Jika sebelumnya dijual Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu, kini harga cabai berkisar Rp 55 ribu hingga Rp 60 ribu per kilogram. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Harga cabai di pasar tradisional kembali mengalami kenaikan. Setelah sempat turun pada pekan lalu, awal pekan ini harga komoditas sayuran tersebut kembali naik.

Siti Romlah (40), salah satu pedagang sayuran di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mengatakan, pada bulan lalu harga cabai mengalami kenaikan. Kemudian di awal bulan ini harga komoditas tersebut perlahan turun. Namun kini harga cabai, khususnya rawit hijau dan cabai merah besar (TW) kembali naik.

"Kemarin sudah turun, tapi sekarang naik lagi. Rata-rata naik Rp 5.000. Kalau (rawit) merah naik sedikit, Rp 2.000. Tapi kalau (rawit merah) naik biasanya langsung cepat (kenaikannya)," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (9/4/2018).

Saat ini harga cabai rawit merah berada di kisaran Rp 46 ribu per kg, rawit hijau Rp 35 ribu per kg, cabai merah keriting Rp 40 ribu per kg dan cabai TW sebesar 53 ribu per kg.

Selain cabai, pedagang juga mengeluhkan masih tingginya hanya bawang putih dan bawang merah di pasar tersebut. Saat ini kedua komoditas ini dibanderol pada harga Rp 40 ribu per kg dan 35 ribu per kg.

"Bawang juga masih tinggi. Biasanya cuma Rp 25 ribu per, sekarang Rp 35 ribu. Malah yang (bawang) putih Rp 40 ribu," ungkap dia.

Sementara untuk komoditas sayuran lain saat ini masih cenderung stabil. Namun Romlah meminta pemerintah tetap melakukan antisipasi lonjakan harga sayuran saat musim hujan.

"Kalau hujan biasanya kan pasokannya bermasalah, entah pengirimannya ke sini yang sulit atau panennya enggak banyak. Kita sih pedagang harapannya harga stabil," tandas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daftar Harga Pangan

20170524-Jelang Ramadan, Harga Sembako Stabil-Angga
Pedagang cabai melayani pembeli di pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (24/5). Menghadapi bulan puasa, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan bahwa harga bahan pokok di pasaran terpantau stabil. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berikut daftar harga komoditas sayuran di pasar tradisional berdasarkan pantauan Liputan6.com :

- Cabai rawit hijau Rp 35 ribu per kg

‎- Cabai merah besar Rp 53 ribu per kg

- Cabai rawit merah Rp 46 ribu per kg

- Cabai merah keriting Rp 40 ribu per kg

- Bawang merah Rp 35 ribu per kg

- Bawang putih Rp 40 ribu pe‎r kg

- Tomat Rp 12 ribu per kg

- Kentang Rp 15 ribu per kg

- Wortel Rp 10 ribu per kg

- Timun Rp 8.000 per kg

- Sawi Rp 10 ribu per kg

- Kol Rp 8.000 per kg.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya