Dharma Pongrekun-Kun Wardana Usung Program Ekonomi Getuk Tular Adab hingga Beri Internet Gratis

Calon Gubernur Jakarta, Dharma Pongrekun menuturkan, pihaknya akan mengangkat program ekonomi yakni getuk tular adab.

oleh Agustina Melani diperbarui 27 Okt 2024, 22:25 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2024, 20:06 WIB
Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur nomor 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto saat membacakan visi misi di debat kedua Pilgub Jakarta 2024.
Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur nomor 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto saat membacakan visi misi di debat kedua Pilgub Jakarta 2024. (Tangkapan Layar YouTube KPU Jakarta)

Liputan6.com, Jakarta - Dalam debat pilkada, Pasangan Calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta nomor dua Dharma Pongrekun-Kun Wardhana mengangkat program unggulan yakni getuk tular adab untuk menyelesaikan persoalan ekonomi Jakarta.

"Punya program unggulan yakni getuk tular adab, suatu sistem ekonomi adam, pusaran ekonomi Jakarta akan selesaikan persoalan ekonomi Jakarta karena mengamankan ekonomi rakyat sehingga dapat bertahan, cucu hingga cicitnya,” ujar Calon Gubernur Jakarta Dharma Pongrekun saat penyampaian visi misi debat kedua pilkada, Minggu (27/10/2024).

Ia juga memastikan masyarakat Jakarta tidak terusir di tengah biaya hidup yang makin mahal dengan program unggulan meski hanya di rumah saja tetapi ekonomi bisa masuk ke pundi-pundinya.

Calon wakil gubernur Jakarta Kun Wardana menuturkan, untuk mendorong pertumbuhan inkslusif, kesetaraan dan kesejahteraan sosial perlu lompatan. Salah satunya melalui ekonomi digital dengan menyediakan internet gratis.

“Ekonomi digital memungkinkan pergerakan infrastruktur digital, internet gratis untuk setiap rumah di Jakarta. Memagari teknologi untuk menyaring konten negatif, trafik yang ada dengan regulasi,” ujar Kun.

Selain itu, paslon gubernur dan wakil gubernur Dharma Pongrekun-Kun Wardana akan membangun super app melalui aplikasi Jakarta Kini atau Jaki.

“Kita akan memberikan aplikasi dalam jaki menjadi super app menjadi super portal kesehatan, pendidikan, keuangan dan transportasi,” tutur dia.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan membuat ojek online dengan memberikan kesejahteraan lebih bagi para ojek online. “Tidak ada potongan untuk para ojol dan berikan BPJS gratis,” tutur dia.

Kun menambahkan, pihaknya akan perbaiki tata kelola dan perkuat transparansi dengan teknologi blockchain yang jamin keamanan.

"Tidak ada lagi mismanagement,pungutan liar, dan ordal yang memanipulasi data dan semua akan secure, gunakan aplikasi untuk berbagai hal. Transparansi anggaran dan pajak, dan seterusnya,” tutur dia.

 

Debat Pilkada Kedua

Ketiga Cagub Jakarta Ridwan Kamil, Dharma Pongrekun, dan Pramono Anung dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024, Minggu (6/10/2024) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.
Ketiga Calon Gubernur atau Cagub Jakarta Ridwan Kamil, Dharma Pongrekun, dan Pramono Anung dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024, Minggu (6/10/2024) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. (YouTube KPU Provinsi Jakarta)

Tiga pasangan calon atau paslon antara lain Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto, dan Pramono Anung-Rano Karno mengikuti debat kedua pilkada Jakarta, Minggu, 27 Oktober 2024.

Debat kedua Pilkada Jakarta 2024 berlangsung di Beach City International Stadium, Ancol. Tema yang diusung pada debat kedua dengan tema ekonomi dan kesejahteraan sosial.

Total ada enam sub tema dari debat kedua, berikut rinciannya:

Pertama, infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima

Kedua, pendidikan dan kesehatan.

Ketiga, penanganan ketimpangan sosial.

Keempat, pembangunan ekonomi digital dan UMKM.

Kelima, pariwisata dan ekonomi kreatif.

Keenam, inflasi bahan pokok.

KPU Umumkan 2 Moderator dan 7 Panelis Debat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta telah mengumumkan susunan dua moderator dan tujuh panelis untuk debat kedua Pilkada Jakarta 2024 yang bakal digelar malam ini, Minggu (27/10/2024).

Hal tersebut diumumkan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU DKI Jakarta, Astri Megatari. Dua moderator debat kedua Pilgub Jakarta 2024 merupakan presenter dari media swasta nasional yang berbeda.

Sementara itu, ketujuh panelis debat kedua Pilkada Jakarta 2024 terdiri atas akademisi dan praktisi dari berbagai sektor yang relevan dengan tema debat. Adapun tema debat kedua yaitu ekonomi dan kesejahteraan sosial.

Lebih lanjut, Astri juga menerangkan alasan pihaknya memindahkan lokasi debat kedua Pilgub Jakarta 2024 yang semula direncanakan di Ecovention, Ancol menjadi Beach City International Stadium, Ancol. Dia mengatakan ada kegiatan lain di lokasi awal yang menghadirkan keramaian.

"Pertimbangannya karena di dekat Ecovention ternyata ada acara festival yang penontonnya diperkirakan 20 ribu orang," kata Astri dalam keterangannya, dikutip Minggu (27/10/2024).

Daftar Moderator dan Panelis Debat Pilgub Jakarta

Kemudian, Astri memastikan tidak ada perubahan susunan acara antara debat pertama dan kedua Pilkada Jakarta 2024. Debat pilkada akan dimulai pada pukul 19.00 WIB.

"Susunan acara tidak ada perubahan tetap 6 segmen, dengan pembagian segmen sama seperti debat pertama," ucap Astri.

Dua moderator untuk debat kedua Pilgub Jakarta 2024:

1. Frisca Clarissa

2. Rivana Pratiwi

Tujuh panelis debat kedua Pilgub Jakarta 2024:

1. Dr.dr.Taufiq F Pasiak, M.Kes., M.Pd.I., MH

2. Dr. Tauhid Ahmad

3. Timboel Siregar, SSi, SH, MM

4. Dimas Oky Nugroho, S.IP, M.Phil., Ph.D

5. Prof. Dr. Arif Satria, S.P, M.Si

6. Felicia Putri Tjiasaka, B.Sc, CFA

7. Dr. M. Imdadun Rahmat, M.Si

Infografis Jurus Pemerintahan Prabowo - Gibran Capai Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jurus Pemerintahan Prabowo - Gibran Capai Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya