Perbasi Gelar Liga Basket 3x3 Profesional

Indonesia menjadi negara Asia-Pasifik kelima yang menggelar 3x3.EXE Premier.

oleh Thomas diperbarui 04 Feb 2020, 10:15 WIB
Diterbitkan 04 Feb 2020, 10:15 WIB
Perbasi Gelar Liga Basket 3x3 Profesional
Perbasi Gelar Liga Basket 3x3 Profesional (Thomas/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta- Perbasi semakin serius menggarap cabang olahraga basket 3x3 di Indonesia. Perbasi akan menggelar liga 3x3 profesional pertama di Indonesia yakni 3x3.EXE Premier mulai Agustus mendatang.

Kompetisi ini akan menjadi bagian dari 3x3.EXE Premier yang sudah digelar di Jepang sejak 2014 lalu. Empat tim yang lolos ke final four akan berlaga di Jepang.

Indonesia menjadi negara kelima yang menggelar 3x3.EXE Premier. Selain Jepang dan Indonesia, ajang bergengsi ini juga diadakan di Thailand, Chinese Taipei dan Selandia Baru.

3x3.EXE Premier di Indonesia akan berlangsung setidaknya tiga musim. Pada musim pertama sebanyak 12 tim pro 3x3 akan ikut serta. Satu tim diantaranya berasal dari tim yang berhasil lolos di babak kualifikasi yang akan diadakan di beberapa kota besar di Indonesia.

Ke-12 tim ini akan dibagi menjadi dua wilayah (masing-masing enam). Mereka bakal bertanding di delapan seri. Dua tim terbaik dari masing-masing wilayah akan lolos le final four.

Tim yang lolos final four akan ikut 3x3.EXE Premier di Jepang pada bulan September nanti. Mereka akan berhadapan dengan tim-tim dari empat negara lainnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


100 Juta

Adapun 3x3.EXE Premier Indonesia menyediakan hadiah Rp 100 juta untuk yang menjadi juara utama. Setiap tim yang jadi juara seri juga akan mendapatkan Rp 10 juta.

"Adanya liga ini akan sangat membantu program 3x3 PP Perbasi dalam rangka target menuju Olimpiade 2024. Untuk bisa masuk Olimpiade 2024, Indonesia harus aktif mengadakan kompetisi 3x3 dan harus sering mengirim tim bertanding di ajang 3x3 yang digelar FIBA," kata Rama Datau selaku ketua 3x3 PP Perbasi.

"Timnas 3x3 kita kemarin mendapat perak di SEA Games 2019 untuk putra. 3x3 punya target agar lebih berprestasi lagi ke depannya. Agenda terdekat Piala Asia 3x3 bulan Mei. Target kita tahun ini lolos pool sebelumnya tidak pernah," lanjut Rama Datau.


Gairahkan 3x3

Kehadiran Liga 3x3.EXE Premier ini diharapkan semakin menggairahkan bola basket tiga melawan tiga. Saat ini basket 3x3 masih kekurangan pemain.

"Saya senang Liga 3x3 akan berjalan. Saya memang sejak dulu ingin ada kompetisi 3x3. Agar para pemain bisa rutin bertanding. Sekarang kan mencari pemain dan pelatih yang benar-benar mengerti 3x3 masih susah. Dengan adanya 3x3.EXE ini semoga semakin banyak yang mengenal betul 3x3," tutur Ketua umum Perbasi Danny Kosasih.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya