Tak Cuma MotoGP, Mandalika Juga Gelar Balap Sepeda L'Etape Awal 2022

Balap sepeda bergengsi L'Etape Indonesia akan digelar awal 2022 di Mandalika setelah tertunda hampir dua tahun.

oleh Thomas diperbarui 31 Okt 2021, 19:30 WIB
Diterbitkan 31 Okt 2021, 19:30 WIB
Balap sepeda bergengsi L'Etape Indonesia siap digelar Februari 2022
Balap sepeda bergengsi L'Etape Indonesia siap digelar Februari 2022 (Ist)

Liputan6.com, Jakarta- Kawasan Mandalika di Nusa Tenggara Barat bakal meriah dengan agenda olahraga di tahun 2022 nanti. Selain ajang MotoGP 2022 seri kedua, bakal ada ajang balap sepeda internasional L'Etape Indonesia.

L’Etape Indonesia by Tour de France sudah dipastikan akan digelar pada 20 Februari 2022 di Kuta Mandalika Lombok. Ajang bergengsi ini sempat tertunda selama hampir dua tahun karena pandemi virus corona Covid-19.

Karena pandemi Covid-19 masih belum sepenuhnya berakhir, L’Etape Indonesia by Tour de France akan dimodifikasi dengan digelar secara hybrid atau ada yg offline dan online. Panitia menargetkan 1.500 pesepeda akan ikutan L’Etape Indonesia by Tour de France secara offline alias hadir langsung di Mandalika.

Situasi pandemi Covid-19 juga membuat L’Etape Indonesia 2022 hanya akan diikut pesepeda lokal. Padahal seharusnya L’Etape Indonesia bisa diikuti peserta dari luar negeri.

"Saat ini sudah ada 1.100 peserta yang memastikan ikut. Sudah 70 persen dari target. 500 peserta dari luar sebenarnya sudah ikut mendaftar jika tak tertunda tahun 2020 lalu. Kita terpaksa refund karena ada peraturan wajib karantina saat masuk Indonesia," ujar Zacky Badrudin selaku Event Director L’Etape Indonesia by Tour de France.

Pemenang L’Etape Indonesia di Mandalika rencananya akan dibawa untuk mengikuti balap sepeda di Prancis yakni L'Etape pusat.


Dukungan

L'Etape Indonesia siap digelar Februari 2022
L'Etape Indonesia siap digelar Februari 2022

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mendukung penuh pelaksanaan L'Etape Indonesia 2022. Sandi berharap ajang ini jadi momentum kebangkitan sport tourism di Indonesia.

“Mengadakan event berskala Internasional dengan konsep sport tourism di kawasan pariwisata prioritas seperti Kuta Mandalika memang menjadi target Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang tentunya akan berpengaruh untuk industri pariwisata dan membangkitkan sektor ekonomi kreatif di Indonesia. Event seperti ini patut kita tunggu. Pesan saya kepada penyelenggara acara, tetap patuhi protokol Kesehatan sesuai CHSE yang berlaku. Ajang ini juga bisa jadi pemanasan sebelum Mandalika menggelar MotoGP," tutur Sandi yang juga mempertimbangkan untuk ikut serta pada balapan L'Etape Indonesia.


Gowes Bareng

Menyambut akan bergulirnya L'Etape Indonesia 2022, panitia mengadakan pra-event. Pada Minggu (31/10/2021) diadakan acara gowes bareng dan peluncuran sepeda lipat edisi L’Etape Indonesia yang berkolaborasi dengan brand Pro Action.

“Acara gowes bareng dan peluncuran sepeda lipat edisi khusus L’Etape Indonesia yang berkolaborasi dengan Pro Action ini menjadi pembuka rangkaian acara L’Etape Indonesia by Tour de France. Karena nantinya kami juga akan melakukan acara gowes bareng komunitas di Nusa Dua Bali pada 6 & 7 November 2021, dan Yogyakarta pada 4-5 Desember 2021 mendatang ,” jelas Zacky.

Sandiaga turut serta memeriahkan acara gowes bareng ini. Acara gowes ini juga diikuti Sandiaga dengan rute melintas kawasan Kuningan-Thamrin-Kota Tua dan Finis di Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya