Belum Tampil di Piala Dunia 2022, Neymar Jr Malah Terancam Masuk Penjara

Neymar Jr terseret kasus dugaan penipuan transfer. Dia terancam gagal tampil di Piala Dunia 2022.

oleh Muhammad Yanto diperbarui 16 Okt 2022, 00:01 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2022, 00:01 WIB
Foto: 5 Penyerang Termahal yang Sudah Dipastikan Mendapatkan Tempat di Piala Dunia 2022 Qatar
Brasil jadi negara keempat yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 menyusul Denmark, Jerman, dan tuan rumah Qatar. Hal tersebut tak lepas peran Neymar Jr sebagai striker andalan Selecao. Penyerang PSG tersebut diketahui saat ini memiliki nilai pasar sebesar Rp1,4 Triliun. (AFP/Nelson Almeida)

Liputan6.com, Jakarta - Megabintang Timnas Brasil, Neymar Jr terancam hukuman penjara dua tahun. Hal ini juga bisa mengancam keikutsertaanya pada Piala Dunia 2022 Qatar yang tinggal sebulan lagi digelar.

Sebabnya, Neymar tersangkut kasus dugaan penipuan transfernya dari Santos ke Barcelona pada 2013.

Neymar dan Barcelona akan datang sebagai pihak tergugat Senin depan. Mereka digugat oleh firma investasi asal Brasil, DIS.

Kasus ini juga menyeret pihak lain sebagai tertuduh, mulai orang tua Neymar, dua mantan presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu dan Sandro Rosell, serta eks presiden Santos, Odilio Rodrigues.

Penyelidikan dimulai pada 2015 lalu. DIS, perusahaan Brasil yang memiliki 40 persen hak olahraga sang pemain ketika berada di Santos, mengajukan gugatan.

Saat transfer Neymar terjadi, Barcelona mengklaim nilai transfer 'hanya' 57,1 juta euro atau Rp 859 miliar. Sebanyak 40 juta euro (Rp 602 miliar) dibayarkan ke keluarga Neymar, dan sisanya diberikan ke Santos. DIS hanya menerima 40 persen dari 17,1 juta euro yang diterima Santos atau sekitar 6,84 juta euro (Rp 103 miliar).

Hal ini yang membuat DIS keberatan dan menggugat Neymar, Barcelona, dan Santos ke pengadilan, karena nilai transfer sang bomber diduga lebih dari angka yang sebenarnya disepakati.

“Hak kepemilikan Neymar tidak dijual ke penawar tertinggi. Ada klub yang menawarkan lebih dari 60 juta euro,” kata pengacara DIS, Paulo Nasser, dilansir NDTV.

Piala Dunia 2022 akan berlangsung pada 20 November hingga 18 Desember. Ini akan menjadi Piala Dunia pertama yang berlangsung pada musi dingin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dua Tahun Penjara

Momen Messi Redam Kesedihan Neymar
Penyerang Brasil, Neymar dirangkul rekannya Marquinhos usai pertandingan melawan Argentina pada final Copa America 2021 di stadion Maracana di Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (11/7/2021). Ia menangis usai Brasil dikalahkan Argentina 1-0. (AFP/Nelson Almeida)

Jika terbukti bersalah, penyerang Paris Saint-Germain itu bisa menghadapi dua tahun penjara dan denda 10 juta euro (9,7 juta dolar AS).

Neymar diharapkan hadir di pengadilan ketika persidangan dibuka, meskipun kehadirannya belum dikonfirmasi secara resmi. Dia akan bersaksi pada 21 Oktober atau 28 Oktober.

Jadwal itu sekitar tiga pekan sebelum Piala Dunia dimulai pada 20 November, dengan Neymar memimpin Brasil ke pertandingan pembuka Grup G melawan Serbia empat hari kemudian.


Kasus yang Rumit

Foto: 6 Pemain dengan Koleksi Gol Terbanyak di Piala Dunia yang Berpeluang Menambah Torehannya di Qatar Nanti
Neymar. Sayap kiri Timnas Brasil berusia 30 tahun yang sejak awal musim 2017/2018 memperkuat PSG ini menjadi salah satu pemain aktif dengan koleksi gol terbanyak di ajang Piala Dunia dengan 6 gol dari total 10 laga dalam 2 edisi Piala Dunia. Rinciannya adalah 4 gol dicetaknya pada Piala Dunia 2014 dan 2 gol lagi dicetaknya pada edisi 2018 di Rusia lalu. Secara keseluruhan, Neymar telah mencetak 75 gol dari 121 laga bersama Timnas Brasil, hanya terpaut 2 gol dengan pemegang rekor gol terbanyak Brasil, Pele dengan 77 gol. (AP/Christophe Ena)

Transfer Neymar pada 2013 juga menarik perhatian otoritas Spanyol yang membuka penyelidikan penggelapan pajak ke Barcelona. Pada tahun 2016, mereka mencapai kesepakatan dengan klub yang setuju untuk membayar denda 5,5 juta euro untuk menghindari persidangan.

Pengacara Neymar bersikeras klien mereka tidak bersalah, mengatakan 40 juta euro adalah "bonus penandatanganan legal yang normal di pasar transfer sepak bola".

Namun, sejarah rumit Neymar dengan Barca tidak berakhir di situ. Sang bintang memutuskan hengkang ke Paris Saint-Germain pada 2017. Itu memicu serangkaian perselisihan hukum, dengan Barcelona menahan bonus perpanjangan kontraknya dan menuntut pemain tersebut karena melanggar kontrak.

Neymar menggugat balik. Kedua belah pihak akhirnya mencapai penyelesaian di luar pengadilan pada tahun 2021.


Piala Dunia Terakhir Neymar

Foto: Lionel Messi Cetak Gol Indah Bersama Argentina, Neymar Berikan Dua Assist ke Richarlison
Neymar jadi pemain paling merepotkan bagi Ghana sepanjang pertandingan. Pergerakan gesit Neymar membuat barisan bek Ghana kelimpungan. (AFP/Damien Meyer)

Neymar sebelumnya telah mengisrayatkan Piala Dunia 2022 adalah kesempatan terakhir baginya. Pemain yang telah mencatat 113 caps dan 69 gol untuk timnas Brasil ini tak yakin karier internasionalnya lebih panjang.

"Saya pikir Piala Dunia 2022 adalah yang terakhir untuk saya. Saya melihatnya sebagai yang terakhir karena saya tidak tahu apakah saya memiliki kekuatan mental untuk berurusan dengan sepak bola lagi," kata Neymar.

"Jadi, saya akan melakukan segalanya untuk tampil baik, melakukan segalanya untuk menang dengan negara saya, untuk mewujudkan impian terbesar saya sejak masih kecil. Saya harap bisa melakukannya," sambungnya.


Grup Brasil

Foto: Lionel Messi Cetak Gol Indah Bersama Argentina, Neymar Berikan Dua Assist ke Richarlison
Seangkan kompatriot Messi di PSG, Neymar juga tampil apik saat Brasil menundukan Ghana dengan skor meyakinkan 3-0. Neymar bisa membuktikannya ke publik bahwa ia bukanlah seorang yang egois dalam mencetak gol. Buktinya kali ini, Neymar memberikan dua assistnya kepada Richarlison. (AFP/Damien Meyer)

Brasil selalu menjadi tim favorit juara, begitu pula untuk Piala Dunia 2022 nanti yang akan digelar di Qatar. Brasil adalah pemenang trofi terbanyak Piala Dunia. Total, Tim Samba meraih lima gelar Piala Dunia. Terakhir, mereka meraihnya pada Piala Dunia 2002 silam.

Di Piala Dunia 2022, Brasil tergabung di Grup G bersama Serbia, Swiss dan Kamerun. Berikut ini jadwal pertandingan grup mereka:

 

Jumat, 25 November 2022

02:00 WIB: Brasil vs Serbia

Senin, 28 November 2022

23:00 WIB: Brasil vs Swiss

Sabtu, 3 Desember 2022

02:00 WIB: Kamerun vs Brasil

Infografis Grup G Piala Dunia 2022
Infografis Grup G Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya