Final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis: Mantan Bek MU Beber Cara Hentikan Lionel Messi

Mantan bek MU Mikel Silvestre beberkan cara Prancis bisa menutup peluang Lionel Messi saat menghadapi Argentina di final Piala Dunia 2022.

oleh Defri Saefullah diperbarui 18 Des 2022, 18:00 WIB
Diterbitkan 18 Des 2022, 18:00 WIB
Foto: Ragam Selebrasi Lionel Messi saat Tendang Belanda dari Piala Dunia 2022, dari Sindir van Gaal hingga Peluk Emiliano Martinez
Pemain Argentina, Lionel Messi merayakan gol kedua timnya ke gawang Belanda yang dicetak melalui eksekusi tendangan penalti saat perempat final Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Lusail, Jumat (09/12/2022) waktu setempat. Laga yang awalnya imbang 2-2 hingga extratime 2x15 menit, dimenangkan oleh Argentina pada babak adu penalti dengan skor 4-3. (AP/Ariel Schalit)

Liputan6.com, Jakarta Mantan bek Manchester United atau MU, Mikael Silvestre meyakini hanya ada satu cara untuk menghentikan Lionel Messi saat Prancis menghadapi Argentina di final Piala Dunia 2022. Duel yang akan disiarkan SCTV, Indosiar, Vidio, NEX Parabola dan MOji ini akan digelar di stadion Lusail Iconic, Minggu (18/12/2022) mulai pukul 22.00 WIB.

Silvestre. yang juga pernah membela Prancis di Piala Dunia 2006, mengatakan Les Bleus juga harus mewaspadai pemain di sekitar Messi. Secara khusus, dia mehyoroti pergerakan Enzo Fernandez dan Alexis Mac Allister.

Messi tampil luar biasa di Piala Dunia 2022. Dia sudah mencetak 5 gol dan 3 assist dengan Argentina. Messi berpeluang rebut sepatu emas sekaligus juara dunia di Piala Dunia kali ini.

Prancis juga punya lini serang bagus. Ada Kylian Mbappe, Olivier Giroud dan Antoine Griezmann, tapi pertahanan Prancis hanya mampu clean sheet satu kali saja.

"Pertama-tama, Anda harus hentikan para penyuplai bola untuk Messi," kata mantan bek Man Utd ini seperti dikutip Metro.

"Penting buat pemain Prancis untuk dekat dengan dia sebelum dia menerima bola. Jangan terlambat, karena dia terlalu bagus."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jangan Pelanggaran

Foto: Deretan Rekor yang Dicapai Lionel Messi setelah Argentina Sikat Kroasia di Semifinal Piala Dunia 2022
Dengan tambahan satu golnya ke gawang Kroasia, Lionel Messi telah mencetak total 5 gol di Piala Dunia 2022. Jika diakumulasikan dengan raihan golnya dalam 4 edisi Piala Dunia sebelumnya, maka ia total telah mencetak 11 gol dalam 25 laga di Piala Dunia, melewati rekor Gabriel Batistuta sebagai pemain Argentina dengan jumlah gol terbanyak di Piala Dunia dengan 10 gol. (AP Photo/Frank Augstein)

Silvestre paham sulit untuk merebut bola dari Lionel Messi. Namun pemain Prancis bisa menutup ruang gerak Messi.

"Nyaris mustahil untuk merebut bola dari Messi saat badannya membelakangi lawan. Biasanya lawan jadi membuat pelanggaran, kami harus pastikan untuk menutup ruang saat dia dapatkan bola," kata Silvestre.

"Saya pikir Prancis akan menang karen akami sangat disiplin, jadi kami pikir kami punya sedikit keuntungan. Hati saya juga bilang Prancis bisa menang."

 


Diganggu Virus

Senyum dan Tawa Pemain Prancis di Sesi Latihan Jelang Final Piala Dunia 2022
Pemain Prancis Jordan Veretout, Kylian Mbappe, Marcus Thuram, Ousmane Dembele, Jules Koounde, dan Eduardo Camavinga dari Prancis tersenyum saat sesi latihan di stadion Jassim Bin Hamad di Doha, Qatar, Jumat (16/12/2022). Prancis akan melawan Argentina pada pertandingan final Piala Dunia 2022 di Lusail Iconic Stadium, Minggu (18/12/2022). (AP Photo/Christophe Ena)

 

Persiapan Prancis jelang final Piala Dunia 2022 sedikit terganggu. Itu karena ada virus yang menyerang pemain.

Teranyar bek Raphale Varane dan Ibrahima Konate yang dihadang virus. Untungnya Adrien Rabiot dan Dayot Upamecano bisa kembali tampil.

"Sangat bagus kalau RAbiot main lagi karena dia sangat bagus di turnamen ini. Dia sangat penting untuk mengontrol lini tengah dan kami butuh itu," katanya.


Bukan Duel Messi vs Mbappe

Messi
Lionel Messi dan Kylian Mbappe bertemu di Piala Dunia 2018. (AFP/Luis Acosta)

Pelatih Argentina, Lionel Scaloni mengatakan duel ini merupakan duel antar tim bukan sekadar individu. Dia mengatakan banyak pemain yang terlibat, bukan sekadar dua megabintang PSG itu.

"Duel nanti Argentina melawan Prancis, ini lebih dari sekadar Messi melawan Mbappe. Kami tentu berharap pertandingan bisa kami menangkan," katanya seperti dikutip Marca.

"Banyak pemain yang bisa menentukan pertandingan final nanti."


Wabah Flu Prancis

Prancis Melaju ke Final Piala Dunia 2022 Usai Kalahkan Maroko
Penyerang Prancis, Randal Kolo Muani diberi selamat oleh rekan satu timnya setelah mencetak gol kedua timnya ke gawang Maroko selama pertandingan semifinal Piala Dunia 2022 di Maroko di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar, Kamis (15/12/2022). Prancis menang atas Maroko dengan skor 2-0. (AP Photo/Petr David Josek)

Scaloni juga ditanyai terkait wabah flu yang mendera skuad Prancis jelang laga final nanti. Dia mengaku tak tahu betul kebenaran soal itu karena dia juga memang hanya fokus dengan tim.

"Terkait virus yang menyerang pemain Prancis, saya tak bisa bicara apa-apa karena belum ada yang resmi," kata Scaloni.

"Kami mempersiapkan pertandingan terkait bagaimana mereka akan main dan bagiaman kami ingin main."

Piala Dunia 2022 Qatar tidak hanya menampilkan duel yang menarik, tapi juga ada banyak masalah di dalamnya. Salah satunya yaitu kesulitan dapat tiket yang dialami fans Maroko saat melawan Portugal.

Fans Argentina pun dikabarkan kesulitan untuk menonton duel final nanti. Dikhawatirkan fans Argentina masuk stadion tanpa tiket resmi.

"Saya prihatin, ini sesuatu yang di luar kekuatan kami. Saya ingin fans ada di sana, stadion punya kapasitas," kata Scaloni.

"Saya berharap sebagian besar fans bisa masuk dan bersenang-senang. Kami punya fans terbaik di dunia dan karena satu atau lain alasan mereka butuh kesenangan dan kami akan berikan kepada mereka."

Infografis Perang Bintang Top Skor dan Assist Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022
Infografis Perang Bintang Top Skor dan Assist Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya