Bola Ganjil: Niat Pecat Nggak Sih? Radomir Antic 3 Kali Terusir dari Atletico Madrid

Ibarat pasangan, mereka coba bertahan dan menjalankan hubungan. Apalagi relasi tersebut memang terbukti positif. Tapi pada dasarnya tidak berjodoh, kedua pihak harus bercerai berkali-kali.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 17 Feb 2023, 00:30 WIB
Diterbitkan 17 Feb 2023, 00:30 WIB
Foto: Peringkat 5 Manajer Terburuk dalam Sejarah Barcelona, Ronald Koeman Terbaru
Radomir Antic menangani Atletico Madrid dalam tiga periode. (AFP/Andrej Isakovic)

Liputan6.com, Jakarta - Ibarat pasangan, mereka coba bertahan dan menjalankan hubungan. Apalagi relasi tersebut memang terbukti positif. Tapi pada dasarnya tidak berjodoh, kedua pihak harus bercerai berkali-kali.

Radomir Antic sukses mempersembahkan berbagai prestasi bagi Atletico Madrid. Sayang capaian tersebut terjadi ketika klub dipimpin Jesus Gil yang hobi memetuk palu pemecatan. Periode pertama romansa Antic dan Atletico hadir 1995-1998. Pada musim pertamanya, dia sukses mengangkat tim yang sebelumnya hanya satu poin di atas zona degradasi.

Tidak tanggung-tanggung, Antic langsung mempersembahkan gelar ganda. Atletico Madrid dibawanya mengakhiri penantian 19 tahun dengan menduduki takhta La Liga. Antic juga mempersembahkan gelar Copa del Rey usai menaklukkan Barcelona asuhan Johan Cruyff pada partai puncak.

Musim berikutnya, kinerja Atletico Madrid bersama Antic mengalami penurunan. Dengan partisipasi di Liga Champions membagi konsentrasi, Los Colchoneros cuma menduduki posisi lima klasemen akhir Liga Spanyol. Atletico juga terhenti di perempat final Copa del Rey dan Liga Champions.

Edisi berikutnya, Atletico Madrid menuntaskan La Liga di peringkat tujuh. Meski tim sukses mencapai semifinal Piala UEFA, Gil kecewa berat melihat catatan tersebut. Pasalnya, dia sudah mengeluarkan banyak uang untuk merekrut Christian Vieri dan Juninho.

Gil pun memberhentikan Antic dan menggantinya dengan Arrigo Sacchi, sosok yang membawa AC Milan berjaya dan membantu Italia lolos final Piala Dunia 1994.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengganti Andalan

ilustrasi bola ganjil
bola ganjil (Liputan6.com/Abdillah)

Antic tidak lama pergi dari Vicente Calderon. Sacchi dipecat usai jornada ke-22 musim 1998/1999 dengan posisi tim di paruh bawah klasemen. Setelah Carlos Sanchez Aguiar bekerja sebagai caretaker di lima laga, Antic melatih tim pada 11 pertandingan sisa La Liga.

Sayang kali ini dia gagal mengangkat tim. Rapor Atletico dalam kurun itu adalah tiga kemenangan, empat imbang, dan empat kalah. Tim berada di posisi 13, sama seperti ketika Antic memulai periode kedua kepelatihannya.

Pada ajang lain, Atletico memang lolos ke final Copa del Rey. Namun mereka kalah telak 0-3 dari Valencia arahan Claudio Ranieri.

 


Sedang Tidak Stabil

ilustrasi BOLA GANJIL
BOLA GANJIL (Liputan6.com/Abdillah)

Hasil tersebut meyakinkan Gil untuk kembali melepas Antic dan mempekerjakan Ranieri. Namun, sang pemimpin kembali berpaling ke Antic untuk menyelamatkan tim.

Saat itu Atletico sedang berantakan. Di lapangan mereka terdampar di peringkat 17 sehingga Ranieri dipecat pada 1999/2000. Sementara kondisi klub sedang tidak stabil dan krisis keuangan.

Antic gagal mengangkat Los Colchoneros keluar dari situasi sulit ini. Kekalahan pada laga pertamanya setelah kembali menempatkan klub di zona mereka. Setelah itu mereka tidak pernah keluar dari sana dan akhirnya terdegradasi.

Uniknya, Antic masih dapat membawa Atletico menembus partai puncak Copa del Rey. Walau, lagi-lagi mereka kembali takluk kali ini di hadapan Espanyol.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya