Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2024: Italia dan Inggris Sama-Sama Tersandung

Inggris dan Italia sama-sama tidak bisa meriah kemenangan setelah cuma bermain imbang di Kualifikasi Piala Eropa 2024.

oleh Thomas diperbarui 10 Sep 2023, 05:45 WIB
Diterbitkan 10 Sep 2023, 05:42 WIB
Makedonia Utara vs Italia, Kualifikasi Euro 2024
Penyerang Timnas Italia, Ciro Immobile (kanan), coba ditahan oleh pemain Makedonia Utara, Jani Atanasov (kiri), dalam laga Grup C Kualifikasi Euro 2024 di National Arena Todor Proeski, Skopje, Makedonia Utara, Minggu (10/9/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Boris Grdanoski)

Liputan6.com, Jakarta- Dua tim unggulan di Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2024 Italia dan Inggris sama-sama gagal meraih kemenangan pada laga hari Sabtu (9/9/2023) waktu setempat. Kedua tim harus puas cuma meraih satu poin.

Dijamu Makedonia Utara di Todor Proeski Arena, Italia dipaksa bermain imbang 1-1. Main di kandang sendiri membuat Makedonia Utara berani menekan Italia.

Peluang emas pertama di laga ini diraih Makedonia Utara melalui Bojan Miovski. Sayangnya tembakan Bojan lewat serangan balik cepat masih meleset dari sasaran.

Italia balas mengancam beberapa menit kemudian lewat gelandang Sandro Tonali. Akan tetapi aksi pemain baru Newcastle United ini masih terkena tiang gawang.

Sesaat kemudian, Italia mengancam lagi melalui Bryan Cristante. Tapi tembakannya dari jarak dekat masih mudah diamankan kiper Makedonia Utara Stole Dimitrievski.

Makedonia Utara kembali mendapat peluang memecah keunggulan di babak pertama melalui Eljif Elmas. Tendangan jarak jauh Elmas memaksa kiper Italia Gianluigi Donnarumma jatuh bangun menyelamatkan gawangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berbalas Gol di Babak Kedua

Babak kedua baru berjalan dua menit Italia memecah kebuntuan. Striker Ciro Immobile sukses menjebol gawang Makedonia Utara.

Italia melewatkan peluang bagus menambah keunggulan melalui Tonali dan Nicolo Zaniolo di pertengahan babak kedua. Kegagalan memanfaatkan peluang ini harus dibayar mahal oleh Gli Azzurri.

Justru Makedonia Utara yang bisa menyamakan skor sembilan menit sebelum peluit panjang ditiup wasit. Enis Bardhi menjadi mimpi buruk bagi Italia setelah menjebol gawang Donnarumma di menit 81. Skor 1-1 bertahan sampai peluit panjang ditiup wasit.


Inggris Juga Gagal Menang di Kualifikasi Piala Eropa 2024

Zinchenko merayakan gol ke gawang Inggris di Kualifikasi Piala Eropa 2024
Zinchenko merayakan gol ke gawang Inggris di Kualifikasi Piala Eropa 2024 (AFP)

Sementara itu, Inggris juga harus puas berbagi angka ketika dijamu Ukraina di Tarczynski Arena, Polandia. The Three Lions dipaksa bermain imbang 1-1.

Inggris sebenarnya mengendalikan jalannya permainan. Namun mereka kecolongan di menit 26. Pemain Arsenal Oleksandr Zinchenko mencetak gol setelah menuntaskan umpan tarik dari Yukhym Konoplia.

Pasukan Gareth Southgate agak kesulitan mengejarnya. Inggris baru bisa menyamakan skor pada menit 41 melalui gol dari bek Kyle Walker yang menyelesaikan umpan dari striker Harry Kane.

Inggris nyaris berbalik unggul di awal babak kedua bila saja tendangan yang dilepaskan oleh Bukayo Saka tidak membentur mistar gawang. Harry Maguire juga melewatkan peluang bagus untuk menceta gol kemenangan di menit akhir.

Dengan hasil-hasil ini Inggris masih memuncaki klasemen Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2024 dengan 13 poin. Ukraian ada di urutan dua dengan tujuh angka. Sedangkan Italia terpuruk di posisi tiga dengan empat poin.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya