Indonesia Segera Miliki Liga Basket 3x3 Pertama

Liga Basket 3x3 pertama di Indonesia akan segera hadir. Road to liga sudah dilaksanakan di Green Sedayu Mall Jakarta

oleh Thomas diperbarui 08 Okt 2023, 16:08 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2023, 11:35 WIB
Road to 3X3 Indonesia League
Road to 3X3 Indonesia League digelar di Green Sedayu Mall Jakarta

Liputan6.com, Jakarta- Bola basket 3x3 terus naik daun di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Semakin banyak anak muda yang memainkannya. Sayangnya liga resmi untuk 3x3 masih belum ada. Kerinduan tersebut akan segera berakhir. Dalam waktu dekat Liga 3X3 pertama di Indonesia akan segera hadir.

Langkah awal menghadirkan Liga 3x3 pertama yang akan dimiliki Indonesia sudah dilakukan pada awal Oktober 2023 ini dengan menggelar Road to 3X3 Indonesia League (Road to 3XL) digelar di Green Sedayu Mall Jakarta mulai 7 Oktober 2023.

Tahap pertama Road to 3X3 Indonesia League ini berlangsung sampai 18 Oktober 2023. Tahap kedua pada Juli-Agustus 2024 yang rencana dilangsungkan di luar Jakarta.

Diharapkan event ini menjadi salah satu bentuk nyata konsistensi Indonesia dalam mendulang poin, baik poin federasi ataupun poin pemain di FIBA. Poin tersebut nantinya akan berhubungan erat dengan kehadiran Indonesia di event-event resmi milik FIBA.

Dengan kategori yang mencakup Under-16, Under-20, Corporate, dan Elite, Road to 3XL menawarkan panggung yang unik bagi pemain di semua tingkatan usia dan tingkat keahlian.

Rizky Julian Rifai selaku Direktur Basket-ID menjelaskan bahwa Road to 3XL ini merupakan langkah awal dari Basket-ID untuk mengembalikan minat masyarakat dalam meramaikan olahraga 3X3 di Indonesia.

“Pada awal kemunculan olahraga 3X3, Indonesia pernah menjadi salah satu kekuatan yang diperhitungkan di kancah internasional. Rangkaian acara Road to 3XL merupakan upaya pertama Basket-ID untuk kembali menggairahkan 3X3 di Indonesia.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tercatat di Website FIBA

Road to 3X3 Indonesia League  digelar di Green Sedayu Mall Jakarta
Road to 3X3 Indonesia League digelar di Green Sedayu Mall Jakarta

Acara ini diselenggarakan dengan tujuan utama untuk memajukan dan mengembangkan olahraga basket 3 lawan 3 di Indonesia. Selain itu, acara ini akan dihadiri oleh sejumlah pemangku kepentingan bolabasket dan tercatat secara resmi di website FIBA sehingga Road to 3XL juga dapat berfungsi sebagai ajang unjuk gigi untuk pemain berbakat yang dapat mewakili Indonesia dalam kompetisi basket 3X3 internasional di masa depan.

“Dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk komunitas basket lokal, perusahaan, dan federasi, Road to 3XL diharapkan akan menjadi acara olahraga yang sangat menarik dan berkesan. Ini adalah kesempatan emas bagi pemain muda untuk menunjukkan bakat mereka dan menginspirasi generasi berikutnya dalam dunia basket”, tutup Rizky.


Klub IBL di Liga 3x3 Indonesia

Untuk Liga 3x3 pertama di Indonesia sendiri, pesertanya nantinya merupakan klub yang bukan merupakan peserta IBL. Namun jika klub IBL ingin ikut serta maka mereka harus memakai nama lain.

“Untuk pemain juga. Misalnya ada pemain IBL atau profesional mau ikut itu boleh. Tapi harus harus libur satu tahun dari IBL. Ini agar bisa mendapatkan bakat-bakat baru. Kami lebih fokus ke mereka. Referensinya ke pemain-pemain amatir. Kalau baru banget bermain IBL tidak bisa," imbuh Rizky.

Rencananya Liga 3x3 ini bakal memakai kompetisi penuh. Pilihannya jumlah peserta adalah lima tim, delapan tim atau maksimal 12. Liga ini direncanakan berlangsung selama enam pekan sebelum masuk ke babak play-off.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya