Striker Timnas Indonesia Dimas Drajad Top Skor Kualifikasi Piala Dunia 2026, Erick Thohir Beri Pesan Ini

Dimas Drajad berhasil menjadi top skor sementara kualifikasi Piala Dunia 2026 mengungguli Neymar. Ketua Umum PSSI Erick Thohir langsung beri pesan.

oleh Defri Saefullah diperbarui 14 Okt 2023, 00:02 WIB
Diterbitkan 14 Okt 2023, 00:02 WIB
Muhammad Dimas Drajad
Muhammad Dimas Drajad mencetak tiga gol saat Timnas Indonesia mencukur habis Brunei Darussalam dengan skor 6-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (12/10/2023). (Abdul Aziz/Bola.com)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia menang besar 6-0 atas Brunei Darussalam pada leg pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran satu zona Asia di stadion Gelora Bung Karno, Kamis (12/10/2023). Tiga dari enam gol Timnas Indonesia diborong striker Garuda Dimas Drajad.

Striker Persikabo 1973 ini mencetak hattrick pada menit ke-7, 72 dan 92. Hattrick ini membawa dia menjadi top skor sementara kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dia bahkan mengguli Lionel Messi dan Neymar yang juga memperkuat Argentina dan Brasil di kualifikasi Piala Dunia 2026. Torehan gol Dimas Drajad maupun Ramadhan Sananta masih berpeluang terus bertambah.

Pasalnya saat leg kedua digelar Selasa (17/10) di Brunei Darussalam, Timnas Indonesia diperkirakan kembali menang walau bermain tandang. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong dipastikan bakal mengandalkan lagi Dimas Drajad, kecuali ada perubahan strategi di leg 2 melawan Brunei nanti.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyambut baik kemenangan besar skuat Garuda yang tampil di depan pendukung sendiri. Terlebih, lini serang Timnas Indonesia mulai menunjukkan ketajaman.

"Kemenangan besar ini patut disyukuri. Apalagi ada striker kita mampu mencetak hattrick dan menempati top skor sementara kualifikasi Piala Dunia 2026. Semoga ke depannya para penyerang kita tetap konsisten, dan menambah terus catatan gol ke gawang lawan, siapapun itu yang menjadi lawannya," ujar Erick sseperti dikutip situs PSSI.

 


Suntikan Semangat untuk Dimas Drajad dan Ramadhan Sananta

Foto: Debut Hokky Caraka di Timnas Senior, Berikan Kontribusi Gol Pertama Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Pemain Timnas Indonesia, Dimas Drajad (kiri) melakukan selebrasi bersama Hokky Caraka setelah mencetak gol pertama ke gawang Brunei pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2023). Laga tersebut merupakan debut bagi Hokky Caraka di Timnas senior. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

 

Pengamat sepak bola Kesit Budi Handoyo mengomentari pencapaian awal Dimas Drajad dan Ramadhan Sananta. "Bagus lah, persaingan kualifikasi Piala Dunia 2026 memang baru dimulai di seluruh konfederasi," katanya, Jumat (13/10/2023).

"Paling tidak, catatan hattrick yang dicetak Dimas Drajat yang untuk sementara berada di posisi teratas semoga bisa menjadi tambahan moral buat dia. Sehingga kemampuan dan spiritnya bisa bertambah besar untuk kepentingan timnas Indonesia."

"Selain itu, bolehlah para penggemar sepakbola Indonesia sedikit tersenyum karena timnas kini kembali memiliki penyerang atau stiker yang dapat diandalkan. Selain Dimas, kan sudah muncul juga striker muda Ramadhan Sananta dan Hokky Caraka," ujar Kesit.

 


STY Puji Gol dari Striker Timnas Indonesia

Kualifikasi Putaran Pertama Piala Dunia 2026 Zona Asia: Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Muhammad Ramadhan Sananta (kiri) bersama rekannya, Dimas Drajad setelah mencetak gol ke gawang Brunei Darussalam pada laga putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (12/10/2023) malam WIB. (Bola.com/Abdul Aziz)

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memuji finishing striker Skuad Garuda pasca kemenangan besar atas Brunei Darussalam dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (12/10/2023) malam WIB.

Seperti diketahui, Indonesia baru saja memetik kemenangan 6-0 atas anak-anak asuh Mario Rivera, dengan 5 gol di antaranya bersumber dari aksi striker.

Adapun Dimas Drajad berperan mencetak hattrick ke gawang tim tamu. Ramadhan Sananta sukses menyumbang brace, sementara satu gol sisanya merupakan hasil kinerja bek Rizky Ridho.

Shin Tae-yong yang sejak awal menargetkan Timnas Indonesia berpesta gol di laga kontra Brunei Darussalam pun langsung melontarkan apresiasi atas kinerja strikernya.

Juru taktik asal Korea Selatan menilai pemain depan Skuad Garuda berhasil menunjukkan kemampuan finishing-nya lewat pertandingan kali ini.

"Seperti apa yang kita lihat, memang striker yang cetak 5 gol," ujar pelatih Timnas Indonesia selepas pertandingan melawan Brunei di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis (12/10/2023) malam WIB.

"Jadi ya mungkin ini menunjukkan bahwa striker sangat baik dalam kemampuan finishing-nya," sambung pelatih yang pernah menukangi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

 


Timnas Indonesia Tetap Agresif Lawan Brunei

Kualifikasi Putaran Pertama Piala Dunia 2026 Zona Asia: Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam
Selebrasi kemenangan pemain Timnas Indonesia, Shayne Pattynama setelah berakhirnya laga putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (12/10/2023) malam WIB. Timnas Indonesia menang 6-0 atas Brunei Darussalam. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

 

Kendati sudah memetik kemenangan besar atas Brunei Darussalam di leg pertama, Shin Tae-yong mengeklaim Timnas Indonesia tak bakal mengendurkan perlawanan saat bertandang ke negeri petro dollar.

Juru taktik berusia 52 tahun berkomitmen bakal tetap tampil menyerang dan fokus melakukan pressing di depan saat melakoni duel kedua melawan Brunei Darussalam di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Bandar Sri Begawan, Selasa (17/10/2023) mendatang.

"Ketika kita datang ke Brunei pun kita tidak akan fokus bertahan, tetapi fokus menyerang. Walaupun sudah cetak 6 gol, kita akan tetap berusaha untuk pressing di depan," tegas Shin Tae-yong kepada awak media.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya