Update Skuad Guinea Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23, Ada Mantan Wonderkid Barcelona

Ada dua nama baru dalam daftar skuad Guinea untuk laga play-off Olimpiade 2024 melawan Timnas Indonesia U-23 di INF Clairefontaine, Kamis (9/5/2024). Salah satunya adalah mantan wonderkid Barcelona.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 08 Mei 2024, 21:36 WIB
Diterbitkan 07 Mei 2024, 14:16 WIB
Ilaix Moriba
Ilaix Moriba kala membela Barcelona. Dia bakal menghadapi timnas indonesia U-23 pada play-off Olimpiade Paris. (ANDER GILLENEA / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Ada dua nama baru dalam daftar skuad Guinea untuk laga play-off Olimpiade 2024 melawan Timnas Indonesia U-23 di INF Clairefontaine, Kamis (9/5/2024). Salah satunya adalah mantan wonderkid Barcelona.

Ilaix Moriba dipanggil pelatih Kaba Diawara untuk membantu Guinea lolos ke Olimpiade Paris. Sebelumnya dia tidak pernah membela Guinea di level usia, meski sudah mengantongi 22 caps pada level senior.

Moriba merupakan produk Akademi Barcelona La Masia. Gaya permainannya ketika baru muncul mengingatkan publik terhadap Yaya Toure. 

Namun, keengganan memperpanjang masa kerja pada tahun terakhir kontrak mendorong Barcelona untuk melepasnya ke klub Jerman RB Leipzig pada 2021. Sejak itu dia sudah menjalani dua masa pinjaman bersama Valencia dan Getafe.

Turut bergabung bersama Moriba gelandang klub Yunani Atromitos, Aguibou Camara. Mereka menyusul 17 nama yang diumumkan terlebih dahulu.

Guinea vs Indonesia akan menentukan negara terakhir yang mengikuti cabang olahraga sepak bola pada Olimpade Paris. Sang pemenang laga ini bakal masuk Grup A bersama Prancis, Amerika Serikat, dan Selandia Baru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Skuad Guinea vs Timnas Indonesia U-23

Ilaix Moriba dipanggil Timnas Guinea U-23 untuk melawan Timnas Indonesia U-23 di play-off Olimpiade Paris.
Ilaix Moriba dipanggil Timnas Guinea U-23 untuk melawan Timnas Indonesia U-23 di play-off Olimpiade Paris. (Bola.com/Dok.AFP/Issouf SANOGO).

Kiper: Mory Keita (Sangaredi), Soumaïla Sylla (Reims)

Belakang: Mohamed Soumah (Gent), Madiou Keita (Auxerre), Bangaly Cisse (Kaloum), Cherif Camara (Hafia), Saidou Sow (Strasbourg), Ibrahim Diakite (Stade Lausanne)

Tengah: Fode Camara (Sfaxien), Mohamed Lamine (Kaloum), Alseny Soumah (Horoya), Issiaga Camara (Nice), Aguibou Camara (Atromitos), Ilaix Moriba (Getafe)

Depan: Ousmane Camara (Annecy), Algassime Bah (Olympiakos), Momo Toure (Van), Facinet Conte (Bastia), Amadou Diallo (Rennes)

 


Skuad Timnas Indonesia U-23

SEA Games 2023: Timnas Indonesia U-22 vs Myanmar
Bek Timnas Indonesia U-22, Alfeandra Dewangga menguasai bola saat menghadapi Myanmar pada laga kedua Grup A SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (4/5/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Timnas Indonesia U-23 juga mengubah skuad untuk duel melawan Guinea. Bek Alfeandra Dewangga bergabung setelah mendapat panggilan pelatih Shin Tae-yong. Kehadirannya sangat penting karena timnas U-23 Indonesia kehilangan dua bek.

Kapten Rizky Ridho masih menjalani sanksi disiplin usai diganjar kartu merah pada semifinal Piala Asia U-23 2024 melawan Uzbekistan. Sementara Justin Hubner kembali ke Jepang untuk membela Cerezo Osaka

"Alfeandra Dewangga bergabung bersama Timnas Indonesia U23 untuk laga play-off menuju Olimpiade hadapi Guinea U23," tulis PSIS di akun Instagram.

Selain Dewa, PSSI masih melobi Cerezo Osaka supaya mau melepas kembali Justin Hubner. Federasi juga sudah mengirim surat kepada Ipswich Town agar mau mengizinkan Baggott tampil di laga Guinea vs Indonesia.

Dewa dan Hubner masuk skuad awal timnas Indonesia untuk Piala Asia U-23 2024. Sedangkan nama Baggott sejak awal memang absen, diduga karena Shin Tae-yong tahu sang pemain tidak bakal dilepas klub.

Sayang Dewa akhirnya gagal berangkat karena menjalani operasi sebelum turnamen berlangsung. Sementara Hubner baru bergabung pada duel kedua fase grup melawan Australia setelah PSSI melakukan lobi keras kepada Cerezo Osaka.

Infografis Timnas Indonesia U-23 Berburu Tiket Terakhir Olimpiade Paris 2024 dan Harapan Menang Lawan Guinea
Infografis Timnas Indonesia U-23 Berburu Tiket Terakhir Olimpiade Paris 2024 dan Harapan Menang Lawan Guinea (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya