Manchester United Ingin Ulangi Kisah Sukses Cristiano Ronaldo, Coba Rekrut Wonderkid Sporting

Manchester United kembali melirik pemain muda berbakat milik Sporting yang diharapkan bisa jadi the next Cristiano Ronaldo.

oleh Thomas diperbarui 22 Okt 2024, 18:00 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2024, 18:00 WIB
Geovany Quenda
Geovany Quenda masuk radar Manchester United (AFP)

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United pernah sukses besar ketika merekrut Cristiano Ronaldo dari Sporting CP. MU berniat mengulanginya tahun depan. Mereka sedang mengincar wonderkid baru milik klub raksasa Portugal itu untuk dibawa ke Old Trafford.

Akademi Sporting dikenal sebagai salah satu yang terbaik di Portugal. Mereka kini kembali melahirkan talenta berbakat bernama Geovany Quenda. Pemuda 17 tahun itu sudah menjadi langganan tim inti di musim ini sejak promosi dari tim B.

Berposisi sebagai pemain sayap, Quenda telah bermain enam kali di Liga Portugal musim ini. Dia membuat gol di Piala Super Portugal saat Sporting melawan FC Porto. Quenda juga telah debut di Liga Champions bersama Sporting.

Performa Quenda sedang jadi buah bibir di Portugal. Di usia yang baru 17 tahun, Quenda sudah mendapat kesempatan dipanggil timnas Portugal senior. Pelatih Portugal Roberto Martinez memanggilnya untuk laga internasional di bulan Oktober meski akhirnya belum dimainkan.

Menurut laporan media Portugal, A Bola, MU mulai melirik Quenda. Setan Merah terus memantau perkembangan Quenda bersama Sporting dan siap memboyongnya ke Old Trafford pada bursa transfer tahun depan.

Quenda masuk radar MU karena sektor sayap mereka agak bermasalah. Antony masih belum bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya seperti di Ajax Amsterdam. Sedangkan Amad Diallo Traore tidak konsisten. MU butuh winger mumpuni untuk mengimbangi Alejandro Garnacho.

Biaya Pembelian Quenda

Geovany Quenda
Geovany Quenda masuk radar Manchester United (AFP)

Namun akan butuh perjuangan berat bagi MU mendapatkan Quenda. Sporting tak mau mengulangi kesalahan saat melepas Ronaldo ke MU dit ahun 2003 lalu. Quenda sudah dipagari dengan kontrak baru sampai 2027.

Dengan kontrak baru tersebut, Sporting menaikkan nilai pelepasan Quenda. Klub yang menginginkan pemain 17 tahun itu perlu membayar klausul pelepasan senilai 100 juta euro. MU akan kesulitan bila harus menebus klausul pelepasan tersebut.

Hubungan Manchester United dengan Sporting

Hubungan MU dengan Sporting sebenarnya cukup baik. Setan Merah pernah beberapa kali melakukan pembelian pemain dari Sporting dan hasilnya memuaskan. Selain Ronaldo, ada Luis Nani dan Bruno Fernandes yang mampu jadi bintang di Old Trafford.

Pembelian Ronaldo menjadi yang tersukses. MU membeli Ronaldo dari Sporting sebesar 12 juta poundsterling. Kemudian Ronaldo jadi bintang di Old Trafford dengan mempersembahkan banyak gelar juara untuk MU.

Pada 2009, MU menjual Ronaldo ke Real Madrid senilai 80 juta poundsterling yang memecahkan rekor transfer termahal di dunia ketika itu.

Klasemen Liga Inggris

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya