Cek 6 Fakta Mengesankan Indonesia Versi Media Luar Negeri

Media luar negeri, The Telegraph pernah membeberkan fakta-fakta mengesankan soal Indonesia.

oleh Cakrayuri Nuralam diperbarui 01 Okt 2020, 17:00 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2020, 17:00 WIB
Ilustrasi bendera Indonesia
Ilustrasi bendera Indonesia (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Republik Indonesia merupakan negara yang terletak di Asia Tenggara. Negara yang kita tinggali ini dilintasi garis khatulistiwa serta berada di antara daratan benua Asia dan Australia.

Media luar negeri, The Telegraph pernah membeberkan fakta-fakta mengesankan soal Indonesia. Hal itu mereka tuangkan dalam artikel yang tayang pada 17 Agustus 2017.

Disebutkan oleh The Telegraph, Indonesia merupakan negara yang luas. Indonesia terbentang sepanjang 5.120 kilometer dari timur ke barat. Itu lebih jauh dari jarak London ke Taheran, 4.403 kilometer.

Berikut ini 6 fakta Indonesia yang mengesankan versi The Telegraph:

1. Rumah Kadal Terbesar di Dunia

Kadal terbesar di dunia, Komodo tinggal di Indonesia, yakni di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Padar. Disebutkan oleh Telegraph, Komodo merupakan hewan yang terancam punah dan ukurannya jauh lebih besar dari manusia.

Salah satu jurnalis mereka, Stanley Stewart mengaku terkesan dengan kadal terbesar di dunia ini. "Pemandu kami, Harry Chrisensen yang sudah berada di pulau ini bertahun-tahun, memberi tahu kalau racun Komodo bisa menyebabkan syok dan gagal jantung."

"Dia juga menyebut rahang komodo bisa melahap mangsa besar. Komodo disebutnya sebagai replika miniatur dari leluhur Jurasic Park," kata Stanley Stewart soal Komodo yang hidup di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Memiliki 139 Gunung Api

Gunung Merapi Erupsi
Abu tipis terdistribusi di beberapa wilayah sekitar lereng Gunung Merapi. (Foto: Humas BNPB)

Indonesia merupakan negara terbesar ketiga yang memiliki gunung berapi, di belakang Amerika Serikat dan Rusia. Data ini dikutip The Telegraph dari National Museum of Natural History’s Global Volcanism Program.

Sebanyak 139 gunung api berada di Indonesia, salah satunya Gunung Krakatau yang sangat terkenal ketika meletus di tahun 1883. Ketika itu, letusannya menyebabkan dua tsunami besar yang menewaskan lebih dari 36 ribu orang.

 

 


3. Papua Rumah Hewan Langka

Puncak Jaya di Taman Nasional Lorentz
Puncak Jaya di Taman Nasional Lorentz. (Creative Commons)

Di Papua ada Taman Nasional Lorentz, yang merupakan warisan dunia Unesco. Taman ini memiliki luas 9.674 mil persegi dan merupakan rumah bagi beragam ekosistem, termasuk bakau, hutan hujan, pegunungan, dan gletser ekuator. Titik tertingginya adalah Puncak Jaya, gunung tertinggi di antara Himalaya dan Andes.

Di taman nasional ini, ada 123 spesies mamalia dan 630 spesies burung. Namun, sebagian besar taman nasional belum dijelajahi, sehingga para ilmuan meyakini masih ada banyak hewan yang belum ditemui.

 


4. Jakarta Menjadi Wilayah Paling Instagram di Dunia

Lapangan Banteng Kembali Ditutup
Anak-anak bermain burung dara di depan Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (15/9/2020). Lapangan Banteng dan hutan kota di Ibu Kota Kembali ditutup sementara saat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Jakarta guna menekan penyebaran Covid-19 di ruang publik. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Instagram, pada 2017, mengungkapkan kalau Jakarta merupakan kota yang paling sering memberi tag dalam format stories. "Sebanyak 10 juta orang menyebut kota metropolitan ini sebagai rumah dan 8 juta lainnya datang untuk bekerja setiap hari," ujar perwakilan Instagram, Simon Parker.

Jakarta, disebut pihak Instagram, punya banyak gedung pencakar langit. Bahkan, restoran, bar, dan klub malam terkenal dunia ada di Jakarta.

 

 


5. Penduduknya Mini

Memberitahukan Semua Orang
Ilustrasi Geng Perempuan Credit: pexels.com/pixabay

The Telegraph menyebut penduduk orang dewasa di Indonesia memiliki ketinggian rata-rata hanya 1,58 meter. Hal ini jauh lebih 'mini' bila dibandingkan dengan 98 negara lainnya.

Disebutkan oleh The Telegraph, Belanda merupakan negara dengan rata-rata tinggi penduduknya berada di paling atas. Rata-rata tinggi orang dewasa di Belanda adalah 1,838 meter.

 


6. Hal Terbaik di Indonesia Adalah Murah

Pembayaran Cashless Jauh Lebih Aman
Ilustrasi Pencurian Uang Credit: pexels.com/pixabay

The Telegraph, mengutip laporan Daya Saing Perjalanan dan Pariwisata World Economic Forum (WEF), Indonesia merupakan negara yang memiliki daya saing harga sangat berbeda. Indonesia adalah negara dengan nilai terbaik kelima, di belakang Aljazair, Malaysia, Mesir, dan Iran.

Hal itu dinilai berdasarkan faktor-faktor termasuk keselamatan, infrastruktur, kesehatan, dan sumber daya budaya.


Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya