7 Perjuangan Siswa Indonesia demi Menggapai Cita-cita

Indonesia merdeka sejak tahun 1945 lalu, namun dampaknya belum dirasakan seluruh lapisan masyarakat.

oleh Liputan6 diperbarui 18 Apr 2015, 10:02 WIB
Diterbitkan 18 Apr 2015, 10:02 WIB
 7 Perjuangan Siswa Indonesia demi Menggapai Cita-cita
Indonesia merdeka sejak tahun 1945 lalu, namun dampaknya belum dirasakan seluruh lapisan masyarakat.

Citizen6, Jakarta Indonesia memang sudah merdeka sejak tahun 1945 lalu, namun dampak dari kemerdekaan itu sendiri belum dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat indonesia. fasilitas dan sarana prasarana yang memadai belum dirasakan sepenuhnya oleh anak – anak di daerah terpencil, Terutama di bidang pendidikan.

Padahal investasi terbaik untuk Negara adalah investasi di bidang pendidikan. Pendidikan yang berkualitas hanya bisa dinikmati oleh kalangan atas dan mereka yang berada di kota kota besar. Sedangkan saudara kita yang berada di pelosok negeri ini yang punya hak sama dengan anak anak di kota besar untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas harus susah payah untuk bisa bersekolah.

Tidak adanya sekolah dan tenaga pengajar membuat mereka harus bekerja lebih keras bahkan ada yang mengorbankan nyawanya untuk bisa sekedar bersekolah. Mereka harus jalan kaki sejauh 3-4 KM, menyebrangi sungai yang deras,dan melewati rintangan yang ekstrem. Namun semua itu tidak mengurangi semangat mereka untuk menuntut ilmu. Berikut ini lima perjuangan siswa Indonesia yang tinggal di desa terpencil

1. Perjuangan siswa di Desa Cicaringin

Pada foto diatas, siswa SD ini tidak sedang melakukan kegiatan outbond. Melainkan perjuangan untuk bisa bersekolah. Tidak adanya jembatan yang menghubungkan antar desa membuat mereka harus menyebrangi sungai tersebut dengan melewati dan memegangi kawat baja. Padahal jika mereka terpeleset sedikit saja pasti akan terjatuh ke sungai yang mengalir deras. Kegiatan seperti ini mereka lakukan setiap hari untuk pergi ke sekolah. Namun mereka tetap bersemangat untuk menuntut ilmu.

Selengkapnya

Pengirim:

Hadi Hariyanto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya