Gempar, Kura-Kura Raksasa Usia Ribuan Tahun Tiba-Tiba Muncul

Seekor kura-kura raksasa berusia ribuan tahun tiba-tiba muncul di sebuah kota di Tiongkok.

oleh Liputan6 diperbarui 19 Feb 2017, 09:00 WIB
Diterbitkan 19 Feb 2017, 09:00 WIB
Kura-Kura Liar Usia Ribuan Tahun Tiba-Tiba Muncul, Pertanda Apa?
Kura-Kura Liar Usia Ribuan Tahun Tiba-Tiba Muncul, Pertanda Apa?

Liputan6.com, Jakarta Seekor kura-kura raksasa berusia ribuan tahun tiba-tiba muncul di sebuah kota di Tiongkok. Warga kota Jiangxi gempar, kura-kura dengan panjang total 1,1 meter dan berbobot 39 kg muncul.

Seperti dilansir bestchinanews.com,kura-kura raksasa ini muncul di sebuah tempat yang tidak mempunyai ekosistem yang memungkinkan seekor kura-kura bisa hidup. Menurut warga, ini adalah sebuah misteri.

Kura-kura liar ini muncul di sebuah genangan air dekat goa. Hewan yang termasuk kelompok reptil ini konon telah hidup di bumi sejak jaman dinosaurus ada. Memang kura-kura biasanya berumur panjang, bisa mencapai ratusan tahun.

Kura-Kura Liar Usia Ribuan Tahun Tiba-Tiba Muncul, Pertanda Apa?

Menurut Departemen Pertanian dan Perikanan setempat, Wang Xinyong di Tiongkok terdapat 3 spesies kura-kura, yakni  Paleasteindachneri, Trionyx sinensis dan kura-kura yang hidupnya di laut.

Kura-kura raksasa ini ditemukan di dekat goa yang hanya terdapat sedikit air. Kepada wartawan, Wang mengatakan bahwa tempat ditemukannya kura-kura raksasa itu tidak memenuhi sebuah ekosistem hidup kura-kura. Dan sampai sekarang hal itu masih menjadi misteri.

Uniknya kura-kura seberat 39 kilogram ini mempunyai bentuk badan yang oval, bukan bulat, dengan perut warna putih dan cangkang berwana abu-abu.

Kura-Kura Liar Usia Ribuan Tahun Tiba-Tiba Muncul, Pertanda Apa?

Para ahli berspekulasi bahwa kura-kura raksasa ini telah hidup selama ribuan tahun di tempat ini. Departemen pertanian dan perikanan setempat telah mengambil langkah-langkah aktif dan efektif untuk melindungi hewan purba yang langka ini. 

Bagaimana menurutmu?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya