Selalu Ingusan, Ternyata Cairan Otak Merembes Keluar

Wanita ini selama 5 tahun hidungnya selalu ingusan. Siapa sangka, ternyata itu cairan otaknya yang merembes.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 09 Mei 2018, 19:30 WIB
Diterbitkan 09 Mei 2018, 19:30 WIB
Selalu Ingusan, Ternyata Cairan Otak Merembes Keluar
(Doc: Facebook/Nebraska Medicine)

Liputan6.com, Jakarta Selama 5 tahun, Kendra Jackson dari Nebraska mengaku kalau hidungnya selalu mengeluarkan ingus di manapun ia berada. Gara-gara hal ini, ia terpaksa membawa sekotak tisu ke mana-mana.

Hidungnya selalu meler sejak ia terlibat dalam kecelakaan mobil pada tahun 2013. Waktu itu, kepala Kendra terbentur dashboard dan sejak saat itulah hidungnya selalu mengeluarkan ingus serta kepalanya terasa nyeri.

"Ingus yang keluar seperti air terjun. Terus-terusan keluar sampai rasanya mau masuk ke tenggorokan. Saya harus selalu membawa tisu karenanya," ungkap Kendra seperti dilansir dari Fox News.

Awalnya, wanita paruh baya itu mengira kalau ia menderita semacam alergi. Hanya saja, setelah bertahun-tahun ia tetap menemukan apa penyebab alerginya.

Sampai akhirnya, spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan, (THT) dari Nebraska Medicine Jackson mengetahui penyebab sebenarnya. Ternyata, apa yang dikira ingus selama ini oleh Kendra, adalah cairan otak yang bocor dari tengkorak wanita itu.

 


Ada lubang di tengkorak

Ilustrasi Otak
Ilustrasi Otak (iStockPhoto)

Diduga kebocoran tersebut terjadi saat kepala wanita itu membentur dashboard pada kecelakaan 5 tahun lalu. Diketahui, dalam sehari ia bisa kehilangan sampai sekitar 236 milimeter cairan otak. Padahal dalam kondisi normal, cairan itu berfungsi untuk menjaga otak mengambang di dalam tengkorak dan melindunginya dari guncangan.

Karena dibiarkan, posisi otak Kendra yang berguncang membuatnya mengalami nyeri kepala. Cairan yang bocor juga dapat keluar memenuhi saluran hidung, telinga, dan tenggorokan.

Pada akhirnya, lubang kebocoran di tengkorak tersebut ditutup dengan jaringan tubuh Kendra sendiri oleh spesialis THT dan ahli bedah saraf. Operasi berjalan lancar dan setelah lima tahun selalu ingusan, wanita itu akhirnya bisa bernapas lega dan tidur dengan nyenyak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya