5 Stadion Termegah Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Kenangan ikonik dari pertandingan Piala Dunia, baik itu baik atau buruk, banyak terkait dengan stadion.

oleh Renta Nirmala Hastutik diperbarui 29 Nov 2022, 17:35 WIB
Diterbitkan 29 Nov 2022, 17:35 WIB
Foto: 974, Stadion Unik dan Inovatif di Piala Dunia 2022 Qatar
Karena konstruksinya menggunakan kontainer, Stadion 974 pun menjadi stadion pertama dalam sejarah Piala Dunia FIFA yang bisa didekonstruksi atau ditata ulang. (AFP/Karim Jaafar)

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia selalu menjadi perhatian besar di penjuru dunia, menarik jutaan penonton, dan ditunggu oleh banyak penggemar sepak bola di seluruh dunia. Turnamen ini telah menjadi salah satu acara olahraga paling bergengsi di dunia.

Sejak edisi perdananya pada tahun 1930, kompetisi ini sejauh ini telah berlangsung sebanyak 22 kali dengan kompetisi ke-22 tengah berlangsung di Qatar.

Selain fokus utama pertandingan Piala Dunia berpusat pada kekuatan tim dalam setiap negara yang bertanding maupun kemampuan pemain, banyak faktor lain yang menjadi fokus masyarakat seluruh dunia dalam menyaksikan Piala Dunia.

Dalam Piala Dunia 2022 Qatar, salah satu yang menonjol adalah arsitektur stadion yang dibangun untuk menyelenggarakan pertandingan selama turnamen. Tujuh tempat baru telah dibangun, dengan hanya Stadion Internasional Khalifa yang sudah ada sebelum negara ini ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Signifikansi stadion sangat besar dalam reputasi internasional Piala Dunia yang terus berkembang sebagai tempat penyelenggaraan turnamen paling populer di dunia.

Kenangan ikonik dari pertandingan Piala Dunia, baik itu baik atau buruk, banyak terkait dengan stadion.

Oleh karena itu, mengutip dari laman Sportco, Selasa (29/11/2022), berikut lima stadion paling ikonik dan termegah dalam sejarah Piala Dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Olympiastadion Berlin - Jerman

Olympiastadion Berlin
Olympiastadion Berlin (Sumber: fussballmafia)

Stadion kelas dunia ini terletak di ibu kota Berlin, Jerman, karena dibangun untuk pertandingan Olimpiade 1936 yang diresmikan oleh Adolf Hitler.

Olympiastadion memiliki hak istimewa untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia pada dua kesempatan, tahun 1974 dan 2006.

Pada tahun 1974, stadion ini sebagian beratap untuk menyelenggarakan hanya tiga pertandingan dan memiliki peran kecil, karena final turnamen dimainkan di Munich, saat tuan rumah Jerman Barat mengamankan gelar kedua mereka dengan mengalahkan Belanda.

Namun, untuk Piala Dunia 2006, stadion ini mengalami renovasi besar-besaran senilai $280 juta atau sekitar Rp4,4 trilliun dengan atap baru yang spektakuler, tribun megah, dan lintasan lari biru yang khas.

Arena menjadi tuan rumah enam pertandingan pada tahun 2006, termasuk final sengit antara Italia dan Prancis, di mana Italia menang adu penalti 5-3.

Namun, final di Olympiastadion sangat dikenang karena insiden terkenal dari sundulan kepala Zinadine Zidane pada Marco Materazzi di babak perpanjangan waktu, yang merupakan pertandingan terakhir gelandang legendaris Prancis tersebut.


2. Stade de France - Prancis

10 Stadion tuan rumah Euro 2016 Prancis
Stade de France dibangun tahun 1998 dan menjadi tempat final Piala Dunia 1998 dan final Piala Dunia Rugby 2007. (AFP/EUROLUFTBILD/Robert Grahn)

Stadion terbesar di Prancis ini memiliki kapasitas untuk menampung lebih dari 80.000 penonton. Terletak beberapa kilometer di sebelah utara Paris dan dibangun untuk Piala Dunia FIFA 1998.

Stadion ini dibuka oleh presiden Prancis saat itu, Jacques Chirac, pada Januari 1998 dan sejauh ini telah menjadi tuan rumah final Piala Dunia FIFA, Liga Champions UEFA, dan Piala Euro.

Selain itu, stadion spektakuler ini juga memiliki prestise sebagai tuan rumah final Piala Dunia Rugby pada tahun 2007.

Menjadi tuan rumah final Piala Dunia, pada tahun 1998, stadion ini menjadi tempat yang tak terlupakan dan dicintai oleh warga Prancis.

Saat tuan rumah mengklaim gelar Piala Dunia pertama mereka dengan mengalahkan tim Brasil yang bertabur bintang, 3-0 di final, berkat aksi heroik Zinadine Zidan.


3. Estadio Centenario - Uruguay

Estadio Centenario
Estadio Centenario (Sumber: atlasobscura)

Estadio Centenario yang berusia hampir 100 tahun, memiliki tempat khusus dalam sejarah Piala Dunia FIFA yang kaya. Mengingat stadion ini dibangun untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia pertama yang diadakan di Uruguay, pada tahun 1930.

Namun, stadion ikonik ini belum siap untuk menyelenggarakan beberapa pertandingan pertama, karena baru siap lima hari setelah turnamen dimulai.

Akibatnya beberapa pertandingan pertama dimainkan di stadion Estadio Gran Parque Central dan Estadio Pocitos di dekatnya.

Kemudian, setelah selesai, stadion ini menjadi tuan rumah bagi setiap tim dalam kompetisi serta semifinal dan final antara rival berat Uruguay dan Argentina, yang dimenangkan tuan rumah 4-2.

Awalnya, stadion ini memiliki tiga tingkat dengan kapasitas menampung 100.000 penonton, namun, kemudian berkurang menjadi sekitar 70.000 dengan struktur yang telah direnovasi.

Estadio Centenario terdaftar oleh FIFA sebagai stadion sepak bola klasik. 


4. Estadio Azteca - Meksiko

Estadio Azteca
Estadio Azteca adalah salah satu stadion termegah yang terletak di pusat ibu kota Meksiko. (http://cdn.referee.mx)

Dibangun pada tahun 1960-an di Meksiko, pada awalnya stadion ini menampung 115.000 penonton. Namun, mengingat ukuran keamanan stadion yang mengalami renovasi besar-besaran turun menjadi 87.000 kursi yang merupakan stadion terbesar di Meksiko.

Arena yang terletak di Mexico City telah menjadi tuan rumah dua final Piala Dunia, karena ini adalah satu-satunya stadion di dunia yang dihiasi oleh dua pemain hebat Pele dan Diego Maradona masing-masing pada tahun 1970 dan 1986, karena mereka berdua mengangkat trofi di lapangan ini.

Gol "Tangan Tuhan" Diego Maradona yang terkenal saat melawan Inggris dalam pertandingan perempat final dicetak di stadion ini pada 22 Juni 1986, yang tercatat sebagai salah satu momen paling kontroversial tidak hanya dalam sejarah Piala Dunia tetapi juga dalam sejarah panjang olahraga ini.

Kemudian, Argentina kemudian memenangkan Piala Dunia tahun itu di Estadio Azteca.


5. Maracana Stadium - Brasil

Maracana Stadium
Tampak dari kejauhan Maracana Stadium sebagai veneu Olimpiade 2016 Rio de janeiro mendatang, Selasa (21/04/2015). Sumber : AFP

Stadion Maracana di ibu kota Brasil, Rio de Janeiro, adalah salah satu stadion sepak bola ikonik karena telah menjadi tuan rumah Piala Dunia 1950 dan 2014.

Stadion ini telah menyaksikan banyak momen yang tak terlupakan, termasuk final Piala Dunia FIFA 1950 dan 2014.

Stadion ini pernah digunakan untuk menampung kerumunan raksasa 150.000 atau lebih, namun, dalam renovasi pada tahun 2013 untuk persiapan Piala Dunia 2014, kapasitas arena turun menjadi hampir 79.000.

Stadion raksasa ini pernah mencatat 155.253 penonton di final kejuaraan Brasil, di mana Flamengo mengalahkan Santos 3-0.

Namun demikian, stadion megah ini sangat dikenang karena insiden final 1950 antara tuan rumah Brasil dan Uruguay.

Dijuluki Maracanazo, yang berarti "Pukulan Maracana", kerumunan 173.850 penonton benar-benar terdiam saat peluit panjang dibunyikan ketika Uruguay mengalahkan Brasil 2-1 dalam pertandingan tersebut.

Infografis Stadion Piala Dunia 2022
Infografis Stadion Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya