Punya Hobi Merajut? Ini 8 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapatkan

Apakah Anda senang merajut syal atau hanya membuat pola? Hal ini bagus untuk dilakukan pasalnya merajut dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik Anda.

oleh Camelia diperbarui 16 Mei 2023, 17:03 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2023, 17:03 WIB
Punya Hobi Merajut? Ini 8 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapatkan
Punya Hobi Merajut? Ini 8 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapatkan (pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta - Kita cenderung menganggap merajut sebagai kegiatan untuk orangtua. Namun, merajut adalah kegiatan kerajinan yang dapat dilakukan oleh orang-orang dari segala usia tak terkecuali anak muda.

Apakah Anda senang merajut syal atau hanya membuat pola? Hal ini bagus untuk dilakukan pasalnya merajut dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik Anda. Oleh karena itu, ketahui beberapa manfaat utama merajut, dilansir dari Health Fitness Revolution, Selasa (16/5/2023).

1. Melatih fungsi pikiran/kognitif

Merajut adalah aktivitas dinamis di mana setiap keputusan diatur untuk mewujudkan apa yang Anda visualisasikan dari produk akhir Anda. Melakukannya merangsang korteks motorik, lobus frontal, dan oksipital Anda. Bersama-sama, itu memperkuat pikiran Anda dan memperlambat gangguan kognitif.

2. Menciptakan tujuan

Merajut sangat cocok untuk mereka yang berorientasi pada tujuan dan ingin menetapkan tugas yang dapat dicapai. Terlepas dari apa yang Anda hasilkan, keberhasilan hasil kerajinan tangan Anda dapat menandakan pelepasan dopamin, yang merangsang pusat penghargaan Anda. Euforianya mirip dengan perasaan yang Anda dapatkan setelah meletakkan potongan puzzle terakhir itu.

3. Meningkatkan konsentrasi

Apakah Anda seorang anak atau orang dewasa, merajut mengurangi hiperaktif dan membantu mereka yang kesulitan fokus pada satu hal.

Ini memberi Anda sesuatu yang nyata untuk dikerjakan dengan mengalihkan perhatian Anda ke saat ini. Kemampuan untuk segera melihat kemajuan Anda memperkuat keinginan untuk berkonsentrasi pada tugas yang ada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4. Meningkatkan daya ingat

Ilustrasi
Ilustrasi merajut. (dok. pexels.com/Pixabay)

Apa persamaan merajut dan belajar mengendarai sepeda? Keduanya membutuhkan latihan dan dedikasi yang konsisten untuk mengembangkan keterampilan. Bahkan orang yang paling berpengalaman dalam merajut pun bisa membuat kesalahan.

Aspek coba-coba merajut mengajarkan Anda untuk mengingat dan mengingat kembali kesalahan Anda sehingga Anda dapat menyusun strategi untuk menghindarinya di masa mendatang. 

5. Membangun kebiasaan baik

Merajut membuat Anda sibuk tanpa mengganggu kesehatan atau mengganggu kehidupan sehari-hari. Memilih untuk merajut adalah keputusan sadar dengan manfaat bawah sadar karena tingkat konsentrasi yang diperlukan untuk membuat Anda terus maju.


6. Memperkuat tungkai atas

Ilustrasi
Ilustrasi merajut. (dok. pexels.com/Pixabay)

Merajut bukanlah kompetisi kecepatan, oleh karena itu, Anda dapat bekerja dengan kecepatan Anda sendiri. Tindakan ritmisnya sebenarnya dapat membantu pencegahan radang sendi dan tendinitis.

Interval rajutan yang kecil memungkinkan Anda melatih lengan dan tangan tanpa mengerahkan tenaga berlebihan yang dapat menyebabkan kerusakan muskuloskeletal. 

7. Memberikan cara praktis untuk melakukan detoksifikasi digital

Di dunia yang penuh dengan teknologi, sangat mudah terpaku pada perangkat digital yang mensintesis aktivitas daripada benar-benar melakukannya di dunia nyata.

Merajut adalah cara sederhana dan terjangkau untuk memisahkan diri Anda dari teknologi. Ini mengurangi ketegangan pada mata Anda yang disebabkan oleh cahaya buatan dan membantu Anda menghargai waktu.


8. Meredakan stres

Kamu Bisa Merajut Dengan Lenganmu Sendiri dan Hasilnya Keren!
Intip video tutorial membaut syal rajut dengan menggunakan lengan kamu sendiri! Ternyata bisa dan hasilny kece abis.

Alih-alih menghabiskan energi Anda untuk hal-hal yang tidak dapat Anda kendalikan, ambil sepasang jarum rajut dan singkirkan kekhawatiran Anda.

Merajut memiliki elemen terapeutik yang dapat menghilangkan stres secara efektif karena memungkinkan Anda untuk fokus pada tugas di depan Anda daripada terus-menerus berada dalam siklus stres.

9. Membangun hubungan interpersonal 

Merajut alasan bagus untuk memperluas lingkaran sosial Anda dengan mencari grup lokal untuk bergabung. Mengelilingi diri Anda dengan sesama perajut di komunitas mendorong Anda untuk menjadikan hobi sebagai media sosial.

Ini bisa menjadi pengalaman yang memperkaya dan cara yang sehat secara mental untuk membangun persahabatan.

Infografis Seniman Indonesia Mendunia
Seniman Indonesia tak hanya berkarya di dalam negeri, namun mampu tembus secara global. (Dok: Liputan6.com Tim Grafis)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya