Sering Mimpi Buruk Saat Tidur? Hati-Hati Alami Anxiety Dream

Anxiety dreams adalah sebuah mimpi buruk akibat perasaan negatif dari diri sendiri. Ketahui penyebab dan cara mengatasinya.

oleh Bella Zoditama diperbarui 02 Jul 2023, 14:04 WIB
Diterbitkan 02 Jul 2023, 14:04 WIB
Sering Mimpi Buruk Saat Tidur? Hati-Hati Alami Anxiety Dream
Sering Mimpi Buruk Saat Tidur? Hati-Hati Alami Anxiety Dream Credit: pexels.com/Miriam

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan individu pada umumnya sangat setuju dengan manfaat tidur yang nyenyak. Pastinya, Anda ingin melepas lelah dan beristirahat dengan tenang setelah menjalani kesibukan yang tidak ada habisnya.

Dengan tidur, dapat memberikan Anda untuk me-recharge tubuh sehingga bangun dengan segar dan siap keesokan paginya. 

Apalagi saat Anda sedang menghadapi kecemasan atau tantangan hidup lainnya. Tidur yang berkualitas tentu akan dapat membantu Anda merasa lebih mampu menghadapi hari-hari yang penuh tekanan. Akan tetapi, apa jadinya kalau tidur justru membuat tambah cemas dan capek?

Seperti misalnya Anda mengalami mimpi buruk yang bisa mengganggu jadwal tidur. Gangguan tidur yang satu ini, bisa jadi disebabkan oleh anxiety dreams! Mimpi akibat kecemasan ini terasa sangat tidak menyenangkan, ya.

Tidak hanya dapat mengganggu tidur, kondisi ini pun bisa dapat menambah stres di pagi harinya. Terlebih Anda tidak hanya mengalaminya sekali, tapi bisa berkali-kali, maka hal ini juga bisa membahayakan kesehatan, termasuk kesehatan mental Anda.

Lalu, Anda akan bertanya-tanya, apa yang menyebabkan anxiety dreams? Bagaimana cara mencegahnya? Tentunya, semua pertanyaan ini akan terjawab supaya Anda bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas dan tidak mengganggu aktivitas harian nantinya.

Oleh karena itu, kenali apa itu anxiety dreams seperti merangkum dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa Itu Anxiety Dreams?

Ilustrasi insomnia, susah tidur
Ilustrasi insomnia, susah tidur. (Photo by cottonbro from Pexels)

Anxiety atau dalam Bahasa Indonesia disebut juga dengan ansietas adalah kondisi emosional yang tidak menyenangkan yang dialami oleh seseorang. Ciri-ciri yang timbul, seperti rasa tegang, takut, cemas, serta aktifnya sistem saraf pusat.

Jika kita berbicara tentang anxiety dreams, kondisi ini merupakan mimpi buruk yang muncul akibat perasaan negatif yang ada dalam diri kita. Seperti contohnya, ketika Anda mengalami stres berat, sangat besar kemungkinan Anda akan mengalami mimpi buruk, seperti mimpi dimarahi atasan, mati tenggelam, kecelakaan, dan banyak macamnya.

Akibat dari mengalami mimpi buruk tersebut bisa membuat tidur menjadi tidak berkualitas serta kelelahan dalam tubuh. Makanya, saat Anda terbangun dari mimpi tersebut, perasaan jadi terasa tidak nyaman. Perasaan itu wajar muncul walaupun Anda sangat menyadari bahwa sebetulnya hal itu hanyalah bunga tidur alias mimpi saja. 

Selain mimpi yang digambarkan sangat buruk atau Anda mengalami kesialan, salah satu indikasi Anda mengalami anxiety dreams lainnya yaitu tidak pernah merasa benar-benar bisa beristirahat. Walaupun sudah tidur cukup panjang dan lama. 

Padahal, sebenarnya kita sudah tahu bahwa pemicu atau akar permasalahannya ada di dalam kehidupan nyata. Hingga hal ini bisa berakibat pada pola mimpi yang terjadi akan mirip-mirip. 


Penyebab Terjadinya Anxiety Dreams

Gambar Ilustrasi Wanita yang Mengalami Insomnia / Kesulitan Tidur di Malam Hari
Sumber: Freepik

Anxiety dreams biasanya mengacu pada mimpi apapun yang bisa menyebabkan stres karena kesusahan. Anda mungkin merasa panik atau gugup selama mimpi. Akan tetapi emosi ini mungkin juga bertahan setelah Anda bangun dan kegelisahan tersebut juga mungkin saja bisa bertahan sepanjang hari.

Beberapa penyebab umum anxiety dreams dapat meliputi:

  • Mengalami ketakutan atau stres
  • Perubahan hidup yang dialami baru-baru ini, terutama yang memicu ketidakpastian atau kesusahan lainnya
  • Peristiwa traumatis
  • Alami insomnia atau gangguan tidur
  • Suka mengonsumsi alkohol secara berlebihan
  • Kecanduan obat-obatan terlarang

Tapi bagaimana tepatnya kecemasan memicu mimpi yang mengganggu? Perlu Anda ketahui bahwa saat tidur, otak Anda sebenarnya tetap aktif bekerja.

Salah satu aktivitas yang dilakukan otak saat tidur yaitu merangkai memori-memori dan sensasi yang tersimpan di dalam otak lalu menjadikannya sebuah cerita yang dilihat sebagai mimpi. Selain itu, otak juga membantu menyegarkan tubuh Anda secara optimal.​


Cara Atasi Anxiety Dreams

Ilustrasi selamat pagi, pagi hari, bangun tidur
Ilustrasi selamat pagi, pagi hari, bangun tidur. (Image by lifeforstock on Freepik)

Kekhawatiran terhadap anxiety dreams biasanya akan terus berlanjut hingga keesokan harinya hingga mungkin bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan, seseorang yang mengalami anxiety dreams terkadang merasa ketakutan jika hal yang dimimpikan benar-benar menjadi kenyataan.

Nah, ikuti beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan agar tidak mengalami hal ini. Langkah-langkah tersebut seperti:

  • Luangkan waktu kurang lebih 1 jam sebelum tidur untuk bersantai dan lakukan aktivitas yang Anda suka. Seperti membaca buku, mendengarkan musik, mandi, atau bermeditasi.
  • Tulis buku harian atau journaling agar beban pikiran dapat berkurang sehingga pikiran menjadi lebih relaks.
  • Hindari aktivitas yang bisa membuat Anda jadi banyak berpikir, seperti melihat media sosial sebelum tidur.
  • Sempatkan waktu untuk berolahraga selama 30 menit yang dapat meningkatkan kualitas tidur.
  • Pasang aromaterapi itu di dalam kamar agar suasana terasa relaks dan santai.
  • Ceritakan kepada orang lain tentang mimpi Anda untuk mengurangi perasaan tidak nyaman akibat mimpi buruk semalam.

Memang tidak bisa dilewatkan bila anxiety dreams tentu bisa memperburuk kondisi kesehatan mental serta aktivitas harian Anda. Oleh karenanya, coba lakukan beberapa tips di atas untuk mencegahnya. Selain itu, coba atasi stres Anda jika Anda sering terbangun karena anxiety dreams di malam hari, ya.

Infografis 10 Kota Dunia dengan Kualitas Udara yang Buruk akibat Polusi
Infografis 10 Kota Dunia dengan Kualitas Udara yang Buruk akibat Polusi
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya