10 Rekomendasi Drama China Terbaik di Netflix

Selain drama Korea, China juga memiliki beragam tayangan serial yang berhasil menyaingi Korea. Beragam drama andalannya bisa disaksikan lewat Netflix, di antaranya sebagai berikut.

oleh Almas Lailatul Mufida diperbarui 07 Des 2023, 13:05 WIB
Diterbitkan 07 Des 2023, 13:05 WIB
10 Rekomendasi Drama China Terbaik di Netflix
10 Rekomendasi Drama China Terbaik di Netflix (doc.Instagram.com/@dramainmy_head)

Liputan6.com, Jakarta - Asia menjadi wilayah para produksi tayangan berkumpul dan bersaing. Kita sering menjumpai sejumlah serial dan film menarik asal Korea, yang menjadi tontonan candu masyarakat Indonesia.

Seiring berkembangnya zaman, kini bukan Korea Selatan saja yang berlomba untuk menyuguhkan beragam tayangan hiburan bagi penggemarnya. Berbagai rumah produksi di Asia juga saling bersaing untuk membuat tayangan menghibur, salah satunya China.

Selain menjadi negara terpadat di dunia, China juga berambisi untuk terjun di industri hiburan dengan menghadirkan serial menarik lewat drama China (drachin). Atas hal ini, Netflix sebagai platform penyedia layanan hiburan turut mendukung hal tersebut.

Seperti halnya drama Korea, China juga menyajikan beragam genre di serial andalannya, mulai romance, kerajaan, politik, dan sebagainya. Namun, mereka memiliki episode lebih panjang dan fokus terhadap sejarah negaranya.

Melansir dari Movieweb, Rabu (6/12/2023), berikut rekomendasi 10 drama China yang bisa kamu saksikan lewat streaming Netflix.

1. Use for My Talent

Use for My Talent ditayangkan pada 2021 yang merupakan hasil adaptasi Webtoon asal Korea Selatan. Series ini juga diadaptasi menjadi drama Korea dengan judul “Clean With A Passion for Now.

Pemeran utama drama China Use for My Talent adalah Gu Ren Qi, ia digambarkan sebagai orang yang takut terhadap kuman dan tidak terbuka dengan siapa pun. Di sisi lain, Shi Shuang Jiao mesti menghadapi kematian sang ibu, dan menyebabkan dirinya menjadi orang yang berantakan dan jorok.

Saat mulai bekerja di sebuah perusahaan kebersihan, keduanya dipertemukan dan sering berselisih karena keyakinan masing-masing. Namun, seiring berjalannya waktu kebencian yang dipendam Shuang Jiao dan Ren Qi berubah menjadi perasaan cinta.


2. Put Your Head on My Shoulder

Put Your Head On My Shoulder
(doc.Instagram/@put.your_head.on_my.shoulder)

Dirilis pada tahun 2019, Put Your Head on My Shoulder adalah kisah klasik dalam dunia drama, kisah masa depan yang berlatar di sebuah universitas di Tiongkok. Pemeran utamanya adalah Si Tu Mo yang berada di ambang kelulusan.

Sebagai seorang mahasiswa akuntansi, Si Tu Mo tidak tahu apa yang sebenarnya ingin dilakukan dalam hidupnya, namun ia memiliki gagasan bahwa dirinya mungkin ingin bekerja di pemasaran digital atau biro iklan.

Ketika bertemu dengan Gu Wei Yi, seorang siswa fisika di sekolahnya, ia mendapati dirinya jatuh cinta padanya, dan dengan sedikit campur tangan, sepertinya romansa mereka benar-benar menjadi konsep nyata.

3. Eternal Love

Eternal Love dibintangi oleh Yang Mi dan Mark Chao. Serial ini merupakan hasil adaptasi dari novel Xianxia, atau buku berdasarkan mitologi Tongkok.

Bermula dari Bai Qian (Yang Mi) dibawa ke gunung mitos, di mana ia berakhir menjadi seorang dewa perang. Selama 20.000 tahun, ia terus berlatih dan menjadi sasaran banyak masalah di seluruh negeri dan menghadapi perang.

Pada suatu hari, ia menyamar sebagai seseorang dan jatuh hati dengan pangeran dari suku hantu. Perang tersebut memberi akhir yang tidak baik baginya. Seiring waktu berjalan, sekitar 70.000 tahun, ia menjadi manusia fana dan menemukan cinta baru bersama makhluk ilahi yang berbeda.


4. The Untamed

The Untamed
Drama China The Untamed. (doc.Instagram.com/nsmg_theuntamed).

Xiao Zhen dan Wang Yibo membintangi serial The Untamed yang diadaptasi dari novel karya Mo Xiang Tong Xiu. Acara televisi ini ditayangkan selama 50 episode sebelum berakhir pada tahun 2019.

Dikisahkan mulai 16 tahun sebelum saat ini, dua remaja bertemu dan menyadari bahwa mereka adalah belahan jiwa. Namun ketika salah satu dari mereka, Wei Wuxian, disiksa dan mulai mencoba-coba ilmu hitam, hal itu menyebabkan kematiannya.

Singkat waktu, 16 tahun berjalan dan di masa kini, ia dibangkitkan tetapi hanya belahan jiwanya yang mengenali dirinya. Serial ini sukses besar di Tiongkok saat pertama kali dirilis.

5. The Ghost Bride

Sebuah produksi gabungan antara Taiwan dan Malaysia, The Ghost Bride dalam bahasa Mandarin berlokasi di bekas jajahan Inggris wilayah Malaka, yang saat ini berada di Malaysia.

Mengambil latar 1890-an, seorang wanita menghadapi dirinya berada dalam situasi aneh, di mana ia diminta untuk menikahi seorang putra almarhum dari keluarga kaya. Dirinya harus menjadi istri seorang hantu.

Dengan segala pertimbangan, ia pun menyetujuinya secara terpaksa. Atas kematian suami hatunya, ia berpikir adanya pembunuhan dalam kasus tersebut dan berusaha untuk mengungkap segala hal yang terjadi.


6. The Princess Weiyoung

The Princess Weiyoung
Serial China The Princess Weiyoung. (doc.Instagram.com/@theprincessweiyoung_official)

Tiffany Tang membintangi serial 2016, The Princess Weiyoung, yang diadaptasi dari novel Qin Jian. Ia adalah Feng Xin'er, putri dari keluarga kerajaan pada periode yang sekarang dikenal sebagai Dinasti Utara dan Selatan.

Ketika jenderal mereka memutuskan untuk melakukan kudeta dan membantai seluruh keluarga kerajaan, Feng melarikan diri dengan bantuan putri Perdana Menteri. Ketika putri Perdana Menteri terbunuh, Feng memutuskan untuk mengambil identitas gadis yang dibunuh tersebut, dan memutuskan untuk menggunakan posisi barunya sebagai pembalasan dendam terhadap orang-orang yang membunuh keluarganya.

7. Love 020

Yang Yang dan Zheng Shuang menjadi pemeran utama dalam Love O2O, yang menjadi hit besar ketika pertama kali dirilis. Namun penayangannya diberhentikan sejak skandal yang menimpa aktris utama Zheng.

Zheng memerankan Wei Wei, seorang mahasiswi ilmu komputer berdedikasi yang memiliki hasrat terhadap permainan peran online. Setelah suami daringnya mencampakkannya, ia menemukan pemain terbaik dalam game tersebut dan menikahinya.

Dalam kehidupan nyata, mereka tidak mengenal satu sama lain, namun ketika Vivi menyadari bahwa suami virtualnya tersebut merupakan senior di sekolahnya, ia merasa sangat malu. Di kemudian hari, mereka berdua akhirnya menjalin romansa di kehidupan nyata.


8. Falling Into Your Smile

Serial China Falling Into Your Smile
Serial China Falling Into Your Smile. (doc.Instagram.com/@falling_into_your_smile_)

Salah satu dari banyak drama ikonik berbahasa Mandarin yang dirilis dalam beberapa tahun terakhir, Falling Into Your Smile telah menjadi favorit penggemar. Di serial ini, tim e-sports fiksi yang berisi anak laki-laki mendominasi suasana, namun ketika salah satu pemainnya mengalami cedera tangan, mereka harus mencari penggantinya atau kehilangan tempat di e-sports dunia.

Tong Yao, seorang gadis yang suka bermain game, ia direkrut sebagai calon anggota tim berikutnya. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah ia memiliki kemampuan tersebut? Seiring berjalannya waktu, Tong Yao akhirnya bergabung dengan tim dan jatuh cinta dengan pemimpinnya.

9. Unrequited Love

Dalam Unrequited Love, serial ini mengikuti kisah cinta antara dua karakter yang mengenal selama 15 tahun. Mereka pertama kali bertemu saat masih anak-anak, saat orang tua mempertemukan keduanya sebagai teman bermain.

Meskipun memiliki sejarah bersama, mereka tidak berteman selama masa sekolah, dan keduanya memilih untuk kuliah di universitas yang sama. Keduanya tidak pernah memiliki niat berkencan, namun pada akhirnya menjadi dekat dan menjalin hubungan romansa.

10. A Love So Beautiful

A Love So Beautiful menjadi salah satu serial China yang menerima lebih dari 10 miliar streaming di Tiongkok, saat pertama kali dirilis. Bermula dari dua teman yang telah mengenal bertahun-tahun, mereka memiliki latar belakang sangat berbeda.

Mereka bersiap untuk mengikuti Gaokao, yaitu ujian masuk perguruan tinggi. Dengan kelompok pertemanan, mereka bersiap menghadapi apa pun yang terjadi dalam hidupnya. Meskipun itu berarti mereka akhirnya menjadi semakin dekat dengan cara yang jelas-jelas bukan sekadar teman.

Infografis Mycoplasma Pneumonia Merebak di China dan Eropa
Infografis Mycoplasma Pneumonia Merebak di China dan Eropa (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya