5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Bermain Dragon’s Dogma 2

Mengingat betapa padat dan besarnya gim RPG besutan Capcom ini, kami akan melihat kembali cerita dan dunia Dragon's Dogma yang asli dan bagaimana peristiwa-peristiwa dalam game pertama mengatur cerita untuk sekuelnya yang lebih mendalam.

oleh Fahmi Zaenal Mutakin diperbarui 25 Jul 2024, 09:06 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 09:06 WIB
Dragon’s Dogma 2
Poster game Dragon’s Dogma 2 (Doc.Capcom)

Liputan6.com, Jakarta Dragon's Dogma adalah celah pertama Capcom dalam menciptakan gim role-playing petualangan megah yang memadukan elemen-elemen game aksi yang megah, seperti Devil May Cry, tetapi gim ini memadukan tema fantasi didalamnya.

Gim pertamanya dirilis pada tahun 2012 lalu, dan pada akhirnya di tahun 2024 para penggemar gim ini mendapatkan sekuel yang ditunggu-tunggu selama 12 taun lamanya.

Dalam beberapa tahun sejak debutnya, Dragon's Dogma tentunya menjadi favorit para penggemar vidio gim dalam tema petualangan RPG, berkat keunikannya dalam menjelajahi dunia fantasi yang luas dengan sekelompok petualang yang terlibat ke dalam misi-misi yang penuh dengan rintangan, berhadapan dengan musuh dan monster yang berbahaya, serta sistem pertarungan yang epik didalamnya.

Dengan sekuelnya yaitu Dragon's Dogma 2 yang akan segera hadir, gim ini tentunya telah lama ditunggu-tunggu oleh penggemar gim originalnya, dan merupakan titik awal yang baik bagi para pendatang baru yang ingin mencoba hal yang berbeda dengan memainkan gim petualangan RPG yang luas dan epik ini.

Mengingat betapa padat dan besarnya gim RPG besutan Capcom ini, kami akan melihat kembali cerita dan dunia Dragon's Dogma yang asli dan bagaimana peristiwa-peristiwa dalam game pertama mengatur cerita untuk sekuelnya yang lebih mendalam.

Berikut ialah hal-hal yang harus kamu ketahui sebelum bermain Dragon’s Dogma 2, melansir dari IGN.com, Sabtu (20/4/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apakah kamu perlu untuk memainkan gim pertamanya?

Dragon's Dogma II
Dragon's Dogma II (Dok.Capcom)

Jawaban sederhananya adalah tidak. Kamu tidak perlu untuk memainkan gim pertamanya, karena gim Dragon's Dogma 2 adalah game yang berdiri sendiri yang berlatarkan dunia paralel dengan plot dan karakter baru.

Jadi, meskipun banyak konsep dan struktur umum yang dilanjutkan dari gim awalnya, game kedua ini merupakan awal yang baru dan memberikan orientasi kepada para pemain yang baru pertama kali memainkan gim ini untuk mendapatkan pengalaman unik dalam petualangan fantasi.


Bagaimana cerita dari gim Dragon’s Dogma 2 ini?

Dragon's Dogma 2
Cuplikan gameplay Dragon's Dogma 2 (Dok.Capcom)

Dragon's Dogma 2 mengambil latar belakang konflik yang berkembang antara dua kerajaan yang bertikai, Vermund dan Battahl.

Tanah Vermund adalah rumah bagi manusia, sedangkan Battahl adalah rumah bagi para Elf dan Beastren, dan kedua negeri ini memiliki budaya dan adat istiadatnya sendiri yang berkaitan dengan mitologi Arisen, pahlawan suci yang ditugaskan untuk membunuh naga besar yang akan mengakhiri dunia.

Pada pembukaan gim ini, sang protagonis menjadi Arisen berikutnya setelah konfrontasi dengan naga besar, memberi mereka kemampuan untuk memanggil Pawns yang akan menjadi sekutu sang protagonis dari dunia lain.

Saat para Arisen dan kelompoknya mencari naga besar, mereka terdorong ke dalam konflik geopolitik yang berantakan di antara kerajaan-kerajaan.

Saat kelompok petualang ini melakukan pencarian dan membentuk ikatan baru, mereka dihadapi dengan pemimpin sekte dan musuh-musuh yang harus mereka lawan, karena mau tak mau sang protagonis harus mempertahankan statusnya sebagai Arisen yang suci.

Kelompok petualang ini pada akhirnya akan mendapatkan pemahaman yang lebih besar tentang gejolak di dalam kerajaan-kerajaan serta membuat pilihan kritis tentang cara terbaik untuk menyelamatkan orang-orang di negeri itu dan mencoba untuk menghentikan akhir zaman.


Siapakah Arisen?

Dragon's Dogma II
Kelas Wayfarer dalam Dragon's Dogma 2 (Dok.Capcom)

Arisen adalah manusia terpilih yang ditugaskan untuk menghadapi naga besar demi menentukan nasib dunia menjadi lebih baik. Arisen bukanlah petualang biasa, karena mereka memiliki banyak keterampilan unik yang akan membantu mereka dalam pertempuran.

Salah satu keahlian utama mereka adalah kemampuan untuk mengadopsi semua keterampilan bertarung sesuai keinginan mereka. Ada beberapa kelas yang dapat dipilih dengan senjata dan keterampilan unik yang dapat di latih untuk menjadi lebih kuat.

Berikut ialah penjelasan singkat mengenai keterampilan bertarung yang dapat dipilih ole para pemain:

Fighter: Kelas petarung jarak dekat dengan pedang dan perisai standar.

Archer: Kelas yang berfokus pada serangan jarak jauh yang menggunakan busur dan peralatan lainnya.

Thief: Petarung jarak dekat yang menggunakan pisau, keterampilannya yang cerdik dan licik menjadikannya mematikan.

Mage: Pengguna sihir yang dapat menyembuhkan dirinya dan teman kelompoknya dan merapal mantra yang mematikan.

Warrior: Petarung jarak dekat yang menggunakan senjata yang lebih besar.

Sorcerer: Pengguna sihir yang lebih mahir mengeluarkan mantra yang lebih menakutkan.

Magick Archer: Pemanah yang menyalurkan mantra sihir ke dalam busurnya.

Mystic Spearhand: Petarung yang menggunakan pedang bilahh dua sisi dengan gaya bertarung yang memadukan pertarungan jarak dekat dengan sihir.

Trickster: Seorang ilusionis licik yang dapat menyulap mantra untuk menipu musuh dan dapat membuat musuh untuk menyerang temannya sendiri.

Wayfarer: Kelas khusus yang memungkinkan Arisen untuk menggunakan keterampilan dari kelas yang lainnya dalam satu gaya bertarung, dan hal tersebut dapat disesuaikan.


Siapakah para Pawns?

Dragon's Dogma 2, Pawns
Para Pawns dalam Dragon's Dogma 2 yang akan menjadi sekutu mu (Dok.Capcom)

Salah satu aset Arisen yang paling berharga adalah Pawns, sekutu NPC dari dunia lain yang dapat dipanggil untuk bergabung dengan kelompok mu.

Selain Pawns sang pendamping utama yang dapat disesuaikan sepenuhnya, pemain juga dapat melakukan perjalanan ke Rift, jaringan online yang menampung Pawns yang dibuat oleh pemain lain. Meskipun gim ini menghasilkan Pawns untuk direkrut, sebagian besar Pawns di Dragon's Dogma berasal dari komunitas pemain.

Yang membuat Pawns unik adalah mereka adalah sekutu NPC yang mendapatkan pengetahuan dengan berpetualang bersama protagonis dan pemain lain secara online. Melalui Rift, pemain lain dapat merekrut Pawns Anda untuk bergabung dalam kelompok mereka.

Pengetahuan yang mereka dapatkan dapat berguna saat melawan musuh yang membutuhkan strategi tertentu untuk dikalahkan atau memiliki wawasan tentang pencarian barang-barang yang berguna di area yang belum pernah Anda kunjungi.


Bukankah ada gim Dragon's Dogma Online?

Dragon's Dogma 2 (Capcom)
Dragon's Dogma 2 (Capcom)

Ya, seri ini memang memiliki spin-off  RPG online yang dirilis pada tahun 2015, tetapi hanya dirilis di Jepang saja dan dalam waktu yang tak lama server online tersebut ditutup.

Mengenai Dragon's Dogma 2, Anda tidak perlu khawatir karena gim online ini berlatar di dunia yang sama sekali berbeda dan tidak ada hubungannya dengan kejadian di game pertama.

INFOGRAFIS: Deretan Gim Online yang Berbahaya Untuk Anak (Triyasni / Liputan6.com)
INFOGRAFIS: Deretan Gim Online yang Berbahaya Untuk Anak (Triyasni / Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya