Kripto Baru Diluncurkan, PEPE Coin Sempat Meroket 152 Persen

Statistik terbaru menunjukkan kapitalisasi pasar PEPE juga telah melonjak

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 02 Mei 2023, 22:52 WIB
Diterbitkan 02 Mei 2023, 17:38 WIB
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Pada 30 April 2023, aset kripto meme coin teratas berdasarkan kapitalisasi pasar bernilai USD 19,11 miliar atau setara Rp 281 triliun (asumsi kurs Rp 14.698 per dolar AS). Selama 24 jam terakhir, valuasi semua token meme telah meningkat 1,6 persen. 

Namun, hanya dua dari lima koin meme teratas berdasarkan kapitalisasi pasar yang memperoleh keuntungan. Salah satunya, cryptocurrency yang baru diluncurkan, pepe (PEPE), memimpin paket dengan keuntungan tiga digit.

Dilansir dari Bitcoin.com, Selasa (2/5/2023), PEPE Coin (PEPE), koin kripto meme yang menampilkan karakter populer Pepe the Frog, telah mengalami lonjakan nilai yang signifikan dalam seminggu terakhir, naik 152,9 persen terhadap dolar AS. 

Statistik terbaru menunjukkan kapitalisasi pasar PEPE telah melonjak dari USD 141 juta atau setara Rp 2 triliun pada 22 April menjadi valuasi saat ini sebesar USD 303 juta atau setara Rp 4,4 triliun.

Pada 30 April 2023, aset kripto meme coin teratas berdasarkan kapitalisasi pasar bernilai USd 19,11 miliar. Selama 24 jam terakhir, valuasi semua token meme telah meningkat 1,6 persen. 

Bitcoin.com sebelumnya melaporkan tentang PEPE dan beberapa aset koin meme lainnya delapan hari lalu. Pada saat itu, PEPE adalah aset token meme terbesar keenam berdasarkan penilaian keseluruhan. 

Saat ini, PEPE adalah yang terbesar kelima dan memiliki volume perdagangan global sebesar USD 149,63 juta atau setara Rp 2,2 triliun, berada tepat di bawah volume harian cardano (ADA) pada Minggu. 

Token meme turun 10 persen lebih rendah dari level tertinggi sepanjang masa yang tercatat pada Minggu di USD 0,000000813847 atau setara Rp 0,012 per unit.

Nilai pasar ekonomi koin meme telah mengalami fluktuasi yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir, dengan dogecoin (DOGE) dan shiba inu (SHIB) mengalami pasang surut. 

Aset koin meme telah mendapatkan peningkatan permintaan dari investor dan spekulasi di pasar mata uang kripto sejak kenaikan nilainya yang signifikan sejak tahun 2020. 

Ekonomi koin meme terkenal dengan volatilitasnya, tetapi DOGE dan SHIB tetap berada di garis depan pasar koin meme selama dua tahun terakhir. Sementara nilai pasar koin meme ini dapat berfluktuasi, dampaknya terhadap ekonomi kripto yang lebih luas belum diabaikan.


Tengok Potensi Pergerakan Pasar Kripto Sepanjang Mei 2023

Kripto. Dok: Traxer/Unsplash
Kripto. Dok: Traxer/Unsplash

Pergerakan pasar kripto pada April 2023 cukup menggembirakan. Bitcoin alami kinerja positif selama empat bulan berturut-turut yang belum pernah terjadi sebelumnya menandakan potensi akhir dari pasar bearish. 

Secara historis, tren ini tidak pernah mengarah ke posisi terendah baru, yang menunjukkan pasar bearish Bitcoin mungkin sudah berakhir. Lantas bagaimana proyeksi pasar kripto dan Bitcoin pada Mei 2023.

Trader Eksternal Tokocrypto, Fyqieh Fachrur mengatakan, hanya waktu yang akan menentukan apakah pasar bearish Bitcoin berakhir mulai Mei ini, karena makroekonomi kini menghadapi tantangan yang signifikan. Data ekonomi As yang terbaru menunjukan The Fed masih mendukung sikap hawkish

Prediksi suku bunga acuan The Fed akan berada pada 5,25 persen, naik dari 5 persen yang membuat Bitcoin bisa tertekan. 

“Jika memang benar suku bunga naik sesuai prediksi, maka Bitcoin akan terkoreksi, namun jika suku bunga tetap atau turun maka BTC kemungkinan akan mengalami kenaikan,” kata Fyqieh dalam analisis bulanan yang diterima Liputan6.com, Selasa (2/5/2023). 

Inflasi AS telah melambat mengikuti upaya konsisten dari The Fed ini melalui kenaikan suku bunga yang ditargetkan. Meskipun terjadi perlambatan, inflasi masih lebih tinggi dari kisaran yang diproyeksikan. Hal ini yang diperkirakan BTC belum akan lepas dari sentimen bearish ke depannya.

Pergerakan BTC sampai pertengahan Mei diprediksi masih tetap berada di level resisten kuat USD 30.000 atau setara Rp 441,4 juta (asumsi kurs Rp 14.715 per dolar AS). Bila terjadi penurunan target terdekat di harga USD 27.000 atau setara Rp 397,3 juta.. 

“Namun, masa depan Bitcoin dan kripto lainnya masih ditentukan juga oleh beberapa sentimen seperti situasi sistem perbankan yang mulai terguncang dan perbedaan pendekatan peraturan yang diambil oleh berbagai negara,” pungkas Fyqieh.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya