Digaruk, Tahi Lalat si Kakek Berubah Jadi Kanker

Tak seperti tahi lalat kebanyakan, setitik tanda hitam yang ada di sebelah kanan hidungnya tersebut terus menerus gatal

oleh Fitri Syarifah diperbarui 04 Agu 2014, 08:00 WIB
Diterbitkan 04 Agu 2014, 08:00 WIB
Kodir
Kakek asal Desa Leuwi kidang-Majalengka, Jawa Barat, Kodir (70) ini memiliki tahi lalat yang tumbuh menjadi kanker sejak 2008 silam

Liputan6.com, Jakarta Tahi lalat atau dalam istilah medis disebut juga nevus pigmentosus ternyata tak selamanya merupakan pemanis wajah. Pada 
beberapa kasus, tanda kehitaman kecil yang ada di beberapa bagian tubuh termasuk wajah ini bisa menjadi kanker kulit ganas atau melanoma maligna.

Seperti yang dialami seorang kakek asal Desa Leuwi kidang-Majalengka, Jawa Barat, Kodir (70). Ia memiliki tahi lalat yang tidak biasa sejak 2008 silam. Tak seperti tahi lalat kebanyakan, setitik tanda hitam yang ada di sebelah kanan hidungnya tersebut terus menerus gatal dan memicu untuk terus digaruk.

"Tahi lalatnya juga kecil paling nggak sampai 2 sentimeter. Gatal aja, jadi digaruk terus dan berdarah," kata anak ke 7 dari 10 bersaudara tersebut pada Liputan6.com, Sabtu (2/8/2014).

Menurut Kodir, luka pada hidungnya semakin parah hingga pada 2012 ia memeriksakan diri ke RS Hasan Sadikin, Bandung. Disana, Ia melakukan sejumlah pemeriksaan kesehatan mulai dari rontgen, periksa darah dan sebagainya. Hasilnya, Kodir divonis dua penyakit sekaligus. Kanker kulit ganas serta tuberkulosis.

"Ketika itu, dokter di Hasan Sadikin tidak bisa berbuat banyak pada luka di hidung saya. Karena saat itu juga pemeriksaan laboratorium menunjukkan saya menderita tuberkulosis. Kata dokter, saya harus menyembuhkan TB dahulu baru kanker ini bisa diangkat," ujarnya memelas.

Kodir memang bukan golongan orang mampu. Sehari-hari, hidupnya hanya mengandalkan hasil tani. Untuk berobat, ia masih mengandalkan sistem jaminan kesehatan masyarakat alias Jamkesmas. Sedangkan anaknya, bertaruh hidup di ibukota sebagai pedagang kaki lima yang menjual kopi dan mi instan.

Meski begitu, Kodir tinggal bersama sang istri, Aah yang setia mendampinginya. Aah lah yang mengantar Kodir mulai berobat TB 
di RS Cideres sejak bulan lalu. Menurut dokter, Kodir harus minum obat selama 6 bulan agar penyakit TBnya sembuh. Itupun dengan catatan, obatnya harus habis tanpa boleh ada yang terlupakan setiap hari.

Kini, Kodir hanya bisa menunggu kesembuhan TBnya. Sementara setiap hari kanker terus menggerogoti hidungnya hingga terlihat lubang sampai tulang rawannya.

Kodir mengungkapkan, saat mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu seperti ikan, daging ayam atau kacang-kacangan, luka kankernya terasa basah dan sangat tidak nyaman. Disamping itu, dokter menyarankan Kodir untuk tidak terlalu banyak terpapar sinar matahari dan memegang hidungnya karena sinar matahari dapat memperparah kondisinya.

Dihubungi terpisah, ahli radiologi onkologi RS Dharmais, dr. Fielda Djuita Sp. Rad (K) Onk Rad mengatakan, kondisi Kodir bisa lebih buruk karena penyakit TB yang dialaminya.

"Melanoma Maligna cepat sekali menyebarnya. Tapi kalau menderita TB juga, pengobatannya lama," ujarnya singkat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya