Susu Kecoak, Minuman Super di Masa Depan?

Tahukah Anda di balik rupa kecoak yang menggelikan itu rupanya menyimpan zat bergizi bagi tubuh manusia

oleh Bella Jufita Putri diperbarui 02 Sep 2016, 19:49 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2016, 19:49 WIB
Susu kecoak
Tahukah Anda di balik rupa kecoak yang menggelikan itu rupanya menyimpan zat bergizi bagi tubuh manusia

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda berpikir untuk mengonsumsi susu dari kecoak?

Mendengar kata kecoak saja mungkin sudah membuat bulu kuduk jadi merinding. Namun tahukah Anda, di balik rupa kecoak yang menggelikan itu rupanya tersimpan zat bergizi bagi tubuh manusia?

Sebuah studi yang dilakukan selama tujuh tahun, terhitung sejak 2006 hingga 2013, menemukan adanya potensi baik bagi manusia untuk mengonsumsi susu kecoak. Kelompok ilmuwan dari Institute of Stem Cell Biology and Regenerative Medicine (inStem) di Bangalore, India, menemukan bahwa kecoak betina yang melahirkan muda menghasilkan suatu zat yang sangat bergizi.

Dr. Sanchari Banerjee dan Dr. Subramanian Ramaswamy beserta tim, mengklaim bahwa zat dari kecoak tersebut memiliki kekuatan hampir empat kali energi dari susu sapi dan tiga kali energi daripada susu kerbau.

"Jika Anda melihat ke dalam urutan protein, mereka (zat dalam kecoak) memiliki asam amino esensial," kata Banerjee, penulis utama dari studi yang terbit dalam jurnal International Union of Crystallography (IUCrJ).

Peneliti mengungkap bahwa susu yang dihasilkan dari kristal protein yang terdapat di dalam usus kecoak, dapat dijadikan makanan dan minuman super yang bisa memberikan energi bagi tubuh manusia di masa depan. Berani coba?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya