Dongeng ABCD, Hiburan Sarat Ilmu untuk Anak di Masa Pandemi COVID-19

Agar anak memiliki banyak hiburan di tengah pandemi Virus Corona COVID-19, Danone Indonesia meluncurkan dongeng ABCD

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 05 Des 2020, 18:00 WIB
Diterbitkan 05 Des 2020, 18:00 WIB
Dongeng, Dongeng ABCD, Festival Dongeng Internasional Indonesia 2020, Festival Dongeng 2020
Dongeng ABCD bisa diakses ke kanal Youtube Danone Indonesia. Tahun ini, perayaan Festival Dongeng Internasional Indonesia 2020 terasa berbeda karena dirayakan di saat pandemi COVID-19 masih melanda Indonesia (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi COVID-19, yang sudah berlangsung selama sembilan bulan, mengharuskan anak berkegiatan di rumah. Kondisi ini juga turut memengaruhi cara orangtua mengasuh buah hati tercinta.

Selain pelajaran di sekolah, orangtua juga perlu memerhatikan edukasi yang diberikan pada anak tentang pangan bergizi dan kebiasaan hidup sehat.

Guna memermudah orangtua mengedukasi anak mereka, Danone Indonesia meluncurkan rangkaian dongeng digital edukatif ABCD yang dapat diakses orangtua kapan pun dan di mana saja.

Peluncuran dongeng ABCD atau Aku Bintang Cerita Danone bersamaan dengan perhelatan Festival Dongeng Internasional Indonesia 2020 yang diselenggarakan Ayo Dongeng Indonesia.

Founder Ayo Dongeng Indonesia, yang juga pengarang cerita dongeng ABCD, Ariyo Zidni, mengatakan, dongeng bagi seorang anak adalah kegiatan menyenangkan yang dapat mendorong kemampuan berimajinasi dan belajar mereka.

"Selama berkegiatan di rumah, anak pasti juga mengalami rasa bosan dan mencari hiburan di sekitarnya. Dongeng ABCD ini dapat membantu orangtua mengisi waktu anak-anak dengan sesuatu yang menyenangkan dan edukatif," kata Ariyo seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Sabtu, 5 Desember 2020.

Sehingga, lanjut Ariyo, anak bisa tumbuh dan berkembang dengan bahagia di rumah.

 

Simak Video Berikut Ini


Rangkaian Dongeng ABCD

Dongeng, Dongeng ABCD, Festival Dongeng Internasional Indonesia 2020, Festival Dongeng 2020
Dongeng ABCD bisa diakses ke kanal Youtube Danone Indonesia. Tahun ini, perayaan Festival Dongeng Internasional Indonesia 2020 terasa berbeda karena dirayakan di saat pandemi COVID-19 masih melanda Indonesia (Foto: Istimewa)

Rangkaian dongeng ABCD dibuat khusus untuk dinikmati anak-anak yang duduk di bangku PAUD hingga SD. Visualisasi karakter yang unik serta cerita yang menarik diharapkan dapat membuat anak-anak belajar dengan cara yang tidak memberatkan.

Selain itu, dongeng yang tersedia di kanal digital ini juga dapat menjadi alternatif bagi orang tua yang sedang mencari konten hiburan yang edukatif bagi anak-anak.

Tahun ini, dongeng ABCD terdiri dari 5 cerita kesehatan dan nutrisi; yaitu Kenalan dengan Isi Piringku (edukasi gizi seimbang Isi Piringku), Cuci Dulu Dong! (edukasi kebersihan tubuh dan tangan), Ayo Gerak! (edukasi pentingnya aktivitas fisik), Makanan Sehat, Harus Aman! (edukasi pangan yang aman), dan Yuk Minum! (edukasi pentingnya hidrasi sehat).

Seri cerita ABCD yang seluruhnya dibawakan oleh karyawan internal Danone Indonesia ini dapat diakses pada kanal YouTube Nutrisi Bangsa.

 


Mengenai Dongeng ABCD

Corporate Coomunication Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin, mengatakan, melalui dongeng ABCD, pihaknya menghadirkan edukasi menyenangkan terkait izi seimbang, kebersihan tubuh, pentingnya aktivitas fisik, keamanan pangan, hingga hidrasi dalam rangkaian cerita dongeng audiovisual.

Untuk relawan pendongeng ABCD sendiri, melibatkan karyawan internal Danonen Indonesia. Mereka mengedukasi lebih dari 1.000 anak melalui dongeng tentang gizi seimbang.

Edukasi melalui kegiatan yang menyenangkan seperti dongeng bukan kali pertama bagi Danone Indonesia. Sebelumnya, melalui program Bintang Nutricia, sejak 2015 Danone Indonesia rutin bekerjasama dengan komunitas Ayo Dongeng Indonesia untuk menghibur sekaligus mengedukasi anak-anak di Jakarta, Banda (Maluku), Banda Aceh, dan Lombok.

Selain memberikan edukasi melalui dongeng digital kepada anak-anak, lanjut Arif, ABCD juga diikuti oleh kegiatan sosial yang akan diselenggarakan di bulan Desember 2020.

Bekerjasama dengan Foodbank of Indonesia, ABCD akan membagikan makanan dan minuman sehat serta memberikan edukasi gizi seimbang kepada sekitar 100 anak-anak PAUD Pemulung di Manggarai, Jakarta Pusat.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya