Sekolah Tatap Muka Dimulai, Bunda Perlu Pastikan Barang Ini Ada di Tas Anak

Bunda perlu memastikan sejumlah barang-barang terkait prokes yang perlu ada di dalam tas anak sekolah.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 27 Sep 2021, 20:05 WIB
Diterbitkan 27 Sep 2021, 20:05 WIB
Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Jakarta
Siswa mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) perdana di SD Negeri 14 Pondok Labu, Jakarta, Senin (30/8/2021). Adapun seluruh pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah yang menerapkan PTM Terbatas mulai hari ini wajib telah divaksinasi COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Turunnya level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah daerah akan diikuti dengan penyelenggaraan pembelajaran tatap muka di sekolah. Kabar ini tentu menjadi salah satu yang paling ditunggu oleh para pelajar dan orang tua yang ingin aktivitas masuk sekolah dimulai kembali.

Mengingat masih dalam situasi pandemi, maka protokol kesehatan dan prinsip kehati-hatian mutlak harus dikedepankan. Pihak sekolah dan orang tua memiliki peran penting untuk selalu mengingatkan anak-anak mereka agar senantiasa menerapkan prokes mulai dari sebelum berangkat sekolah hingga kembali pulang ke rumah.

Tak hanya himbauan dan pesan semata, Bunda juga perlu memastikan sejumlah barang-barang terkait prokes yang perlu ada di dalam tas anak sekolah. Terutama anak-anak sekolah dasar, yang biasanya seringkali melewatkan beberapa barang.

1. Masker Ganti

Anak-anak cenderung aktif dan masker yang dipakai bisa saja mudah kotor atau basah. Maka dari itu perlu untuk menyiapkan masker cadangan, agar sewaktu-waktu anak bisa ganti dengan masker baru. Berikan masker medis atau kain dengan ukuran khusus anak-anak, sehingga nyaman dipakai dan berfungsi secara maksimal.

2. Hand Sanitizer

Selain membiasakan diri agar anak rajin cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah beraktivitas, Bunda perlu menyiapkan hand sanitizer berukuran kecil yang bisa digantung di tas, ikat pinggang, atau masuk kantong. Agar anak mudah mengakses dan tak mudah hilang. Bisa juga menyiapkan semprotan antivirus atau bakteri untuk keperluannya bila ke toilet atau kamar mandi sekolah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Selanjutnya

bekal sekolah
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

3. Botol Minum dan Bekal Sehat

Kantin di sekolah mungkin masih belum beroperasi. Oleh karena itu, Bunda perlu membekali anak-anak dengan botol minum dan makanan atau camilan sehat. Ingatkan anak untuk menjaga jarak saat minum atau makan karena harus membuka maskernya.

Selain itu, untuk membantu anak belajar lebih baik dan penuh konsentrasi, pastikan di rumah sudah sarapan sehat dan bergizi.

4. Alat tulis dan perlengkapan sekolah

Pastikan seluruh alat tulis dan perlengkapan sekolah sudah tersedia di dalam tas. ulai dari pensil, pulpen, penghapus, penggaris, rautan dan perlengkapan lain. Hal ini agar anak tak perlu meminjam dan melakukan banyak kontak.

Itulah sejumlah barang-barang yang perlu Bunda pastikan ada di dalam tas anak. Lebih dari itu, Bunda perlu ingatkan dan beri pemahaman kepada anak terkait panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi.

Sebelum berangkat sekolah, pastikan anak dalam kondisi sehat dan tidak memiliki gejala seperti suhu ≥37,3°C, atau keluhan batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan/atau sesak napas.

Sepulang dari sekolah, ingatkan anak untuk langsung membersihkan diri (mandi) dan mengganti pakaian sebelum berinteraksi fisik dengan orang lain di dalam rumah.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya