6 Cara Apresiasi Pasangan, Ampuh Atasi Kebosanan dan Jaga Hubungan Tetap Hangat

Sering beri apresiasi kepada pasangan adalah cara terbaik agar hubungan tetap romantis dan terhindar dari kebosanan.

oleh Dyah Puspita WisnuwardaniRuli Ananda Putri diperbarui 09 Sep 2023, 19:00 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi kekasih, pasangan, pacar
Ilustrasi kekasih, pasangan, pacar. (Photo Copyright by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Menjalani hubungan jangka panjang dengan satu orang bukanlah hal yang mudah, ada masa dimana bosan melanda. Kebosanan menjadi tantangan tersendiri dalam suatu hubungan jangka panjang seperti pernikahan. 

"Kebosanan dalam suatu hubungan adalah ketika segala sesuatunya mulai terasa basi, tidak menarik, atau hubungan seperti menjadi kebiasaan," jelas terapis di Choose Therapy, Tricia Johnson, dikutip dari laman Paired.

Lebih lanjut, Tricia menjelaskan, dalam hubungan yang mulai membosankan bisa jadi tidak ada banyak konflik dan dari luar tampak baik-baik saja.

"Tapi semuanya terasa terlalu mudah ditebak dan monoton," tambahnya.

Perlu dicatat, kebosanan belum tentu merupakan tanda bahaya. Terkadang, merasa bosan dalam suatu hubungan tidak berarti hubungan tersebut pasti akan gagal. Namun ketika segala sesuatunya terasa stagnan sehingga Anda dan pasangan mulai menjauh, inilah saatnya untuk melakukan sesuatu.

Salah satu cara menghalau kebosanan dan menjaga hubungan tetap hangat dengan pasangan yakni dengan memberi apresiasi. 

"Menunjukkan lebih banyak rasa terima kasih kepada pasangan secara konsisten adalah cara agar lebih intim dan meningkatnya koneksi dalam suatu hubungan,” tegas Juliana Hauser, Ph.D. terapis hubungan dan keluarga, dilansir laman Self

Apresiasi kepada pasangan banyak bentuknya, membeli hadiah, mengajak jalan, hingga hal yang paling sederhana adalah ucapan terima kasih. 

Jika kamu sedang berada di hubungan yang mulai merenggang, maka cobalah 6 cara apresiasi pasangan berikut agar hubungan semakin rekat dan romantis.

 


Cara Sederhana Mengapresiasi Pasangan

1. Kenali Love Language Pasangan

Merujuk pada buku best seller yang ditulis konselor pernikahan Gary Chapman, Ph.D, The 5 Love Languages, ada lima jenis bahasa cinta yang dimiliki pasangan secara umum.

Bahasa cinta pasangan yang dimaksud seperti: words of affirmation, quality time, receiving gifts, act of service, dan physical touch.

“Mengetahui bahasa cinta pasangan dapat membantu Anda menentukan cara terbaik untuk menunjukkan penghargaan kepada pasangan, dengan cara yang paling berarti bagi mereka,” jelas Hauser.

2. Beri Kata-Kata Perhatian

Ketika kita berada di hubungan jangka panjang yang serius, situasi dan kondisinya menjadi terlalu nyaman untuk sekadar mengungkapkan kata-kata perhatian kecil. Seringkali kita lupa untuk mengapresiasi pasangan. 

“Salah satu prinsip bersyukur adalah mengakui bahwa seseorang benar-benar berarti bagi Anda. Cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui tindakan kecil, seperti menciumnya dan mengucapkan selamat tinggal, mengucapkan selamat pagi dan selamat malam," jelas Hauser.


Apresiasi dan Cintai Diri Sendiri

3. Puji Pasangan untuk Memberinya Apresiasi

Pujian yang paling umum dan sederhana biasanya yaitu:

“Kamu yang terbaik, sayang.”

“Terima kasih banyak untuk semuanya.”

“Aku tidak tahu apa yang akan kulakukan tanpamu.”

Meski kata-kata itu terdengar positif dan baik, ada kata-kata tertentu yang akan lebih mengena bagi pasangan yaitu ungkapan yang lebih spesifik. Jadi pastikan untuk memberi pujian yang sesuai dengan kelebihan yang dimiliki pasangan Anda. 

"Mengutarakan alasan Anda mengapresiasi pasangan akan semakin mengukuhkan betapa berartinya mereka bagi Anda, karena hal yang spesifik itu akan membuat perasaan syukur Anda semakin tampak nyata dan terasa," tambah Hauser. 

Cara itu juga akan membuat pujian Anda terasa lebih tulus. 

4. Pastikan Menjaga Diri Sendiri

Sebelum memberi perhatian kepada orang lain, pastikan telah menyayangi diri sendiri. Semua akan percuma jika diri sendiri tidak dirawat, akan sulit untuk memenuhi kebutuhan pasangan. Pastikan diri sendiri untuk mendapatkan tidur yang cukup, karena tidur mempengaruhi kualitas hubungan.

"Studi menemukan bahwa kurang tidur dikaitkan dengan lebih banyak konflik dalam hubungan, mungkin karena hal ini dapat membuat Anda merasa rewel dan egois serta terlalu lelah untuk bersikap baik atau bahkan berurusan dengan pasangan Anda," jelasnya.


Tindakan Pasca Bertengkar

5. Tulis Pesan Kecil untuk Pasangan

Cara ini mungkin terkesan berlebihan bagi sebagian pasangan. Tapi Hauser meyakinkan bahwa cara ini memiliki kesuksesan yang tinggi pada klien-kliennya. 

Anda bisa mulai dengan menyiapkan kertas catatan yang mudah diakses di sekitar rumah, seperti di dapur, di meja kerja. Lalu, Anda dan pasangan bisa menuliskan pesan-pesan kecil yang berisi apresasi atas diri mereka setiap beberapa hari sekali. 

Pesan itu bisa sesederhana, "Terima kasih sudah membereskan tempat tidur pagi ini, Sayang." 

Atau penggalan lirik lagu yang mewakili perasaan syukur Anda atas kehadiran mereka dalam hidup. 

“Jurnal itu dengan sendirinya akan menjadi bentuk rasa syukur, karena Anda berdua meluangkan waktu untuk menunjukkan satu sama lain bahwa Anda peduli,” jelas Hauser.

6. Flirting!

Sebagai terapis hubungan, Hauser meyakini, flirting atau menggoda pasangan adalah cara yang akan tetap ampuh menjaga hubungan. 

"Flirting adalah rasa syukur, karena rasa syukur adalah melihat seseorang dan menghargai serta menginginkan mereka, bagian dari mengingkan adalah membuat seseorang merasa diinginkan” jelas Hauser.

Berkirim pesan menggoda di sela-sela hari pun bisa dilakukan oleh pasangan untuk kembali menghangatkan hubungan. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya