Pakar Bagikan 5 Tips Mencuci Bra yang Tepat agar Awet

Salah satu perawatan yang penting untuk bra, yaitu dengan mencucinya.

oleh Ruli Ananda Putri diperbarui 20 Sep 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi bra.
Ilustrasi bra. (dok. fsHH/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Liputan6.com, Jakarta - Bra atau breast holder (BH) dan celana dalam, sama-sama pakaian dalam yang perlu dijaga kebersihannya. Namun, cara mencuci kedua benda tersebut berbeda. Maka dari itu, penting mengetahui cara tepat mencuci bra agar tidak mudah rusak.

Menurut pakar kebersihan Joyce French, bra sebaiknya dicuci dengan tangan. Jika cara mencuci tidak tepat hal ini bisa menyebabkan jamur dan ragi menumpuk di serat serat bra. Inilah yang memicu ruam dan iritasi kulit.

Selain mengurangi bakteri pada bra, mencuci dengan tangan juga membuat bra lebih awet. Terutama bra yang mahal, pasti dibuat dengan bahan sutra, renda, dan memiliki banyak detail. Maka sangat disarankan untuk mencucinya dengan tangan.

Deyan Dimitrov, seorang pakar laundy pun memberi tahu cara mencuci bra, yaitu sebagai berikut seperti melansir The Sun, Rabu (20 September 2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

  • Gunakan detergen dan air dingin.
  • Rendam sekitar 5-10 menit.
  • Bilas hingga bersih dengan air dingin.
  • Tambahkan sedikit cuka dan biarkan terendam 20 menit.
  • Keringkan di udara terbuka agar bentuk, warna, dan elastisitasnya tetap terjaga.

Kapan Harus Mengganti Pakaian Dalam?

Fakta dan Mitos Seputar Bra dan Kesehatan Payudara, Cek yang Benar di Sini
Ilustrasi mengganti bra. (dok. cottonbro/Pexels)

Deyan menyebut, setiap penggunaan bra dan celana dalam terbaik, yaitu selama 12 bulan. Jika melebihi waktu tersebut, tapi kondisi bra dan celana dalam masih dalam keadaan baik, berarti masih bisa digunakan kembali.

Lalu kapan, perlu buang celana dalam dan bra?

“Tanda kapan seseorang harus membuang dan mengganti pakaian dalam, jika celana dalam sudah usang dan mengalami kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Lalu pada bra, terlihat karet yang elastis dan kendor, tidak nyaman dipakai, serta renda yang terurai,” jelasnya.

Sementara itu, Joyce menyarankan untuk mengganti pakaian dalam setelah 50 kali pencucian.

Menurutnya, akan lebih baik pakaian dalam diganti secepat mungkin.


Tips Merawat Bra

Ilustrasi beberapa macam ukuran bra (Istimewa)
Ilustrasi beberapa macam ukuran bra (Istimewa)

Supaya menjaga warna dan bentuk bra tetap baik, maka perlu merawat bra dengan cara yang tidak asal-asalan, berikut saran pakar:

Tidak memakai semua bra yang ada di lemari

Faktanya, wanita hanya memakai 2 dari 10 bra yang mereka miliki. Sehingga, lebih baik memiliki bra dengan jumlah lebih sedikit, dan merawatnya dengan baik.

Perhatikan kondisi bra lebih baik lagi

Memakai bra yang tepat, akan membuat perasaan jauh lebih baik. Maka dari itu, rawat bra dengan cara-cara yang telah diketahui.

Mencuci bra secara rutin

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pastikan mencuci bra usai digunakan.

Mencuci bra dengan benar

Cara membuat bra awet, adalah dengan mencucinya dengan tangan. Jika terpaksa mencuci di mesin, pilih putaran mesih yang paling lembut, atau mode hand wash.

Lalu, letakkan bra pada kantong, dan masukkan ke mesin cuci. Pilihan sabun juga memengaruhi usia bra. Gunakan sabun yang lembut yang biasa digunakan untuk mencuci baju renang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya