Jelang Indonesia-Africa Forum, Wamenkes Dante Pantau Kesiapan Skrining Mpox di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Selain memastikan kesiapan skrining Mpox, Kemenkes melalui Balai Kekarantinaan Kesehatan juga memasang informasi sosialisasi mengenai kewaspadaan dan pencegahan Mpox.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 29 Agu 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 06:00 WIB
Skrining Mpox, Wamenkes Dante
(Foto: Kementerian Kesehatan)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI Prof dr Dante Saksono Harbuwono memastikan kesiapan skrining monkeypox atau Mpox di area kedatangan internasional Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu (28/8). Pengecekan tersebut dilakukan sebagai bagian dari persiapan penyelenggaraan Indonesia-Africa Forum (IAF) pada 1-3 September 2024.

"Hari ini saya datang ke Bandara Ngurah Rai untuk mengecek kesiapan skrining kesehatan untuk Mpox karena akan diselenggarakan Indonesia-Africa Forum,” ujar Dante, mengutip laman Sehatnegeriku.

Skrining Mpox dinilai sangat penting guna memastikan semua kegiatan IAF di Bali dapat berjalan baik tanpa penyebaran virus Mpox. Dante pun mengatakan pihaknya telah menetapkan skenario penanganan, mulai dari penatalaksanaan skrining hingga rujukan ke rumah sakit bagi penumpang yang terkonfirmasi Mpox.

"Kita bersama Balai Kekarantinaan Kesehatan menentukan skenario skrining, mulai dari penempatan alat skrining, ruang PCR, kuesioner hingga proses rujuk ke rumah sakit,” ucap Dante.

Adapun skrining Mpox dilakukan mulai dari jalur kedatangan internasional di mana semua penumpang melewati thermal scanner terlebih dulu. Jika terdeteksi suhu tubuhnya di atas 37,5 derajat Celsius, makan akan dilakukan pemerksaan ulang menggunakan thermal gun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Siapkan Skrining hingga Evakuasi ke RS Setempat

"Dengan skenario yang kita terapkan dan kita coba simulasikan pada hari ini, kita sudah menentukan tempat di mana akan dilakukan pemeriksaan swab, di mana akan dilakukan pemasangan thermal scanner, di mana akan dilakukan skrining dengan menggunakan kuesioner, sehingga nanti semua bisa teridentifikasi dengan tepat dan tidak mengganggu penumpang yang lainnya,” ucap Dante.

"Demikian juga jalur evakuasi, apabila terjadi kasus positif akan langsung kami evakuasi ke rumah sakit setempat," imbuhnya.

Selain memastikan kesiapan skrining Mpox, Kemenkes melalui Balai Kekarantinaan Kesehatan juga memasang informasi sosialisasi mengenai kewaspadaan dan pencegahan Mpox pada layar digital di jalur kedatangan internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya