Lebar Lapangan Sepak Bola Adalah Pengetahuan Dasar Permainan, Ini Rinciannya

Lebar lapangan sepak bola adalah hal yang perlu diketahui oleh para pelaku yang terlibat dalam permainan sepak bola, berikut rinciannya

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 14 Sep 2022, 13:05 WIB
Diterbitkan 14 Sep 2022, 13:05 WIB
Sepak bola
Ilustrasi lapangan sepak bola. (Pexels.com/Mike)

Liputan6.com, Jakarta Lebar lapangan sepak bola adalah hal yang perlu diketahui oleh para pelaku yang terlibat dalam permainan sepak bola, baik itu pemain, pelatih, hingga wasit. Ini karena dengan memahami ukuran lapangan, maka akan lebih mudah juga untuk tim membuat strategi dalam memenangkan pertandingan.

Sepak bola merupakan salah satu olahraga paling populer di dunia. Permainan ini memiliki sejumlah besar penggemar dan banyak atlet di dalamnya. Untuk memainkan sepak bola, dibutuhkan lapangan yang cukup luas dengan bentuk persegi panjang, agar permainan dapat berjalan dengan baik dan benar.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui panjang dan lebar lapangan sepak bola yang digunakan. Mengetahui panjang dan lebar lapangan sepak bola adalah salah satu strategi untuk dapat memenangkan pertandingan. Hal ini karena tim sepak bola yang bertanding bisa memperkirakan jarak dan ruang mana saja yang akan mereka tempati untuk menyerang atau bertahan.

Lebar lapangan sepak bola adalah ukuran yang sudah ditentukan sesuai standar. Terdapat dua ukuran lapangan sepak bola yang menjadi standar di Indonesia. Untuk informasi lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/9/2022), tentang ukuran lapangan sepak bola di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ukuran Panjang dan Lebar Lapangan Sepak Bola

jadwal pertandingan dan siaran langsung sepak bola
ilustrasi

Lebar lapangan sepak bola adalah ukuran yang sudah ditentukan sesuai standar. Ukuran panjang dan lebar lapangan sepak bola yang ada di Indonesia dibedakan menjadi dua yaitu ukuran lapangan sepak bola dengan standar nasional dan ukuran lapangan sepak bola dengan standar internasional, berikut rinciannya.

1. Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Nasional

Lapangan standar nasional adalah lapangan yang digunakan oleh pemain sepak bola yang ada di dalam negeri. Ukuran lapangan dalam negeri yang sering digunakan oleh pemain negeri tersebut saja, cenderung lebih kecil dibandingkan dengan ukuran lapangan yang bertaraf Internasional.

Jadi ukuran lapangan dalam negeri di bawah ukuran lapangan bertaraf Internasional. Ukuran lapangan dalam negeri yang digunakan oleh pemain adalah kisaran 90 sampai 120 meter untuk panjang lapangan. Dan ukuran lebar lapangan adalah kisaran 45 sampai 90 meter.

Ukuran di atas adalah ukuran standar yang sudah lama digunakan. Untuk lebih rinci mengenai lapangan sepak bola nasional, berikut adalah penjelasan lengkapnya:

- Untuk ukuran lingkaran tengah lapang biasanya adalah 9.15 meter.

- Ukuran kotak kiper yang digunakan adalah 18. 30m x 5,5 meter.

- Penyedia kotak penalti yang diletakan di depan gawang adalah 40,3 meter x 16,5 meter.


Ukuran Panjang dan Lebar Lapangan Sepak Bola

Sepak bola
Ilustrasi bermain sepak bola. (Pexels.com/Ashley Williams)

2. Lapangan Sepak Bola Standar Internasional

Lebar lapangan sepak bola adalah ukuran yang juga ditentukan dalam standar internasional. Sebagaimana yang telah sebutkan di atas, bahwa ukuran lapangan sepak bola standar Internasional akan sedikit lebih luas dibandingkan ukuran lapangan sepak bola yang berstandar Nasional. Kenapa berbeda? Karena skala lapangan ini tidak hanya digunakan oleh pemain negeri tersebut saja. Akan tetapi juga digunakan oleh negara lain yang terlibat dalam pertandingan. Jadi ukuran yang dimiliki oleh lapangan yang bertaraf Internasional adalah sebagai berikut;

- Panjang lapangan yang memenuhi kriteria adalah 100 m sampai 110 meter

- Sedangkan lebarnya adalah kisaran 64 meter sampai 75 meter.

- Untuk ukuran gawangnya adalah lebar 7,32 meter dan tingginya 2,44 meter


Area dan Komponen Lain Dalam Lapangan Sepak Bola

stadium sepak bola
ilustrasi Sepak Bola. Image by Marco Pomella from Pixabay

Selain ukuran panjang dan lebar lapangan sepak bola, hal lain yang perlu diperhatikan adalah area yang terdapat di lapangan dan komponen lain yang dapat menunjang permainan sepak bola, agar dapat berjalan dengan maksimal. Yaitu:

1. Area Gawang

Area gawang adalah kotak kecil di dalam area penalti. Aturan FIFA menetapkan bahwa jarak dari setiap tiang gawang ke garis yang sejajar dengan garis sentuh harus 5,5 meter. Ketika ukuran gawang standar ditambahkan, jarak antar garis menjadi 18,32 meter.

2. Area Pinalti

Area penalti adalah kotak yang lebih besar di dekat gawang yang mengintegrasikan area gawang dan titik penalty. Garis-garis yang menjorok ke dalam sawah adalah 16,5 meter dan jaraknya 40,32 meter satu sama lain. Titik pinalti terletak 11 meter dari garis gawang dan berpusat di garis gawang lapangan.

3. Rumput

Panjang rumput

Panjang rumput di lapangan adalah 25-30 milimeter. Rumput sering dipotong dari sisi ke sisi, di setiap panjang lainnya, yang membawa garis-garis yang terlihat di rumput. Hal ini dilakukan untuk membantu asisten wasit untuk melihat offside lebih mudah dengan memberikan referensi vertikal.

Jenis rumput

Jenis rumput yang digunakan berbeda tergantung pada iklim. Di daerah yang dingin, jenis rumput seperti ryegrass, meadow-grass and rescue lah yang akan digunakan. Sedangkan di daerah yang lebih hangat, jenis rumput seperti rumput bermuda, spesies zoysia dan paspalum pantai lah yang akan digunakan.


Area dan Komponen Lain Dalam Lapangan Sepak Bola

jadwal pertandingan dan siaran langsung sepak bola_2
Ilustrasi

4. Drainase

Di dalam pedoman UEFA, diatur pedoman untuk drainase lapangan sepak bola. Hal ini untuk menghindari lapangan yang diisi dengan air ketika hujan lebat, lapangan harus memiliki zona akar yang didominasi pasir di bawah rumput lapangan. Zona yang didominasi pasir ini adalah sub-base yang kemudian akan dikeringkan dengan pipa.

5. Tiang gawang

Sampai tahun 1882, tiang gawang tidak memiliki mistar gawang dan gol dapat disetujui ketika bola ditendang di antara tiang beberapa meter di udara. Sesaat sebelum mistar gawang diperkenalkan, pita sekitar 2,5 meter di atas tanah digunakan sebagai penanda ketinggian. Jaring kemudian diperkenalkan sepuluh tahun kemudian di Inggris. Hingga akhirnya saat ini terbentuk standar tiang gawang yang digunakan dalam permainan sepak bola.

Begitulah penjelasan tentang lebar lapangan sepak bola dan ketentuan teknis dalam lapangan sepak bola.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya