12 Nama-Nama Bulan Islam dan Artinya, Beda dengan Kelender Masehi

Ada 12 nama-nama bulan Islam dan artinya yang penting diketahui oleh umat muslim diseluruh dunia.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 04 Mar 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 04 Mar 2023, 15:00 WIB
(STOK 4 MARET) 12 Nama-Nama Bulan Islam dan Artinya, Beda dengan Kelender Masehi
Ilustrasi Kalender (Sumber Foto: ep.jhu.edu)

Liputan6.com, Jakarta Nama-nama bulan Islam berguna untuk umat Islam dalam penentuan hari-hari penting lain, selain dengan kalender Masehi. Pada umumnya, nama-nama bulan Islam memiliki total sebanyak dua belas seperti kalender Masehi.

Nama-nama bulan Islam disebut juga dengan kalender Hijriyah. Kalender Hijriyah merupakan suatu sistem penanggalan yang didasarkan pada hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah.

Fungsi utama dari adanya nama-nama bulan Islan ini digunakan sebagai penentu hari-hari penting dalam Islam, seperti hari raya Idul Fitri, hari raya Idul Adha, dan masih banyak lagi. Berikut Liputan6.com ulas mengenai nama-nama bulan Islam dan artinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (4/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Nama-Nama Bulan Islam dan Artinya

(STOK 4 MARET) 12 Nama-Nama Bulan Islam dan Artinya, Beda dengan Kelender Masehi
Ilustrasi kalender | unsplash.com/@socialcut

Ini daftar nama bulan Islam dalam kalender Hijriyah masih mengutip dari sumber buku yang sama:

1. Muharram

Bulan Muharram adalah salah ssatu dan yang pertama dari 12 bulan dalam kalender hijriah yang tercantum pada Kitabullah, sejak Allah SWT menjadikan alam semesta. Allah SWT berfiman:

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram (Maksudnya ialah: bulan Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri (Maksudnya janganlah kamu menganiaya dirimu dengan mengerjakan. perbuatan yang dilarang, seperti melanggar kehormatan bulan itu dengan mengadakan peperangan) kamu dalam bulan yang empat if dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa" (QS. Al Taubah 36)

2. Safar

Nama-nama bulan Islam dalam kalender Hijriyah yang kedua adalah Safar. Bulan safar memiliki arti kosong, ini sebuah peringatan bagi para pemuda Arab untuk pergi merantau dari kampungnya.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah bersabda:

"Tidak ada 'Adwa (penyakit menular), tidak Thiyarah (merasa sial), tidak ada Hamah (burung hantu)m dan tidak ada Shafar (bulan Safar yang mendatangkan kesialan). Hindarilah penyakit kusta layaknya engkau menghindari singa." (HR. Bukhari)

3. Rabi’ul Awal

Nama-nama bulan Islam dalam kalender Hijriyah yang selanjutnya adalah Rabi’ul Awal. Ini bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Rabi’ul awal artinya bulan pulangnya para pemuda dari perantauan menuju kampung halaman mereka.

"Itu adalah hari aku dilahirkan, diangkat menjadi Nabi, dan diturunkannya kepadaku Al-Qur'an (pertama kali)." (HR. Muslim)


Nama-Nama Bulan Islam dan Artinya

(STOK 4 MARET) 12 Nama-Nama Bulan Islam dan Artinya, Beda dengan Kelender Masehi
Ilustrasi Kalender (Sumber Foto: cloudfront.net)

4. Rabi’ul Akhir

Nama-nama bulan Islam dalam kalender Hijriyah yang selanjutnya adalah Rabi’ul Akhir. Ini momen di mana kegiatan beternak atau menggembala unta dan domba dilakukan oleh para pemuda sepulangnya mereka dari perantauan.

5. Jumadil Awal

Nama-nama bulan Islam dalam kalender Hijriyah yang selanjutnya adalah Jumadil Awal. Bulan ini dimulainya musim kekeringan atau musim gugur. Pada bulan Islam ini, umumnya akan banyak lahan yang mengering sehingga sulit untuk bercocok tanam.

6. Jumadil Akhir

Nama-nama bulan Islam dalam kalender Hijriyah yang berikutnya adalah Jumadil Akhir. Bulan penyambutan dari bulan baru yang dilakukan untuk mengakhiri masa sulit pada bulan sebelumnya seperti masa kekeringan.


Nama-Nama Bulan Islam dan Artinya

(STOK 4 MARET) 12 Nama-Nama Bulan Islam dan Artinya, Beda dengan Kelender Masehi
Ilustrasi kalender (dok. Pexels.com/tigerlily713)

7. Rajab

Nama-nama bulan Islam dalam kalender Hijriyah yang ketujuh adalah Rajab. Pada bulan ini memiliki arti mulai dan menahan diri. Rajab adalah bulan yang istimewa karena terdapat peristiwa Isra’ Mi’raj. Kementerian Agama atau Kemenag RI mendefinisikan bulan Rajab sebagai bulan yang istimewa.

Pada tanggal 27 di bulan ini, umat Islam di seluruh dunia merayakan Isra Miraj Nabi Muhammad yaitu pada saat Rasulullah melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dengan Burak, dan dari Masjidil Aqsa ke Sidratulmuntaha menghadap Allah SWT.

8. Syakban

Nama-nama bulan Islam dalam kalender Hijriyah yang ke delapan adalah Syakban. Syakban merujuk pada kelompok. Arti nama Sya’ban berarti pemisahan. Penamaan bulan Islam ini, mulanya karena masyarakat terbagi menjadi beberapa kelompok untuk mempertahankan komunitasnya. Aisyah RA berkata:

“Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW melakukan puasa satu bulan penuh kecuali puasa bulan Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak berpuasa sunah melebihi (puasa sunah) di bulan Sya'ban.” (HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156)

9. Ramadhan

Nama bulan Islam dalam kalender Hijriyah yang kesembilan adalah Ramadhan. Ramadhan menjadi bulan penuh berkah dan ampunan karena seluruh umat Islam diwajibkan melaksanakan ibadah puasa sekaligus menunaikan zakat fitrah. Bulan Ramadhan ini juga disebut dengan bulan istimewa yang hanya datang selama satu tahun sekali.

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim No. 860)


Nama-Nama Bulan Islam dan Artinya

(STOK 4 MARET) 12 Nama-Nama Bulan Islam dan Artinya, Beda dengan Kelender Masehi
Ilustrasi melihat kalender | Via: popavenue.com

10. Syawal

Nama-nama bulan Islam dalam kalender Hijriyah yang kesepuluh adalah Syawal. Syawal disebut pula sebagai bulan berburu bagi umat Islam pada zaman Nabi Muhammad SAW.

Abu Ayyub al-Ansari (semoga Allah SWT ridho atasnya) melaporkan Rasulullah SAW berkata:

"Dia yang berpuasa selama Ramadhan dan melanjutkannya dengan enam hari puasa saat bulan Syawal akan seperti melakukan puasa terus menerus." (HR Muslim)

11. Dzulkaidah

Nama-nama bulan Islam dalam kalender Hijriyah yang kesebelas adalah Dzulkaidah. Makna nama bulan Islam ini bulan istirahat.

“Rasulullah saw berumrah sebanyak empat kali, semuanya pada bulan Dzulqa’dah kecuali umrah yang dilaksanakan bersama haji beliau, yaitu satu umrah dari Hudaibiyah, satu umrah pada tahun berikutnya, satu umrah dari Ji’ranah ketika membagikan rampasan perang Hunain dan satu lagi umrah bersama haji.” (HR. al-Bukhari)

12. Dzulhijjah

Nama-nama bulan Islam dalam kalender Hijriyah yang kedua belas adalah Dzulhijjah. Pada bulan ini umat Islam di seluruh dunia melaksanakan ibadah haji. Seperti yang diriwayatkan dalam hadis oleh Al Bukhari, yakni:

“Tidak ada hari yang amal shalih lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari yang sepuluh ini (10 awal Dzulhijjah).” Para sahabat bertanya: “Apakah lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah ?” Beliau bersabda, “Iya. Lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan harta dan jiwa raganya kemudian dia tidak pernah kembali lagi (mati syahid).” (HR. Al Bukhari)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya