Contoh Dakwah dengan Tema Sabar, Menuntut Ilmu, Sholat, Sedekah dan Jodoh

Contoh dakwah bisa menjadi referensi bagi kita yang mendapat tugas untuk berdakwah, namun belum pernah melakukannya sebelumnya.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 14 Apr 2023, 15:30 WIB
Diterbitkan 14 Apr 2023, 15:30 WIB
6 Potret Syekh Muhammad Jaber, Adik Syekh Ali Jaber yang Akan Lanjutkan Dakwah
Syekh Muhammad Jaber (Sumber: Instagram/@syekh_muhammad_jaber)

Liputan6.com, Jakarta Contoh dakwah bisa menjadi referensi bagi kita yang mendapat tugas untuk berdakwah, namun belum pernah melakukannya sebelumnya. Dengan contoh dakwah, kita bisa mengetahui, apa yang seharusnya disampaikan dan bagaimana menyampaikan kebaikan.

Dakwah sebenarnya tidak hanya tugas para ulama saja. Dakwah merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Bahkan dakwah disebut sebagai pekerjaan terbaik sebagaimana Allah SWT berfirman,

”Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal shalih dan berkata sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (QS. Fushshilat, 41: 33)

Kewajiban muslim untuk berdakwah ini diperkuat dengan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi,

لِأَنْ يَهْدِيَكَ اللهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِدًا خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُوْنَ لَكَ مِنْ حُمُرِ النَّعَمِ. رواه مسلم

Artinya: Sungguh jika Allah memberi petunjuk kepada seseorang melalui engkau (dakwah engkau) maka itu lebih baik bagimu daripada engkau memiliki onta merah. (HR. Muslim)

Karena dakwah merupakan kewajiban bagi setiap muslim, berikut adalah sejumlah contoh dakwah sederhana dengan berbagai tema, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (14/4/2023).


Contoh Dakwah tentang Sabar

Contoh dakwah pertama adalah dakwah tentang kesabaran. Seperti yang kita tahu, saling mengingatkan kepada kebaikan dan kesabaran merupakan kewajiban muslim terhadap muslim lainnya, sebagaimana Allah SWT berfirman,

“Demi Masa. Sesungguhnya manusia berada dalam kerugian. Kecuali mereka yang beriman dan beramal saleh, serta saling menasihati dalam kebenaran dan saling menasihati dalam kesabaran.” (QS. Al-’Ashr:1-3).

Berikut adalah contoh dakwah tentang kesabaran:

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Allah Swt. selalu menghendaki umat-Nya untuk berlaku sabar dan lapang dada dalam melakukan segala hal. Sabar merupakan kata serapan bahasa Arab yang bermakna menahan diri. Perilaku sabar akan mudah diterapkan jika Anda memahami makna dan hikmah yang diperoleh atas amalan sabar. Maka itu, mulailah sedari dini untuk membiasakan diri menerapkan sabar dalam kehidupan sehari-hari.

Perilaku sabar dapat diterapkan dengan sadar bahwa ternyata kehidupan dunia tidak terlepas dari bermacam cobaan. Namun, pada hakikatnya Allah sedang menguji umat-Nya apakah bisa melalui sebuah ujian dengan sabar atau tidak. Untuk itu, marilah bertindak sabar selagi masih diberi kesempatan hidup di dunia.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 


Contoh Dakwah tentang Sholat

Gus Baha (Tangkap layar YouTube Kumparan Dakwah)
Gus Baha (Tangkap layar YouTube Kumparan Dakwah)

Seperti yang telah diketahui, sholat merupakan salah satu kewajiban bagi setiap muslim tanpa terkecuali. Oleh karena itu, mengingatkan kepada setiap muslim untuk menegakkan sholat merupakan contoh dakwah yang penting untuk disampaikan.

Berikut adalah contoh dakwah tentang perintah sholat:

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah Swt., yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kita semua selalu sehat dan dalam perlindungan-Nya. Tidak lupa selawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw.

Pada pagi yang cerah ini, izinkan saya menyampaikan materi yang berkaitan dengan salat. Salat merupakan kewajiban bagi pemeluk agama Islam. Rasulullah saw., bersabda "salat itu seperti sebuah tiang di dalam agama".

Hal ini dapat diibaratkan seperti sebuah rumah, jika tidak mempunyai tiang maupun tembok sebagai penyangga pasti roboh dan tidak dapat berdiri.

Mengingat betapa pentingnya shalat maka orang yang sedang sakit pun tetap diwajibkan salat. Apabila tidak mampu berdiri bisa sembari duduk atau tiduran sesuai ketentuan yang telah diatur.

Rasulullah saw. pernah berkata kalau manusia mengetahui bahwa pahala salat subuh dan ashar maka setiap orang akan mendatanginya, walaupun harus merangkak. Hal ini menjadi bukti begitu besarnya pahala dari mengerjakan sholat.

Sholat tidak hanya menjadi suatu kewajiban saja melainkan juga sebagai bukti keimanan seseorang kepada Allah Swt. Di dalam QS. Al Ma'uun: 4-5 Allah Swt. berfirman yang artinya:

"Celakalah mereka yang sholat, yaitu orang-orang yang telah lalai dengan sholatnya."

Orang-orang yang tidak mengerjakan salat maka akan celaka dan rugi. Jika sholat seseorang baik maka amalan yang lain ikut baik. Namun, apabila sholatnya buruk maka amalan lainnya juga buruk.

Salat sebaiknya dilaksanakan tepat waktu secara khusuk. Saat kumandang adzan terdengar, bersegeralah datang ke masjid. Namun, untuk perempuan lebih diutamakan sholat di rumah.

Sholat juga berfungsi mencegah perbuatan keji dan mungkar. Hal ini seperti firman Allah Swt., di QS. Al-Ankabut. Dengan demikian, seseorang tidak akan melakukan perbuatan dosa, seperti mencuri, berzina, melakukan tindak kekerasan, dan lain-lain.

Demikian, materi singkat yang dapat saya sampaikan, semoga Allah Swt. memberi kemudahan kepada kita untuk selalu menjalankan sholat dengan baik sesuai tuntunan agama. Aamiin.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 


Contoh Dakwah tentang Menuntut Ilmu

Syekh Ali Jaber
Syekh Ali Jaber saat berdakwah. (Yayasan Syekh Ali Jaber via YouTube Syekh Ali Jaber)

Menuntut ilmu adalah wajib bagi muslimin dan muslimah. Dengan menuntut ilmu, baik ilmu dunia maupun ilmu agama, isnyaallah kehidupan kita akan menjadi lebih baik. Dan berikut ini adalah contoh dakwah tentang menuntut ilmu:

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Alhamdulillah kita semua sampai saat ini masih diberikan kesehatan jasmani dari Allah Swt. sehingga kita semua dapat berkumpul dalam acara ini. Selawat serta salam tak luput mari kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad saw. Semoga kita semua mendapatkan syafaatnya di yaumil akhir kelak. Amin.

Hadirin yang kami muliakan,

Ilmu pengetahuan memberi kita pemahaman mengenai pentingnya menuntut ilmu sebagaimana telah diberikan contoh Allah melalui firman pertama yang turun. Bahwasanya Allah mengajari Nabi Muhammad untuk membaca.

Selain itu, dalam surat Al Mujadalah ayat 11 menjelaskan mengenai kedudukan orang yang menuntut ilmu. Allah akan meninggikan derajat orang orang berilmu.

Tanpa ilmu pengetahuan seseorang akan buta dengan apa yang ada di sekitarnya. Oleh sebab itu, jangan letih untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya.

Demikian yang saya tuturkan, apabila ada salah ucap saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 


Contoh Dakwah tentang Kematian

Oki Setiana Dewi safari dakwah di Amerika (Instagram/okisetianadewi)
Oki Setiana Dewi safari dakwah di Amerika (Instagram/okisetianadewi)

Kematian adalah hal yang pasti terjadi pada semua yang hidup. Oleh karena itu, tema tentang kematian adalah contoh dakwah yang penting untuk disampaikan, agar kita semua jadi lebih menghargai hidup.

Berikut adalah contoh dakwah tentang kematian:

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Allah Swt. akan senantiasa memberikan nikmat serta karunia-Nya kepada umat-Nya. Nikmat tersebut harus selalu Anda syukuri kapan saja dan di mana saja. Pada kesempatan hari ini, izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah tentang kematian.

Dalam Al-Qur'an telah dijelaskan dalam surat Ali Imran ayat 185. Dalam ayat tersebut sudah jelas bila mana kematian pasti akan menghampiri setiap manusia yang hidup di dunia. Mengenai waktunya, tidak ada satu pun manusia yang mengetahui kapan ajalnya mulai menjemput. Ingatlah saudara–saudaraku, kehidupan di dunia ini hanyalah sementara.

Mulailah untuk memupuk kebaikan dan amalan untuk bekal di akhirat kelak. Itu karena tidak ada yang bisa menolong diri kita sendiri, selain amal perbuatan baik. Allah Swt. telah mempersiapkan surga bagi orang–orang yang selalu berbuat baik. Namun, Allah Swt. akan memberikan neraka bagi manusia yang lalai dalam kehidupannya di dunia.

Maka itu, jangan pernah terlena dengan keadaan yang ada di dunia yang fana ini. Itu semua hanyalah bersifat sementara yang akan diambil kapan pun oleh Allah. Sekian penjelasan tentang kematian dari saya. Semoga kita semua selalu dilindungi dari siksa api neraka.

Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 


Contoh Dakwah tentang Sedekah

Gus Miftah di Madura
Gus Miftah hadir di Madura untuk memberi inspirasi dan motivasi kepada para tokoh muda, terutama para Lora dan Bhindereh untuk terus menjalankan misi dakwah. (Dok. IST/Gus Miftah)

Sedekah merupakan perbuatan yang tidak hanya akan menghasilkan kebaikan pada diri sendiri, tapi juga orang lain. Sedekah merupakan amal yang diajurkan untuk diperbanyak terutama di bulan Ramadhan.

Berikut adalah contoh dakwah tentang sedekah:

 

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai sedekah.

Sedekah merupakan perilaku terpuji yang sangat disukai oleh Allah SWT dan sangat dianjurkan bagi kita yang mempunyai rejeki lebih. Harta yang kita miliki sebagiannya adalah hak orang-orang yang tidak mampu, jadi kita harus mengeluarkan hak mereka agar harta kita menjadi bersih.

Rasulullah Saw sudah mengajarkan kepada umat-umatnya untuk mengutamakan bersedekah. Sedekah akan membuat hidup menjadi barokah. Allah juga berjanji bahwa bersedekah tidak membuat kita menjadi miskin. Justru Allah akan melipat gandakan harta yang sudah kita sedekahkan.

Semoga dengan bersedekah akan memberi manfaat bagi kehidupan kita di masa yang akan datang dan membuka pintu rejeki seluas-luasnya.

Demikian yang bisa saya sampaikan, Wassalamualaikum wr.wb

 


Contoh Dakwah tentang Jodoh

Lulusan English for Ulama Berbagi Cerita Pengalaman Dakwah di Kota Manchester
Ulama Lulusan program English for Ulama, Beni Safira.

Menikah adalah salah satu bentuk ibadah dalam agama Islam. Bahkan menikah disebut sebagai ibadah yang menyempurnakan separuh agama. Hanya saja, menikah adalah ibadah yang tidak bisa dilakukan sendirian. Kita harus menemukan jodoh untuk bisa melangsungkan pernikahan. Berikut adalah contoh dakwah tentang jodoh:

 

Assalamualaikum wr.wb

Pertama-tama, mari kita panjatkan puji syukur pada Allah SWT, karena kita bisa berada di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Pada kesempatan ini, saya akan memberikan ceramah tentang jodoh.

Jodoh bisa diartikan sebagai teman hidup yang mencerminkan diri sendiri. Terdapat tiga hal yang menjadi landasan bahwa orang tersebut layak untuk dijadikan pendamping. Pertama, pilihlah orang yang pemaaf apabila kita berbuat salah, meskipun sangat sulit mendapat pasangan yang baik.

Kedua, pilih orang yang bisa memaklumi dan menerima setiap kekurangan kita. Karena pada dasarnya semua orang tidak ada yang sempurna, karena semuanya saling melengkapi. Ketiga, pilih yang bisa memotivasi kita , karena roda kehidupan terus berputar dan dapat memotivasi kita ke arah yang lebih baik.

Kesimpulan yang dapat diambil dari tema ini adalah kita harus memilih jodoh yang bisa menuntun kita ke arah yang lebih baik sehingga kita dapat hidup dengan orang yang tepat dan berakhlak mulia.

Sekian ceramah hari ini yang bisa saya sampaikan, Wassalamualaikum wr.wb

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya