Pengertian Kepribadian adalah Konsistensi Perasaan, Pemikiran, dan Perilaku Seseorang

Kepribadian adalah bisa pula berwujud pola sifat atau watak dan karakter unik.

oleh Laudia Tysara diperbarui 12 Mei 2023, 14:01 WIB
Diterbitkan 12 Mei 2023, 14:01 WIB
Kutipan Novel Mimpi Sejuta Dolar Bagian III
Ilustrasi Membaca Credit: pexels.com/Enzo

Liputan6.com, Jakarta Memahami kepribadian adalah wujud konsistensi perasaan, pemikiran, dan perilaku yang dimiliki oleh seseorang. Pengertian sederhana kepribadian adalah bisa pula berwujud pola sifat atau watak dan karakter unik pada setiap individu.

Dalam buku berjudul Personality Plus oleh Florence Littauer, dijelaskan pengertian kepribadian adalah keseluruhan perilaku seorang individu dengan sistem kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian situasi.

Apa yang memengaruhi kepribadian itu? Pemengaruh kepribadian adalah ada faktor dari dalam (internal) dan faktor dari luar (eksternal).

Dalam buku berjudul Kamus Saku Perawat oleh Weller, B. F, kepribadian adalah jumlah total kecenderungan bawaan atau herediter dengan berbagai pengaruh dari lingkungan serta pendidikan, yang membentuk kondisi kejiwaan seseorang dan mempengaruhi sikapnya terhadap kehidupan.

Itulah pengertian singkat tentang kepribadian dan pemengaruhnya yang perlu diketahui. Berikut Liputan6.com ulas pengertian kepribadian menurut para ahli dari berbagai sumber, Rabu (29/12/2021).


Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli

One Minutes Manager (Kenneth Blanhard)
Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Monstera

1. Pengertian Kepribadian Menurut M.A.W.Brower

Pengertian kepribadian adalah corak tingkah laku sosial individu yaitu meliputi keinginan, opini, dorongan dan kekuatan serat perilaku-perilaku seseorang.

2. Pengertian Kepribadian Menurut Roucek dan Warren

Pengertian kepribadian adalah organisasi faktor-faktor sosiologis, psikologis dan biologis yang didasari oleh perilaku individu.

3. Pengertian Kepribadian Menurut Yinger

Pengertian kepribadian adalah keseluruhan tingkah laku dari seseorang dengan suatu system kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian situasi.

4. Pengertian Kepribadian Menurut Theodore R Newcombe

Pengertian kepribadian adalah organisasi sikap-sikap yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang terhadap prilaku.

5. Pengertian Kepribadian Menurut Koentjaraningrat

Pengertian kepribadian adalah beberapa ciri watak yang dipelihara seseorang secara lahir, konsisten dan konsukuen. Setiap manusia melakukan proses sosialisasi.

6. Pengertian Kepribadian Menurut George Herbert Mead

Pengertian kepribadian adalah tingkah laku pada manusia yang berkembang melalui perkembangan diri. Perkembangan kepribadian dalam diri seseorang telah berlangsung seumur hidup, menurutnya manusia akan berkembang dengan secara bertahap melalui interaksi dengan anggota masyrakat.

7. Pengertian Kepribadian Menurut Theodore M. Newcomb

Pengertian kepribadian adalah kelompok sikap yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang dari perilakunya. Hal ini berarti bahwa kepribadian itu bertujuan untuk menunjukkan kelompok dari tingkah-tingkah seorang indivindu untuk dapat berbuat, mengetahui, berfikir dan merasakan dengan secara khsusu jika ia berhubungan dengan orang lain atau juga pada saat ia menghadapi suatu masalah atau keadaan.

8. Pengertian Kepribadian Menurut Robert Sutherland

Pengertian kepribadian adalah abstraksi indivindu dan kelakuannya sebagaimana halnya sama lingkungan masyarakat dan kebudayaan. Oleh karena itu kepribadian digambarkan sebagai hubungan saling mempengaruhi antara tiga aspek tersebut.

9. Pengertian Kepribadian Menurut Roucek dan Warren

Pengertian kepribadian adalah kelompok faktor-faktor psiologis, biologis dan sosiologis yang didasari dengan prilaku indivindu itu sendiri. Faktor-faktor biologis tersebut meliputi keadaan fisik, watak, seksual, system saraf, proses pendewasaan indivindu yang bersangkutan dan juga kelainan-kelainan biologis lainnya.

10. Pengertian Kepribadian Menurut Atkinson

Pengertian kepribadian adalah pola perilaku dan cara berfikir yang khas yang menentukan penyesuaian diri indivindu terhadap lingkungan, kepribadian mencakup kepribadian umum yang dapat diamati oleh orang lain dan kepribadian dari pikiran dan pengalaman yang jarang diungkapkan.

11. Pengertian Kepribadian Menurut Carl Gustav Jung

Pengertian kepribadian adalah suatu totalitas segala peristiwa psikis yang disadari ataupun yang tidak disadari.

12. Pengertian Kepribadian Menurut Alport

Pengertian kepribadian adalah organisasi dinamis dalam individu sebagai sistem psikofisis yang menentukan caranya yang khas dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan.


Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli Selanjutnya

Membaca Buku Bisnis
Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Christian

13. Pengertian Kepribadian Menurut Kartini Kartono dan Dali Gulo

Pengertian kepribadian adalah sifat dan tingkah laku khas seseorang yang membedakannya dengan orang lain; integrasi karakteristik dari struktur-struktur, pola tingkah laku, minat, pendiriran, kemampuan dan potensi yang dimiliki seseorang; segala sesuatu mengenai diri seseorang sebagaimana diketahui oleh orang lain.

14. Pengertian Kepribadian Menurut Horton

Pengertian kepribadian adalah keseluruhan sikap, perasaan, ekspresi dan temparmen seseorang. Sikap perasaan ekspresi dan tempramen itu akan terwujud dalam tindakan seseorang jika di hadapan pada situasi tertentu. Setiap orang mempunyai kecenderungan prilaku yang baku, atau pola dan konsisten, sehingga menjadi ciri khas pribadinya.

15. Pengertian Kepribadian Menurut Schever dan Lamm

Pengertian kepribadian adalah keseluruhan pola sikap, kebutuhan, ciri-ciri kas dan perilaku seseorang. Pola berarti sesuatu yang sudah menjadi standar atu baku, sehingga kalau di katakan pola sikap, maka sikap itu sudah baku berlaku terus menerus secara konsisten dalam menghadapai situasi yang di hadapi.

16. Pengertian Kepribadian Menurut Kurt Lewin

Pengertian kepribadian adalah totalitas reality psikologis yang berisikan semua fakta yang dapat mempengaruhi tingkah laku individu pada suatu saat.

17. Pengertian Kepribadian Menurut Gordon Allport

Pengertian kepribadian adalah sebagai “sesuatu” yang terdapat dalam diri individu yang membimbing dan memberi arah kepada seluruh tingkah laku individu yang bersangkutan.

18. Pengertian Kepribadian Menurut Sigmund Freud

Pengertian kepribadian adalah struktur yang terdiri dari tiga sistem yaitu Id, Ego dan Superego.

19. Pengertian Kepribadian Menurut Agus Sujanto dkk

Pengertian kepribadian adalah suatu totalitas psikofisis yang kompleks dari individu, sehingga nampak dalam tingkah lakunya yang unik.

20. Pengertian Kepribadian Menurut George Kelly

Pengertian kepribadian adalah sebagai cara yang unik dari individu dalam mengartikan pengalaman-pengalaman hidupnya.

21. Pengertian Kepribadian Menurut Cuber

Pengertian kepribadian adalah gabungan keseluruhan dari sifat-sifat yang tampak dan dapat dilihat oleh seseorang.

22. Pengertian Kepribadian Menurut Florence Littauer

Pengertian kepribadian adalah keseluruhan perilaku seorang individu dengan sistem kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian situasi.

23. Pengertian Kepribadian Menurut Feist & Feist (2008)

Pengertian kepribadian adalah pola sifat (watak) dan sebuah karakter unik, yang memberikan konsisten sekaligus individualitas bagi perilaku seseorang.

24. Pengertian Kepribadian Menurut Phares

Pengertian kepribadian adalah pola yang khas dari pikiran, perasaan dan tingkah laku yang membedakan orang yang satu dengan yang lain dan tidak berubah lintas waktu dan situasi.

25. Pengertian Kepribadian Menurut Ernst Kretschmer

Pengertian kepribadian adalah yang juga didasarkan pada bentuk tubuh, antara lain dikatakan bahwa orang yang memiliki bentuk tubuh tinggi kurus dan atletis diasosiasikan dengan orang yang senang menarik diri, kurang bergaul. Sementara bagi orang yang pendek, gemuk adalah orang yang memiliki emosi yang kurang stabil (emotional instability).

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya