12 Cara Mencerahkan Bibir dengan Bahan Alami, Aman dan Cepat

Kumpulan cara mencerhakan bibir dengan bahan alami.

oleh Laudia Tysara diperbarui 27 Mei 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 27 Mei 2023, 12:00 WIB
Ilustrasi Bibir Kering
Ilustrasi Bibir Kering

Liputan6.com, Jakarta Memiliki warna bibir yang cerah bagi kaum hawa merupakan impiannya. Pasalnya, terus-menerus menggunakan pewarna bibir atau lipstik juga terbilang cukup merepotkan. Hal ini kemudian membuat cara mencerahkan bibir dengan bahan alami menarik untuk diketahui. 

Berbeda dengan lipstik yang mengandung bahan kimia. Bahan kimia inipun bisa memicu penyakit berbahaya seperti kanker jika terlalu sering digunakan. Sementara cara mencerahkan bibir dengan bahan alami ini sangatlah aman, karena tak gunakan bahan kimia sama sekali.

Cara mencerahkan bibir dengan bahan alami andalkan buah, sayur, dan bumbu dapur. Bahan-bahan inipun mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan, yang bisa hambat pembentukan melanin bibir. Mudah ditemukan dan diterapkan, jadi tak merepotkan.

Berikut Liputan6.com ulas cara mencerahkan bibir dengan bahan alami dari berbagai sumber, Kamis (3/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Strawberry, Delima, dan Alpukat

strawberry
ilustrasi buah/Photo by Engin Akyurt from Pexels

Strawberry

Strawberry bisa digunakan sebagai cara mencerahkan bibir dengan bahan alami. Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin C dan antioksidannya.

Kedua kandungan ini bisa mencerahkan dan mencegah penuaan kulit bibir. Hal inipun membuat pengelupasan kulit dan pencerahan bibir kusam lebih maksimal dilakukan.

Hancurkan satu buah strawberry dan campurkan dengan satu sendok teh madu serta minyak zaitun. Bersihkan bibir dan aplikasikan campuran strawberry dengan jari. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air.

Delima

Delima mengandung senyawa 'punicalagins' yang menghambat produksi melanin dan mencegah bibir menggelap. Tak heran jika buah ini cocok dijadikan sebagai cara mencerahkan bibir dengan bahan alami.

Buah delima merupakan bahan alami yang sangat efektif untuk menghilangkan kusam pada bibir. Cara membuatnya untuk mencerahkan bibir yaitu dengan menghancurkan buah delima dan mengoleskannya pada bibir. Diamkan selama 15 menit dan bilas dnegan air bersih.

Alpukat

Alpukat tak hanya bergizi jika dikonsumsi. Buah alpukat pun sangat bermanfaat untuk kecantikan. Terutama jika ingin dijadikan sebagai cara mencerahkan bibir dengan bahan alami.

Alpukat bisa diolah dan digunakan sebagai scrub untuk mencerahkan bibir. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan dan vitamin yang bisa menutrisi kulit bibir.

Cara mencerahkan bibir secara alami dengan alpukat: Haluskan daging alpukat secukupnya, lalu oleskan pada bibir. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.


Bit dan Mentimun

Ilustrasi mentimun | Angele J dari Pexels
Ilustrasi mentimun | Angele J dari Pexels

Bit

Buah bit dikenal sebagai pewarna merah alami. Tak heran jika buah inipun cocok dijadikan cara mencerahkan bibir dengan bahan alami. Kamu bisa menggunakan buah bit sebagai lip balm alami.

Lip balm buah bit juga bisa bertindak sebagai exfoliator alami dan akan membantu mencerahkan bibir. Kamu cukup menghaluskan sepotong buah bit dan mengoleskannya ke bibir.

Timun

Mentimun tak hanya menyegarkan ketika dikonsumsi, tetapi juga cocok dijadikan bahan kecantikan. Salah satunya bisa mengandalkannya sebagai cara mencerahkan bibir dengan bahan alami.

Mentimun terdiri dari air yang bisa menjaga bibir tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, timun adalah sumber vitamin C yang memainkan peran kunci dalam produksi kolagen sehingga membantu membersihkan bibir dari kulit mati yang kering. Caranya, gosokkan mentimun pada bibir secara rutin.

 


Madu dan Kunyit

Ilustrasi Kunyit
Ilustrasi kunyit. (dok. FOODISM360/Unsplash/Adhita Diansyavira)

Madu

Madu bisa dijadikan sebagai cara mencerahkan bibir dengan bahan alami. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan glukosa dan fruktosa dalam madu. Kandungan ini kemudian akan merangsang epidermis untuk membuat kolagen baru.

Manfaat ini akan membuat bibir terlihat lebih cerah secara alami. Untuk mendapatkan khasiatnya, campur madu dengan gula. Kemudian gosokkan pada bibir secara perlahan hingga kulit mati terangkat.

Kunyit

Kunyit memang memilki warna orange ketika dihancurkan. Meski begitu, kunit bisa dipakai sebagai cara mencerahkan bibir dengan bahan alami. Kunyit pun bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering dan kusam.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menumbuk 2 ruas kunyit sampai halus. Jika sudah, lalu oleskan pada bibir. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.


Daun Mint dan Lidah Buaya

Ilustrasi Lidah Buaya
Ilustrasi lidah buaya (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Daun Mint

Daun mint dikenal memberikan sensasi dingin dan segar pada bibir. Daun mint mengandung vitamin dan mineral yang dapat mencerahkan bibir secara alami. Tak heran jika banyak yang menggunakan daun mint sebagai cara mencerahkan bibir dengan bahan alami.

Cara mengaplikasikan daun mint pada bibir yaitu dengan menghaluskan dua lembar daun mint. Jika sudah halus, oleskan pada bibir. Kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air.

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki khasiat yang menenangkan dan memulihkan bibir yang kering dan kusam. Ini bisa membantu bibir lebih merah merona dan cerah secara alami. Vitamin E di dalamnya membantu memulihkan kelembapan. Cara mencerahkan bibir dengan bahan alami ini bisa dengan mengoleskan gel lidah buaya ke bibir. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan tampilan bibir yang merona alami.

 


Air Mawar, Minyak Zaitun, dan Minyak Kelapa

Penggunaan Minyak Zaitun Sebagai Makeup Remover
Ilustrasi Minyak Zaitun Credit: freepik.com

Air Mawar

Air mawar bisa membantu menghidrasi kulit bibir. Terdapat pula kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan bibir. Kandungan ini sangat bisa membantu mencegah bibir berubah menjadi gelap.

Tak heran jika kemudian bisa diandalkan sebagai cara mencerahkan bibir dengan bahan alami. Cara memerahkan bibir secara alami menggunakan air mawar yaitu dengan mengoleskannya setiap hari secara rutin.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan vitamin K yang tinggi. Kansunagn ini bisa diandalkan untuk mencerahkan bibir secara alami. Cara mencerahkan bibir dengan bahan alami inipun mudah sekali dipraktikkan. Hanya perlu mengoleskan minyak zaitun setiap hari ke bibir. Lakukan lebih rutin untuk hasil lebih maksimal.

Minyak Kelapa

Selain zaitun, minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai cara mencerahkan bibir dengan bahan alami. Minyak kelapa juga memiliki efek antimikroba untuk melindungi kulit bibir yang pecah-pecah dari masuknya kuman penyebab infeksi. Cara menggunakannya pun sederhana, cukup mengoleskannya ke bibir secara rutin.


Tips Merawat Bibir

Melakukan Eksfoliasi Bibir
Ilustrasi Eksfoliasi Bibir Credit: pexels.com/Rodolfo

Menggunakan Lips Scrub

Tips merawat bibir agar senantiasa sehat, lembap, dan menarik yang pertama ialah merawatnya dengan produk skincare, yakni menggunakan lips scrub. Tidak hanya wajah dan tubuh saja yang biasanya kamu scrub, tetapi bibir juga perlu.

Lips scrub befungsi mengangkat kulit mati pada bibir yang biasanya membuat bibir terlihat kusam dan menghitam. Selain itu, lips scrub juga sangat cocok digunakan bagi kamu yang setiap hari menggunakan lipstik karena noda ataupun bahan kimianya bisa diangkat dan dibersihkan dengan lips scrub.

Menggunakan Lip Mask

Tips merawat bibir berikutnya ialah rajin menggunakan lip mask atau masker bibir. Kini banyak produk skincare yang menjual lip mask. Sama seperti wajah, kelembaban bibir juga bisa dirawat dengan menggunakan lip mask.

Ada banyak manfaat lip mask untuk bibir, diantaranya menjaga kelembaban bibir, mencerahkan bibir, serta menutrisi bibir. Tetapi sama seperti masker wajah, penggunaan lip mask juga tidak boleh berlebihan, kamu bisa menggunakannya seminggu 2 sampai 3 kali.

Menggunakan Madu

Tips berikutnya ada bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk merawat bibir yakni, madu. Berbeda dengan lip mask, walaupun memiliki fungsi yang sama melembabkan bibir tetapi madu justru direkomendasikan untuk kamu gunakan rutin setiap malam.

Kandungan madu mampu melembabkan bibirmu sepanjang hari dan pastinya menjaga kesehatan bibirmu agar tidak mudah kering. Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari madu ialah mencerahkan bibir sehingga walaupun kamu sering menggunakan lipstik, bibirmu tidak pucat.

Menggunakan Lip Balm dan Lip Gloss

Tips merawat bibir agar senantiasa sehat, lembab, dan menarik ialah menggunakan lip balm dan lip gloss, kamu bisa pilih salah satunya. Keduanya sama-sama berfungsi untuk melembabkan bibir hanya efeknya saja yang berbeda.

Buat kamu yang terbiasa dengan riasan natural, mungkin kamu akan memilih lip balm karena tidak memberikan efek tampilan apapun ke bibir hanya saja kelebihannya lip balm memiliki banyak varian rasa.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya